Pantai Lampon Kebumen : Surga Tersembunyi Di Balik Perbukitan Kars

pantai-lampon-kebumen

Tak banyak yang mengenal Kebumen sebagai kota wisata di Jawa Tengah. Bila ditelusuri lebih dalam daerah yang terkenal dengan makanan khas lanthing ini dianugrahi sejumlah pantai indah yang berbatasan langsung dengan pesisir pantai selatan. Sebut saja ada Pantai Menganti, Pantai Karang Agung, Pantai Pecaron, Pantai Ayah dan pantai Karangbolong yang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat Kebumen.

Saat hari libur tiba pantai tersebut akan ramai dikunjungi wisatawan baik dari Kebumen atau luar kota. Namun, ada satu pantai yang bisa menjadi spot menarik untuk berwisata yaitu Pantai Lampon.

Pantai ini memang bukan tempat wisata yang ramai karena baru dibuka setahun lalu. Menawarkan berbagai keindahan seperti pantai, goa, bukit dan tanjung. Pantai Lampon juga bisa menjadi spot yang sempurna untuk mencari pemandangan indah untuk sekedar melepas lelah.

Letaknya memang tersembunyi dari keramaian dan kepopuleran Pantai Pasir. Tertutup oleh bukit-bukit di sekitarnya dan hiruk piruk aktivitas nelayan di Pantai Pasir yang membawa serta hasil tangkapan mereka ke tempat pelelangan ikan. Tak heran bila kita harus melakukan trekking sedikit untuk menemukan Pantai Lampon.

Pantai ini dikelola oleh warga di sekitar Desa Pasir yang diberi nama Pesona Bahari Wisata Indah. Bentuknya berupa sebuah teluk sempit yang berada di selatan sebuah perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KGGS). Untuk ukuran pantai memang tidak bisa dikatakan luas karena ukuran garis pantainya saja tidak lebih dari 100 meter. Namun jangan salah karena Pantai Lampon masih menyisakan keindahan yang sangat asri dan alami seperti layaknya pantai pribadi.

Bila diamati dari atas bukit bentuknya menyerupai cekungan yang menjorok ke dalam. Air laut yang berwarna hujau kebiruan berpadu dengan pasir pantai menciptakan keindahan tersendiri. Dari sini kamu juga bisa menyaksikan panorama Pantai Pasir, bukit karst Gombong serta luasnya Samudra Hindia.

Puas menikmati Pantai Lampon dari atas, cobalah untuk menuruni bukit menyaksikan keindahan pantai dari dekat. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Lampon suasan alami dan ketenangan ombak pantainya masih sangat terasa. Sebuah goa di pinggiran Pantai Lampon juga akan terlihat namun sayangnya tidak dapat dijangkau kecuali saat laut sedang surut.

Pantai Lampon berada diantara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten. Dikelilingi oleh pepohonan hijau berundak hingga ke bagian puncak yang menambah semakin asri pantai ini. Serta terdapat pohon kelapa yang bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mencari ketenangan dari keramaian.

Pantai Lampon juga bisa menjadi spot yang sempurna untuk menyaksikan sunset. Banyak wisatawan yang juga datang saat sore hari hanya untuk menyaksikan senja di balik bukit karst sekitar pantai. Pastinya kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang menyenagkan untuk menghabiskan waktu libur.

pantai-lampon-kebumen1

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Lambon Kebumen

Pantai Lambon tepatnya berada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Dari Kota Kebumen berjarak sekitar 38 km ke arah barat daya untuk mencapai Pantai Lampon. Lokasinya akan mudah ditemukan bila kamu menyusuri Pantai Pasir baik dengan kendaraan bermotor ataupun dengan mobil dari arah Pantai Suwuk ke arah Pantai Karangbolong. Dari Pantai Karangbolong kamu akan menemukan sebuah masjid di pertigaan jalan. Di sana terdapat petunjuk jalan pilih arah ke Pantai Pasir atau belok kiri.

Tiba di Pantai Pasir terdapat jalan menanjak untuk menuju Pantai Lampon. Kamu bisa masuk ke perkampungan Pantai Pasir. Jalan menuju pantai Lampon sudah bagus dan bisa dilalui oleh mobil sampai ke atas bukit. Kamu akan menemukan sebuah warung yang terdapat di atas tebing. Dari sini kamu bisa menyaksikan keindahan Pantai Lampon atau bisa juga langsung menuruni bukit untuk menyaksikan Pantai Lampon dari dekat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lampon Kebumen

Di Pantai Lambon mulai dibangun beberapa fasilitas menarik yang bisa kamu coba. Salah satunya spot berfoto untuk wisatawan. Spot ini biasanya tak pernah dilewatkan bagi pasangan muda untuk mencari pemandangan indah atau sekedar mengambil gambar. Fasilitas seperti toilet dan warung makan sudah tersedia di sini. Namun untuk penginapan sayangnya memang belum tersedia.

Harga Tiket Masuk pantai Lampon

Saat ini kepala desa dan masyarakat sekitar mulai mengelola Pantai Lampon. Sehingga pihak pengelola mulai memberlakukan harga tiket masuk Rp 5.000, parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan parkir kendaraan roda empat Rp 4.000.

pantai-lampon-kebumen2

Tips Mengunjungi Pantai Lampon
  1. Pantai Lampon saat ini mulai ramai dikunjungi pada hari libur. Bila ingin mencari ketenangan pilih hari biasa atau di luar hari libur
  2. Gunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor agar lebih mudah mencapai Pantai Lambon

Komentar