Pantai Dewi Mendapa Lampung : Pesona Pantai Cinta

pantai-dewi-mendapa-lampung-1

Photo by danisetiawanku.com

Setiap tahun jumlah tempat wisata di Provinsi Lampung saat ini semakin meningkat, hal itu tentu tidak lepas dari peranan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warganya dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah sebagai mata pencaharian yang baru. Termasuk Pantai Dewi Mendapa Lampung.

Pantai Dewi Mendapa ini terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Lokasi pantainya sendiri mudah ditemukan karena masih berada dalam satu jalur dengan Pantai Sari Ringgung dan Pantai Klarayang. Pantai Dewi Mendapa kurang lebih berjarak 3 kilometer setelah melewati Pantai Sari Ringgung.

Pemandangan laut lepas sebenarnya dapat langsung kita nikmati dari area ini dimana sepoi –  sepoi angin pantai yang begitu sejuk sangat membuat nyaman para pengunjungnya. Namun, tidak lengkap rasanya kalau tidak melanjutkan menyeberang mendekati laut lepas Anda dapat menyeberang dengan perahu karena terdapat banyak penyedia jasa penyeberangan.

Disini terdapat dua tempat paling menarik yang dapat Anda kunjungi selama di Pantai Dewi Mendapa ini. Tempat pertama yaitu bernama Pulau Cinta. Adalah pulau kecil dengan bentuk yang menyerupai bentuk love atau cinta bila dilihat dari ketinggian.

Spot kedua adalah rerimbunan pohon bakau telah didesain sedemikian rupa menjadi beranda mengapung di tengah laut atau disebut Dermaga Cinta. Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat pagi hari dimana matahari belum terlalu terik, atau pada saat sore hari ketika sunset berlangsung.

Spot Utama: Pulau Cinta pantai dewi mendapa

Spot yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung adalah Pulau Cinta. Selain karena tempatnya yang cukup luas, terdapat juga pasir putih halus yang dapat dijadikan tempat untuk berenang dan terdapat juga ayunan cantik, pondokan – pondokan, serta foto yang menarik.

Untuk mencapai Pulau Cinta ini, Anda harus berjalan melewati jalan selebar sekitar 1 meter, yang terbuat dari kayu, seperti jalan menuju Dermaga. Setelah sampai di Pulau Cinta, Anda dapat mengambil foto – foto cantik dengan latar yang menarik dan indah atau bermain – main sambil menikmati ayunan yang berada di spot ini.

Di pulau Cinta ini, terdapat dua tempat yang selalu ramai oleh para remaja yang berfoto-foto ria. Pertama yaitu balkon dengan hiasan-hiasan payung yang berbentuk seperti jamur, dan kedua adalah balkon dengan hiasan – hiasan berupa bunga. Sangat nyaman untuk Anda yang berwisata dan menikmati alam di Pulau Cinta sambil ditemani oleh semilir angin, dan melihat ikan-ikan dibawah kaki kita.

Spot Kedua: Dermaga Asmara Pantai Dewi Mendapa

Spot kedua adalah Dermaga Asmara. Berbentuk sama seperti Pulau Cinta, Anda akan melewati jalanan kayu sederhana dengan lebar sekitar 1 meter, kemudian diujungnya akan ada sebuah dermaga yang Anda temui berbentuk hati. Di tengah-tengah dermaga asmara ini tumbuh pepohonan rindang yang membuat suasana wisata menjadi lebih sejuk. Dermaga Asmara ini sebenarnya memiliki beberapa cabang, dimana cabang satu akan menuju balkon cinta dan cabang lainnya menuju taman pohon bakau.

pantai-dewi-mendapa-lampung

Menuju Pulau Pahawang

Jika Anda ingin lanjut berwisata ke tempat lainnya, ada wisata pulau dan pantai lainnya yang bisa Anda kunjungi setelah asyik di Pantai Dewi Mendapa ini yaitu Pulau Pahawang. Anda akan ditawarkan sewa perahu oleh masyarakat sekitar untuk menyeberang.

Selain Pulau Pahawang, Anda juga dapat mengunjungi spot pulau lainnya dengan menyewa perahu menuju pulau – pulau lain di Teluk Lampung yang eksotis dan menarik untuk Anda kunjungi bersama teman dan keluarga.

Akses Lokasi Menuju Pantai Dewi Mendapa

Untuk akses menuju lokasi wisata Pantai Dewi Mendapa ini dapat melalui Jalan Pramuka- Jalan Teuku Cik Ditiro lalu menelusuri Jalan Raden Imba Kusuma Ratu menuju Padang Cermin. Atau, jika Anda melalui jalan dalam kota menuju arah Teluk Betung akan melewati kawasan Kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung sampai kawasan perusahaan Gudang Garam dan mengikuti arah menuju ke Padang Cermin.

Kondisi jalan masuk sepanjang 500 meter menuju pantai Dewi Mendapa ini belum terfasilitasi dengan baik, melainkan jalan onde rlaag sepanjang kurang lebih 50 meter dan selebihnya adalah jalan tanah merah. Butuh kelihaian bagi pengendara motor ketika melintas seusai hujan mengguyur atau ketika air kanal tambak sedang naik. Namun, semua itu tentu akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan di Pantai Dewi Mendapa ini.

Biaya Akomodasi di Pantai Dewi Mendapa

Untuk memasuki lokasi wisata Pantai Dewi Mandapa ini, pengunjung akan dikenakan tarif  Rp. 5.000 saja/motor dan Rp. 10.000/mobil tepat di portal pintu masuk. Selain itu, untuk biaya masuk ke pantai itu sendiri adalah Rp. 10.000 per orang. Jika Anda ingin memasuki spot utama, maka Anda akan membeli tiket kembali dimana untuk memasuki Pulau Cinta sebesar Rp. 5.000 per orang dan spot Darmaga Cinta Rp. 5.000 per orang.

Komentar