Pantai Sepanjang Gunungkidul : Eksotisme Pantai Terpanjang Di Jogja

pantai sepanjang gunungkidul jogja2

Pantai Sepanjang memiliki panjang pantai lebih panjang dibandingkan dengan pantai yang terdapat di kawasan Gunung Kidul lainnya. Pantai ini segaris dengan Kukup, Pantai Sundak dan Baron yang menyajikan pemandangan keindahan pasir putih yang terhampar di sepanjang pesisir pantai memberikan nilai tambah untuk pantai ini.

Pantai ini adalah obyek wisata yang baru saja dibuka oleh Pemkab Gunung Kidul. Hal ini dapat Anda lihat dari jalan menuju ke bibir pantai yang masih baru. Pohon-pohon palem rapi berjajar di sepanjang pantai menambah keindahan dan keanggunan pantai ini.

Eksotisme pantai sepanjang gunungkidul jogja

Karang-karang akan muncul di bibir pantai yang merupakan habitat dari anekaragam kehidupan biota laut ketika air laut sedang surut. Para pengunjung dapat menemukan ikan-ikan kecil, kerang-kerangan, anggang laut, bulu babi, bintang laut dan rumput laut yang terdapat dalam lubang atau cekungan pada batu karang.

pantai sepanjang gunungkidul jogja1

Para penduduk setempat menggunakan masa ketika air laut sedang surut untuk berburu rumput laut, kerang-kerangan dan makhluk laut lainnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun dapat diolah dan dijual kembali. Penduduk menyediakan aneka makanan dan minuman hasil laut setempat yang terdapat di sekitar pinggir pantai di bawah gubuk-gubuk beratapkan daun kering yang sangat eksotis.

Anda juga akan melihat dua bukit yang bagian lerengnya dipakai masyarakat untuk bercocok tanam seperti menanam jagung, kedelai dan lain-lain dimana di daerah tersebut pun masyarakat membangun gubuk-gubuk untuk tempat tinggal mereka sendiri.

Fasilitas di pantai sepanjang gunungkidul

Fasilitas yang terdapat di pantai Sepanjang cukup lengkap yaitu rumah makan dan beberapa tempat penginapan bisa disewakan untuk penginapan di pantai ini. Jadi bagi para wisatwan tidak perlu khawatir lagi masalah perbekalan, disana banyak sekali penjual makanan dan minuman dari mie instant sampai seafood.

Di pantai sepanjang juga sudah terdapat fasilitas kamar mandi dan toilet yang bersih, hanya saja jumlahnya masih terbatas, Sehingga bagi wisatawan yang ingin menggunakan nya  harus antri dulu. tarif toiletna murah kok 2.000 untuk BAK dan BAB. dan 5.000 untuk mandi.

Situs sejarah di pantai sepanjang gunungkidul

Di Pantai Sepanjang ini terdapat sebuah situs peninggalan jaman dahulu yaitu banyusepuh. Banyusepuh memiliki arti membasuh dengan air karena tempat ini dijadikan mata air yang digunakan untuk membasuh dan memandikan benda-benda pusaka.

Diberi nama banyusepuh konon ceritanya, pada jaman dahulu mata air tersebut digunakan untuk mensucikan benda-benda pusaka milik para wali dan ulama. Namun, sekarang mata air Banyusepuh telah menjadi kubangan kosong tanpa air, sehingga wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut. Hanya beberapa warga sekitar pantai yang mengetahui lokasi persis dimana lokasi banyusepuh itu berada.

Di sekitar pantai sepanjang banyak sekali ditemukan penjual cinderamata berupa kerang laut yang diambil dari Pantai Sepanjang. Beberapa penduduk membuat aneka kerajinan berbahan dasar kerang. Kerajinan yang dibuat dapat berbentuk orang-orangan, kereta kencana, barong dan jepitan.

Anda juga dapat mencari cangkang kerang sendiri di tepi pantai dan Anda dapat mengoleksi dan menjadikannya kenangan atau memprosesnya lebih lanjut. Anda dapat memulai memproses cangkang tersebut dengan cara merendam dalam alkohol 90% dan dicampur dengan tembakau atau mint.

Setelah direndam sehari semalam, maka gosoklah cangkang tersebut dengan perlahan-lahan untuk menghilangkan lapisan luarnya yaitu kapur sehingga hanya tertinggal lapisan tengahnya saja. Pada gosokan selanjutnya akan membuat cangkang tersebut menjadi lebih berkilau.

pantai sepanjang gunungkidul jogja

Lokasi lengkap dan rute menuju pantai sepanjang

Pantai Sepanjang ini terletak di daerah Yogyakarta tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah barat Pantai Drini dan sebelah timur Pantai Kukup.

Berangkat dari Jogja ke Piyingan ke Patuk ke Sambipitu ke Lanud TNI AU Gading ke Siyono ke Wonosari ke Jalan Baron ke Tanjungsari ke Pertigaan masuk kawasan Pantai Baron ke Timur ke Pintu masuk pantai Kukup ke Timur dan sampai pada Pantai Sepanjang.

Ayo nikmati liburan Anda di Yogyakarta dengan pemandangan pantai Sepanjang yang takkan Anda lupakan!

Komentar