Pantai Pulau Beras Basah Bontang : Eksotisme Pasir Putih Dan Air Laut Yang Biru

pantai pulau beras basah3

Jika Sobat adalah orang yang menyukai travelling ke pantai dan keindahan bahari, maka sudah saatnya Sobat memikirkan untuk mencoba travelling ke Pantai Pulau Beras Basah Bontang. Pantai Pulau Beras Basah adalah obyek wisata pasir putih yang berada di Kota Bontang, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Pulau Beras Basah merupakan pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar, sebelah timur Pulau Kalimanta. Saat ini, pulau berpasir putih ini ramai dibicarakan keindahan pemandangan bawah lautnya, sehingga menarik minat wisatawan untuk menyelam di sana.

Nama Beras Basah diambil dari kata “Beras” dan “Basah” atau bisa ditafsirkan sebagai beras yang selalu basah. Nama ini disematkan pulau kecil ini karena menurut cerita rakyat yang berkembang, pada jaman dulu kala ada kapal pengangkut bahan pangan  milik kesultanan Kutai yang berlayar dan tenggelam di Selat Makassar.

Kapal pengangkut beras tersebut kemudian karam dan beras-beras muatan tenggelam ke dalam laut. Lama-kelamaan sebagian beras yang tidak tenggelam menjadi semacam gundukan. Gundukan beras inilah yang kemudian diyakini sebagai cikal bakal warna pasir putih yang ada di pulau Beras Basah.

pantai pulau beras basah1

Pulau Beras Basah menawarkan keindahan bahari yang sangat memukau. Air lautnya sangat jernih, dipadu dengan keindahan pantai yang landai dan berpasir putih jelas memiliki nilai tersendiri untuk dinikmati. Di pulau ini sobat juga bisa melihat keindahan pemandangan dasar laut dengan ikan-ikan kecil yang sesekali melintas di antara karang-karang.

Hal tersebut membuat Pulau Beras Basah cocok dikunjungi oleh Sobat yang menyukai kegiatan menyelam atau snorkeling. Disini Sobat dapat menyegarkan kembali pikiran yang penat akibat rutinitas sehari-hari yang padat.

Pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Beras Basah, Sobat akan disambut oleh sebuah mercusuar yang menjulang tinggi. Pantai Beras Basah bisa dikatakan masih sangat alami, sehingga masih sangat bersih dan bebas dari polusi. Sobat masih bisa menjumpai rerimbunan pohon bakau lengkap dengan ekosistem yang ada di dalamnya, dan pulau-pulau kecil berlum berpenghuni yang ada di sekitar pantai.

Tidak cukup hanya itu saja, Sobat juga dapat melihat perkampungan penduduk yang berada di atas permukaan air laut, dan sama sekali tidak berhubungan dengan daratan.

pantai pulau beras basah2

Bagi Sobat yang ingin mengelilingi pantai Pulau Beras Basah, Sobat bisa memesan kapal yang Sobat tumpangi menuju ke Pulau ini untuk mengantar Sobat mengelilingi kawasan laut di Pulau Beras Basah. Sobat bahkan bisa menikmati rindangnya pohon kelap di pinggir pantai dengan duduk dan bersantai di gazebo yang disediakan untuk pengunjung.

Untuk berwisata di Pulau Beras Basah, ada hal-hal yang sebaiknya Sobat perhatikan. Yaitu menyiapkan perbekalan secukupnya yang bisa Sobat beli di kota Bontang. Selain itu, Sobat juga bisa mencari penginapan agar bisa memperkirakan lokasi dan waktu liburan yang Sobat butuhkan. Hal ini penting bagi Sobat yang datang dari luar kota, sehingga sebelum berkeliling, nantinya Sobat bisa meletakkan barang-barang bawaan di penginapan yang Sobat pesan tersebut.

pantai pulau beras basah

Akses menuju Pantai Pulau Beras Basah tidaklah sulit. Jika Sobat berasal dari luar kota, sobat bisa menggunakan tranportasi udara dengan tujuan Balikpapan. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus kira-kira 5 jam perjalanan hingga sampai ke kota Bontang.

Barulah dari sini Sobat bisa menyewa kapal di sekitar Tanjung Laut dan Bontang Kuala untuk kemudian menuju ke Pulau Beras Basah. Jangan khawatir, semua perjalanan yang Sobat tempuh akan terbayar lunas dengan keindahan Pantai Pulau Beras Basah.

Komentar