Panorama Pantai Krakal Gunungkidul : Pantai Dengan Seribu Batu Karang Alami

pantai-krakal-gunungkidul-jogja

Setidaknya terdapat 18 pantai yang terdapat di kawasan Gunung Kidul, dan Pantai Krakal adalah salah satunya. Pantai ini disebut sebagai pantai yang terindah di wilayah selatan Yogyakarta. Hal pertama yang membuat Anda takjub adalah pemandangan pasir putih, tumbuhan laut hijau yang menyembul saat laut menyurut dan karang yang tersebar pada sepanjang pantai.

Selain ucapan selamat datang unik yang terukir pada salah satu sisi karang bertuliskan Welcome to Krakal. Pantai ini memiliki tekstur landai dengan garis pantai terpanjang di Gunung Kidul, yaitu sekitar kurang lebih 40.000 meter.

Selain hamparan pasir putihnya yang panjang dan tebing-tebing dan bebatuan karang yang tersebar sepanjang pantainya, lokasi ini memiliki banyak keistimewaan lain. Keistimewaan tersebut diantaranya adanya beberapa biota laut yang tersebar di lokasi ini, seperti misalnya terdapatnya habitat ikan Damselfish berwarna kuning-biru serta ikan jenis Butterflyfish.

Beberapa jenis ikan kecil lain berwarna warni, siput, species cacing laut dan juga Umbal, sejenis hewan laut berukuran kecil yang hidupnya menempel di bebatuan di dalam perairan laut dangkal. Umbal sering ditangkap penduduk untuk diolah menjadi makanan ringan yang renyah semacam rempeyek.

pantai-krakal-gunungkidul-jogja1

Satu keistimewaan lagi dari pantai ini adalah bahwa wilayah ini adalah satu-satunya wilayah pantai di Gunung Kidul dapat digunakan sebagai lokasi selancar. Anda dapat mencoba tantangan ombak reef break di lokasi ini. Jika Anda memang berniat untuk berselancar, sebaiknya Anda harus membawa papan selancar, dikarenakan belum tersedianya persewaan atau penjualan papan selancar di tempat ini.

Jadi, Anda bisa melakukan banyak hal di pantai ini, seperti berjalan sepanjang pantai nya yang unik  sehingga banyak spot foto yang menarik di sini, melakukan pendakian batu karang pada dua batu karang raksasa yang menjadi pembatas pantai ini dengan pantai di sebelahnya, melihat nelayan mencari ikan atau umbal, dan tentu saja berselancar. Jangan lupa menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman untuk berjalan-jalan di atas karang.

Lokasi dan rute pantai krakal Gunungkidul

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari mana saja arah Anda bermula, Arahkan kendaraan Anda ke kota Wonosari. Selain dari kota Solo, silahkan arahkan kendaraan Anda menuju perempatan jalan Wonosari Ringroad Timur Jogja.

Sedangkan dari kota Solo, ambil jalan memotong dengan cara berbelok ke arah selatan, tepatnya di pertigaan tepat di selatan Candi Prambanan. Setelah melewati alun-alun Wonosari, silahkan ambil arah kanan sesuai petunjuk di jalan melewati desa Kemandang ke arah Pantai Krakal. Dari Wonosari, lokasi pantai berjarak 23 kilometer.

Sebelum Anda memasuki kawasan pantai Gunung Kidul, Anda akan menemui loket masuk ke kawasan ini, dan setelahnya Anda akan menemui pertigaan. Pilihlah jalur kiri jika Anda berniat menuju Pantai Krakal. Jalur kanan diperuntukkan bagi Anda yang akan menuju Pantai Baron.

Tarif dan Jam Buka pantai krakal Gunungkidul

Loket masuk ke kawasan panti Gunung Kidul mulai dibuka sejak jam 08.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp.4.000,00 per orang pada hari kerja dan Rp.5.000,00 per orang pada hari libur. Untuk memasuki wilayah masing-masing pantai di Gunung KIdul tidak dipungut biaya lagi, atau Anda bisa bebas memasuki semua wilayah pantai di Gunung Kidul selepas loket masuk.

pantai-krakal-gunungkidul-jogja2

Fasilitas di Pantai Krakal Gunungkidul

Sudah cukup banyak fasilitas yang bisa Anda temui di wilayah ini, meskipun tetap harus ada perbaikan. Disini Anda sudah bisa menemukan gazebo di pinggir pantai untuk bersantai, toilet, penginapan di sekitar pantai Krakal, atau penginapan yang bagus di kota Wonosari. Warung makan sudah banyak tersedia di wilayah sekitar pantai yang menyediakan menu masakan laut atau umbal.

Sejarah Pantai Krakal Gunungkidul

Sebelum mewujud seperti yang dapat kita saksikan saat ini, pantai Krakal telah mengalami proses alam yang demikian panjang. Wilayah ini dipercaya semula berada di dasar laut. Dikarenakan adalah proses geologi yaitu proses pergeseran kerak bumi sehingga dasar laut terangkat ke permukaan pada wilayah perbukitan kars di Gunung Kidul, maka terbentuklah pantai ini.

Proses ini merupakan fenomena kars yang terbilang unik dimana terjadi singkapan batuan gamping yang terjadi akibat dari aktifitas tektonik. Batu karang yang tersebar di pantai ini sebelumnya merupakan bebatuan yang merupakan tempat tinggal ikan-ikan di dasar laut.

Ada dua pendapat mengenai asal muasal nama Krakal untuk pantai ini. Ada yang berpendapat, pantai ini dinamai Krakal dari asal kata Kerakal, yang berarti batu kerikil yang memiliki ukuran lebih besar. Kabarnya dahulu batu jenis ini tersebar di sepanjang pantai.

Bebatuan ini habis dijual dan diambil untuk keperluan penghias taman, sehingga saat ini tidak tampak lagi batu kerakal yang disebutkan dan yang tertinggal hanyalah nama. Peraturan Pemerintah mengenai pelarangan pengambilan batu dan juga pasir di pantai ini dinilai terlambat, sehingga saat ini hanya pasir putihnya saja yang masih tersisa.

Sementara itu, ada pula yang menyebutkan bahwa pantai ini dinamai Krakal karena begitu banyaknya bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantai ini.

Komentar