Pantai Ngobaran Gunungkidul : Pantai Di Yogyakarta Rasa Pantai Di Bali

pantai ngobaran gunungkidul yogyakarta by winata_riszal

Satu lagi  tempat wisata di jogja yang unik. Pantai ngobaran, pantai yang berada kabupaten gunungkidul ini sangat menarik karena disana terdapat pura, yaitu tempat ibadah untuk agama hindu. Didekat pura juga ada mushola kecil untuk beribadah agama islam, yang unik mushola ini menghadap ke selatan, tetapi para penduduk tetap melakukan sholat dengan menghadap ke arah kiblat.

Di sebelah bawah atau pantai nya, juga sering digunakan untuk upacara ritual bagi penganut aliran kejawen. Jika kita ambil kesimpulan, pantai ngobaran ini memiliki simbol toleransi. Walaupun berbeda agama, bahkan bisa dikatakan bertentangan, tetapi para pemeluk agama disini bisa melakukan ibadah dengan damai dan berdampingan.

Legenda kerajaan majapahit di balik keindahan pantai ngobaran

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama pantai ngobaran ada kaitanya dengan kerajaan majapahit dan kerajaan demak. Konon ceritanya dahulu kala ketika kerajaan majapahit yang dipimpin oleh raja bawijaya V mulai di pojokan oleh kerajaan demak yang di pimpin oleh putranya sendri yaitu raden patah mulai menyerang kerajaan majapahit.

Dengan terpaksa raja brawijaya meninggalkan kerajaan majapit bersama putranya yang bernama bondan kejawan dan berjalan ke arah barat. Sehingga sampai di daerah pesisir pantai yang damai dan sangatlah tenang. Hingga pada akhirnya sang raja penguasa majapahit memutuskan untuk melakukan uacaa muksa.

Alasan raja brawijaya V melakukan upacara ritual  muksa karena sang raja tidak mau berperang dengan anaknya sendiri yaitu raja kerajaan demak 1 yaitu raden patah. Sang raja melakukan upacara pembakaran diri  yang menimbulkan api denga kobaran yang sangat besar. Menurut cerita yang bersumber dari masyarakat dari situlah pantai tersebut dinamai pantai ngobaran.

pantai ngobaran gunungkiul yogyakarta by hermawanyudi289

Lokasi dan rute menuju ke pantai ngobaran gunungkidul

Secara administratif wisata pantai unik di yogyakarta ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik koordinat pantai ngobaran berada di -8.119194, 110.505806. Pantai ngobaran gunungkidul bisa diakses dengan menggunakan kendaraan prbadi saja dengan jalanr aya yang sangat mulus.

Rute menuju kepantai ngobarang sangat mudah, ada 2 rute menuju ke pantai ini, yang pertama adalah rute melewati jalan imogiri timur, dari kota jogja menuju ke jalan imogiri timur. lurus sampai di pertigaan pasar imogiri ambil kanan. lurus nanti ambil kiri ke arah selopamioro, sampai nanti menemukan jalur lintas selatan. ikuti saja jalurnya sampai nanti di kanan jalan ada petunjuk ke arah pantai ngobaran.

Rute kedua adalah melewati jalan wonosari. Dari kota jogja menuju ke arah jalan wonosari, lalu naik ke arah kota wonosari, ambil arah ke pantai baron. sampai di pertigaan pantai baron ambil kanan.  nanti di kiri jalan sudah ada petunjuk ke arah pantai ngobaran.

pantai ngobaran gunungkidul yogyakarta by hermawanyudi289

Fasilitas dan tiket masuk ke pantai ngobaran gunungkidul

Fasilitas di pantai gunungkidul cukup lengkap. Dari pintu masuk pantai kita sudah di sambut dengan toko oleh-oleh khas pantai ngobaran. Rumah makan disanapun tersedia sangat banyak, khususnya warung makan menu seafood. Kamar mandi dan toilet tergolong bersih dan terawat.

Tiket masuk ke pantai ngobaran cukup murah, hanya dengan 3.000 rupiah saja. Cukup murah dengan keindahan yang menawan. Biaya parkir untuk 1 motor 2.000 rupiah dan parkir mobil cukup 5.000 rupiah saja. Jika bertemu dengan para penjual peyek rumput laut. kalian bisa mencoba membelinya, sekitra 2.000 perbungkus.

hanya saja disekitar pantai ngobaran belum ada fasilitas penginapan atau hotel. Jika menghendaki menginap penginapan terdekat ada di wilaah pantai baron. Atau bisa juga mencoba sensasi camping di pantai ngobaran, dengan terlebih dahulu meminta izin kepada pengelola wisata pantai ngobaran.

pantai ngobaran gunungkidul yogyakarta by @buayabuas

Komentar