Pantai Congot Kulon Progo : Pagar Pembatas Antara Jogja Dan Jateng

pantai congot kulon progo2

 photo by widarkohartono

Menjadi kabupaten paling barat di kota jogja rupanya kulon progo memiliki sebuah pantai di ujung barat yang memiliki keindahan yang cukup menarik. Pantai congot, Sebuah pantai yang sangat jarang di ekspos. Padahal pantai ini adalah salah satu pantai spot memancing yang banyak di datangi para pemancing dari luar daerah

Ataukah mungkin kalah daengan pantai tetangga nya? saya rasa tidak juga. justru keindahan pantai glagah dan pantai congot memiliki ciri khas yang berbeda. Jika pantai glagah ada sebuah laguna, di pantai congot menjadi muara sungai bogowonto, apalagi di sebelah barat pantai congot sekarang terdapat wisata yang baru ngehits yaitu hutan mangrove pasir mendit.

Pantai congot sendiri adalah salah satu pantai tempat berlabuhnya kapal nelayan penagkap ikan, Jadi bagi para pengunjung yang gemar makan ikan laut, saya rasa tidak salah untuk mengunjungi pantai congot sekedar untuk berwisata sambil belanja ikan segar yang tentunya bebas bahan pengawet.

pantai congot kulon progo1

Lokasi lengkap dan Rute menuju pantai congot

Pantai congot sendiri secara administratif berada di desa jangkaran, kecamatan temon, kabupaten kulon progo, provinsi yogyakarta. Sebuah kabupaten paling barat di provinsi jogja. Pantai congot sendiri berlokasi disebelah barat calon bandara internasional yogyakarta. Titik koordinat pantai congot ada di  7°53’56.9″S 110°01’55.4″E

Rute menuju ke pantai congot terbilang sangat mudah. Dari kota jogja langsung menuju ke barat arah kabupaten kulon progo, sampai di  monumen Nyi Ageng Serang (patung kuda) masih kebarat arah purworejo kira-kira 7 km. Sebelum tugu batas jogja jateng ada pertigaan ambil kiri. Ikuti jalan dan nanti di kiri jalan ada papan petunjuk ke arah pantai congot

Fasilitas di pantai congot

Hampir sama dengan pantai-pantai yang lain. Di pantai congot terdapat beberapa warung makan seafood milik penduduk sekitar. Adapun penginapan masih  belum ada. Mungkin kedepan area wisata pantai congot akan banyak hotel dengan dibangun nya bandara internasional. Disana juga terdapat fasiltias kamar mandi umum  dan tempat ganti baju

Pantai congot sampai saat ini menjadi spot idola para pemancing laut. Di karenakan pantai congot adalah muara dari sungai bogowonto sehingga berbagai jenis ikan mulai dari tawar, payau hingga ikan air asin banyak terdapat di pantai congot.

Menurut beberapa informasi yang kami terima di pantai congot diperbolehkan untuk mendirikan tenda / camping, hanya saja sebelum melakukan kegiatan camping harus meminta izin kepada pengelola pantai dan bersedia untuk menjaga kebersihan pantai.

Tarif retribusi masuk di pantai congot

Untuk memasuki wilayah wisata pantai congot tidak perlu membayar lagi jika sebelumnya pengunjung telah mengunjungi pantai glagah. tetapi jika belum memiliki tiket patnai glagah tentunya pengunjung harus membayar uang retribusi sebesar 5.000 rupiah per orang.  Jika anda sudah memiliki tiket pantai glagah maka pengujung pantai congot hanya cukup membayar biaya parkir saja. Untuk speda motor 2.000 dan mobil 5.000.

pantai congot kulon progo

Sangat disayangkan jika kalian berada di pantai glagah melewatkan mampir ke pantai congot, apalagi hutan mangrove pasir mendit yang  lagi ngehits. Kami sarankan jika pingin pergi ke pantai congot berangkat sejak pagi, sehingga bisa menikmati 3 wisaa sekaligus, yaitu pantai glagah, pantai congot dan hutan mangrove pasir mendit.

Komentar