Pantai 3 Warna Malang : Surga Tersembunyi Di Area Konservasi Mangrove

pantai 3 warna malang

Agak aneh memang jika sebuah pantai menggunakan sistem reservasi sebelum masuk, tapi itulah yang menjadikan pantai 3 warna ini menjadi semakin menarik untuk di eksplorasi. Apalagi pengelola pantai tiga warna malang ini membatasi pengunjung maksimal 100 pengunjung perhari dan itupun dengan perjanjian bahwa pengunjung harus membawa kembali sampah / bungkus makanan yang di bawa menyuju ke pantai ini.

Pantai di selatan kota malang ini memang benar-benar memiliki 3 warna yang disebabkan kedalaman laut yang berbeda sehingga dengan mata telanjang pun sangat terlihat perbedaan warna air pantai. Apalagi ditambah dengan keaneka ragaman biota bawah laut yang sangat sayang jika tidak melakukan snorkling di pantai tiga warna malang ini.

Lokasi dan cara menuju ke pantai 3 warna malang

Secara administratif pantai 3 warna malang ini berada di desa tambak rejo, wilayah konservasi sendangbiru, kabupaten malang jawatimur. Karena lokasi pantai ini masih berada di dalam wilayah konservasi maka untuk masuk pun harus dengan izin dari Clungup Mangrove Coservation.

Rute menuju pantai 3 warna ini sebenarnya cukup mudah. dari pusat kota malang langsung menuju ke daerah dampit. Perjalanan di lanjutkan lagi menuju ke arah Turen. Sampai di wilayah turen nanti akan menemukan pertigaan dengan papan  penunjuk jalan bercat hijau jika ke kanan ke Pantai Balekambang dan jika arah kiri ke arah sendang Biru.

pantai 3 warna malang by innokribow

Untuk menuju ke pantai 3 warna silahkan pilih ke  arah kiri ke pantai Sendang Biru. Jangan belok-belok sampai bertemu papan nama pantai clungup, ikuti saja sampai nanti akan masuk ke sebuah wilayah pedesaan , nanti disana sudah tersedia kantor Clungup Mangrove Conservation (sebelum Bank BRI). Biasanya pengunjung akan diarahkan untuk istirahat di pantai clungkup sebelum trecking ke pantai 3 warna.

Tips menuju ke pantai 3 warna malang

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pengunjung berangkat ke pantai 3 warna. Pantai 3 warna termasuk pantai clungkup dan pantai gatra adalah sebuah pantai yang berada di wilayah konservasi. itu artinya tidak sembarangan orang bisa masuk dan harus dari mendapatkan surat izin dari balai konservasi. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan  sebelum kesana.

Pertama, Sebelum berangkat pastikan beberapa hari sebelumnya sudah melakukan reservasi ke  pengelola dan petugas balai konservasi mangrove clungkup dengan menghubungi nomor 0812-3333-9889 . Pengelola membatasi setiap rombongan dengan maksimal 10 0rang dengan tarif masuk 100rb. Maksimal perhari hanya di batasi 100 orang demi menjaga ekosistem alam dan biota laut.

pantai 3 warna malang by broweyeko

Kedua. Di wilayah pantai tiga warna sangat jarang ditemui pedangang layaknya pantai-pantai lain. Sebelum masuk ke wilayah pantai 3 warna lebih baik mempersiapkan makanan untuk jaga-jaga, apalagi jika mengendaki untuk camping di pantai 3 warna malang.

Ketiga Jika ingin menginap pihak pengelola sudah mempersiapkan  tenda dan peralatan outdoor dengan harga sewa cukup murah yaitu 25rb permalam untuk tenda dan 25ribu untuk sewa lahan. Jadi tidak perlu repot-repot membawa peralatan camping.

Ke empat, Pastikan bawa semua sampah kalian , JANGAN sekali-kali meninggalkan sedikitpun sampah walaupun itu sekedar bekas tissue. karena jika sampai pengelola tau maka akan di kenakan denda tersendiri, tergantung dari banyak sedikitnya sampah yang pengunjung tinggalkan

Daftar tiket masuk dan daftar harga penyewaan alat outdoor di pantai 3 warna malang

  1. Tiket masuk pantai 3 warna malang : 100rb per rombongan (setiap rombongan maksimal 10 orang)
  2.  Biaya sewa tenda + sewa lahan = 50rb / malam
  3.  Jasa guide untuk trecking ke pantai 3 warna = 100rb /34 jam
  4.  Sewa alat snorkling pantai 3 warna = 15rb / set

pantai 3 warna malang by rulayyy

Nah itulah ulasan kami mengenai pantai 3 warna di malang, sebuah pantai unik dengan sistem booking. Sistem tersebut semata-mata hanya untuk menjaga ekosistem alam agar tetap seimbang.  Pantai 3 warna, termasuk pantai clungkup dan pantai gatra membuktikan bahwa jika alam di jaga dengan baik, alam tidak segan-segan memperlihatkan keindahnya.

Komentar