Pantai Bajul Mati : Wisata Pantai Di Malang Yang Harus Kamu Kunjungi

wisata alam pantai bajul mati malang by deditriyudha

Kota malang yang terkenal dengan kota tujuan wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi kota batu malang, kota yang terkenal dengan wahana wisata jatim park group yaitu jatim park 1, jatim park 2, Batu night spectacular (BNS) dan museum angkut.

Selain beberapa wisata yang sudah mainstream di kota malang, masih ada wisata alam di malang yang memiliki pemandangan yang sangat indah, yaitu pantai bajul mati. Memang wisata alam pantai di malang kurang diminati oleh wisatawan yang mengunjungi malang.

wisata alam pantai bajul mati malang by titiaandamsari

Pantai bajul mati, sebuah pantai yang berada di  selatan kabupaten malang jawatimur ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pulau sempu yang wisatwan sering menyebutnya raja ampat mini di jawatimur.

Pantai bajul mati malang ini memiliki karakteristik hampir sama dengan pantai-pantai di gunungkidul yogyakarta, yaitu pasir putih dan gugus gunung kapur dan karang.

Wisata Rekomendasi :

Lokasi dan rute menuju ke pantai baju mati

Secara administratif, pantai bajul mati malag ini berada di desa Gajahrejo, Kec Gedangan, Kab. Malang provinsi Jawa timur. Jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke pantai bajul mati dari kota malang adalah sejauh 61 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Pantai bajul mati malang sendiri berada di titik kooordinat -8.404384, 112.635662 .

Rute menuju pantai bajul mati dari kota malang sendiri cukup mudah untuk diakses. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. jalan yang dilalui pun sudah beraspal dan cukup mulus, hanyabeberapa tempat yang masih sedikit berlubang.

Rute menuju ke pantai baju dari kota malang bisa dimulai dari alun-alun kota malang. lalu menuju ke daerah gondang legi melalui jalan mayjen sungkono. Lalu perjalanan di lanjutkan melalu jln. Panglima sudirman lurus terus  nanti akan sampai di pantai bajul mati.

wisata alam pantai bajul mati malang by whiempy

Fasilitas di pantai bajul mati malang

Pantai baju mati adalah sebuah pantai di malang yang masih sangat alami, Pembangunan di pantai bajul mati sendiri juga belum maksimal. Tetapi disana sudah tersedia fasilitas-fasilitas dasar sepert toilet , kamar mandi, mushola, gasebo dan tempat parkir yang luas.

Penginapan ataupun hotel murah di pantai bajul mati malang juga belum tersedia. Jika pengunjung menginginkan untuk menginap bisa membawa peralatan camping sendiri.

Keindahan di balik legenda pantai bajul mati malang

Entah dari mana nama bajul mati ini berasal. Menurut cerita dari beberapa warga setempat. Dahulu kala pantai ini tidak bernama, suatu saat di muara sungai ditemukan seekor buaya atau bajul raksasa yang dtemukan dalam keadaan sudah mati. Maka dari situlah pantai tersebut di beri nama pantai bajul mati.

Lalu legenda yang kedua adalah diberi nama bajul mati karena di pantai tersebut ada sebuah batu karang yang panjang dan membentuk seperti buaya raksasa. Entah legenda atau mitos mana yang benar, tetapi di balik legenda-legenda itu pantai bajul mati malang memang meliki pemandangan yang indah.

Di pantai ini ada sebuah muara sungai yang langsung bermuara di pantai. Ditempat itulah para pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Air sungai yang agak kehijauan bertemu, Pasir putih bertemu dengan air laut yang kebiruan menjadikan lokasi muara sungai ini memiliki  fenomena warna air yang unik.

wisata alam pantai bajul mati malang by diazmaryam

Apalagi jika beruntung pengunjung bisa mengikuti upacara grebeg kopat yang sering diadakan oleh penduduk sekitar pantai bajul mati di waktu-waktu tertentu. Kedepan semoga pemerintah kab. Malang lebih memperhatikan wisata-wisata pantai di kota malang yang tidak akalh indah dan menarik, seperti pantai bajul mati, pulau sempu dan pantai sendang biru.

Komentar