Pantai Slili GunungKidul Jogja : Pantai Mungil Diantara Dua Bukit

pantai-slili-gunungkidul-jogja1

Menelusuri keindahan pantai yang tersebar di wilayah Gunung Kidul memang menyenangkan. Apalagi setiap pantainya memiliki keunikan tersendiri dan pemandangan yang berbeda-beda pula. Bila memiliki banyak waktu mengapa tak mengunjungi seluruh pantainya saja sekalian. Dari ujung barat mulai Pantai Baron sampai ujung timur terdapat Pantai Sadeng memang cukup menggoda untuk ditelusuri.

Atau bila ingin mengunjungi pantai yang lebih mungil karena ukurannya yang lebih kecil dari pantai lainnya, kamu bisa mengunjung Pantai Slili. Lokasinya memang menyempil diantara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang dipisahkan oleh dua buah bukit. Untuk ukuran pantai yang hanya memiliki garis pantai 100 meter pantai ini memang tergolong kecil.

Seperti pantai lainnya yang berada di Gunung Kidul, Pantai Slili juga didominasi oleh batu karang. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pantai Watu Lawang atau yang diartikan sebagai pintu batu. Bila diperhatikan lebih seksama terdapat sebuah pulau kecil dimana di bawahnya terdapat sebuah lorong menyerupai pintu.

Namun, belum banyak wisatawan yang mengenal pantai ini sehingga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mencari ketenangan. Pasir pantai yang masih bersih, ombak yang tidak terlalu besar karena terhalang karang menjadi tempat yang sempurna untuk menyesap kesunyian. Keindahan pantainya bagai surga tersembunyi yang belum terjamah.

Rekomendasi Wisata :

Pantai Slili tak selamanya sepi. Bila kamu mengadakan kunjungan di waktu minggu pahing atau tepatnya menjelang musim tanam Pantai Slili akan ramai dikunjungi. Tak hanya warga sekitar tapi juga penduduk desa lainnya untuk menyaksikan pesta laut yang dinamakan Sadranan atau Nyadran yang diadakan setiap tahun sekali. Upacara sedekah laut ini diadakan sebagai harapan warga agar diberi keselamatan dan hasil panen yang melimpah.

Bila musim kemarau tiba air laut di sekitar pantai akan surut dan berwarna kehijuan. Kawasan pantai ini memang banyak ditumbuhi rumput laut. Tak heran penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani pada musim kemarau akan beralih mencari rumput laut, udang dan kerang. Baik itu untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Mata pencaharian ini akan terus bertahan hingga musim tanam berikutnya.

pantai-slili-gunungkidul-jogja

Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Pantai Slili

Meskipun terkesan sepi namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki fasilitas yang memadai. Bila lelah bermain di sekitar pantai kamu bisa menikmati suasana pantai melalui gubuk yang tak jauh dari pantai. Pepohonan yang tumbuh di dekat gubuk akan semakin menambah ketenangan dan kesejukan pantai.

Fasilitas seperti kamar madi untuk bersih-bersih, toilet dan  tempat parkir juga tak jauh dari pantai bisa kamu nikmati. Bila lapar dan ingin menikmati makanan laut, warung makan tak jauh dari pantai juga tersedia. Berbagai olahan laut bisa kamu pilih sesuai selera. Bila ingin merasakan suasana malam di Pantai Slili kamu juga bisa menyewa penginapan. Tarif penginapan yang tersedia juga beragam mulai dari harga murah sampai yang fasilitas lengkap sekalipun sudah tersedia di sini. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi.

Peralatan snorkeling juga bisa kamu sewa di sini karena letaknya yang bersebalahan dengan Pantai Sadranan. Bila hobi snorkeling tak ada salahnya memanfaatkan kesempatan ini. Namun, Pantai Slili tidak dapat digunakan untuk snorkeling karena keadaan pantainya yang dangkal sehingga terumbu karang tidak dapat berkembang.

Tak perlu khawatir karena saat snorkeling kamu juga akan ditemani oleh seorang pemandu menuju lokasi penyelaman. Para pemandu pastinya mengetahui spot-spot yang bagus untuk snorkeling. Nikmati pengalaman yang menyenangkan saat berenang di laut lepas.

pantai-slili-gunungkidul-jogja2

Rute Menuju Pantai Slili

Pantai Slili terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Akses menuju Pantai Slili sudah tergolong bagus dan sangat nyaman dilalui kendaraan. Bahkan jarak parkir kendaraan bisa lebih dekat ke pantai. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang banyak tersedia di Yogyakarta agar lebih puas.

Berangkat dari Yogyakarta menuju daerah Wonosari. Perjalanan berlanjut menuju Pantai Baron sampai menemukan loket pembayaran untuk masuk ke Pantai Baron. Dari tempat pembayaran tiket kamu bisa belok kiri menuju arah Pantai Kukup. Perjalanan ini akan searah dengan Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Ngandong dan Pantai Krakal.

Tiba di Pantai Krakal terdapat pertigaan kemudian belok kanan atau mengikuti petunjuk palang menuju Pantai Slili. Letak Pantai Slili tak jauh dari Pantai Krakal tepatnya sebelah barat Pantai Sadranan. Bila kamu ingin berburu sunrise atau sunset carilah waktu yang tepat agar tidak kehilangan momen tersebut.

Satu hal yang perlu dipahami saat  melakukan wisata, keindahan alam ini dapat terus berlangsung selama pengunjung juga menjaga kelestarian lingkungan dan dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Bila tidak menemukan tempat sampah sebaiknya bawa sampah agar tidak mengotori keindahan pantai.

Komentar