Pantai Tanjung Bira Bulukumba : Keindahan Pasir Putih Dan Birunya Air Laut

pantai tanjung bira bulukumba4

Sulawesi dikenal sebagai pulau yang kaya akan potensi alam dan juga budayanya. Karena dekat dengan negara seberang maka sulawesi juga tak ayal memiliki percampuran adat dan juga bahasa. Selain itu sulawesi merupakan pulau yang letaknya cukup jauh dari pusat ibukota dan dekat dengan pulau papua.

Namun sulawesi sudah jauh lebih modern dan juga maju. Pembangunan disana tak kalah pesat dengan yang ada di pulau Jawa. Walaupun belum merata, namun sulawesi dianggap jauh lebih modern dibandingkan pulau kalimantan dan papua.

Salah satunya adalah sulawesi selatan, disini ternyata ada tempat wisata tersembunyi yang bisa anda kunjungi jika anda mampir ke provinsi ini. Wisata ini dinamakan tanjung bira atau tanjung bire.

pantai tanjung bira bulukumba5

Keindahan pantai Tanjung Bira

Tanjung bira terletak di daerah Sulawesi Selatan. Lokasi khususnya adalah Kabupaten Bulukumba yang jaraknya sangat jauh, sekitar 200 km dari pusat ibukota Makassar. Sehingga tanjung bira bisa diaktakan terletak di ujung selatan daratan sulawesi selatan.

Tanjung bira memang bisa dikatakan senjata oleh masyarakat sekitar untuk menarik masyarakat luar dan wisatawan baik lokal maupun asing untuk datang ke sana. Tanjung bira tentu saja menawarkan hal seperti pantai putih, alam bawah laut dan juga pemandangan senja yang tidak ada duanya.

Selain itu juga anda yang mungkin menginginkan pemandangan langit yang tidak terhalang apapun dan terhampar luas, bisa juga menjadikan tanjung bira menjadi destinasi yang harus dimasukan kedalam daftar wisata anda.

Pantai Tanjung bira juga menawarkan matahari terbit dan terbenam yang langsung dilihat dan tenggelam menuju ke lautan lepas. Karena laut di tanjung bira merupakan laut lepas. Keindahan ini tidak akan didapatkan di tempat lain, terutama di bagian lain di Indonesia.

Ciri khas yang utama lainnya tanjung bira memiliki pasir pantai yang sangat halus, bahkan sangat kecil sehingga terasa seperti tepung. Banyak laut dan pantai yang tentu saja tidak memiliki ciri khas seperti ini. Sedangkan tanjung bira tentu saja memilikinya.

Selain itu laut di tanjung bira memiliki 3 lapisan warna yang terlihat indah di kejauhan. Pantainya pun bersih dan juga nyaman tidak seramai di Bali atau Lombok, sehingga bisa menjadi tempat yang benar-benar menenangkan.

Selain pantai tanjung bira anda bisa mengunjungi wisata lainnya seperti pulau kambing dan pulau liukang. Banyak yang menyukai kegiatan snorkeling dan juga diving dengan memilih daerah ini karena biota bawah lautnya yang sangat indah dibanding tempat lain.

pantai tanjung bira bulukumba1

Untuk menyewa perahu berkeliling pulau anda bisa mendapatkan harga 300 ribu per perahu yang bisa diisi beberapa orang. Selanjutnya anda bisa pergi berziara ke makam penyebar agama islam di sulawesi yaitu Dato Ri Tiro.

Tentu wisata ini bisa menambah kekayaan rohani dan wisata sehingga lebih berwarna. Wisata terakhir tentu saja wisata budaya dan juga sejarah. Seperti yang diketahui bahwa daerah sulawesi terkenal akan pengrajin kayu dan juga perahu phinisi. Disini anda bisa menemukan phinisi yang dibuat oleh para pengrajin. Bahkan kapal yang sudah ada sejak nenek moyang ini terkenal hingga ke mancanegara.

Akses dan transportasi

Untuk menuju ke pantai atau tanjung bira anda bisa menempuhnya dengan memulai dari Bulukumba yang berjarak sekitar 40 km atau 200 km dari Makassar. Jika anda berasal dari sulawesi maka tentu saja anda akan memulai dari Makassar.

Setelah itu anda bisa menggunakan transportasi umum travel dari Makassar ke Bulukumba dengan biaya 40.000 per orang. Karena letaknya yang lumayan jauh maka harganya pun setara. Jika anda sudah sampai di bulukumba, perjalanan anda bisa menggunakan mikrolet atau disebut pete-pete dan menuju ke tanjung bira. Biaya yang dikenakan hanya 15.000/orang saja.

pantai tanjung bira bulukumba2

Anda juga bisa memakai alternatif lain. Jika anda dari bandara maka menggunakan bis damri menuju ke lapangan karebosi. Setelah itu gunakan angkutan khas daerah atau pete-pete menuju ke terminal malengkeri. Setelah sampai anda bisa menggunakan bis atau travel dengan mobil pribadi. Jika bis dikenakan biaya 75.000/orang.

Sesuai jarak maka dari Bulukumba ke Tanjung bira hanya memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam. Untuk total yang ditempuh jika dari Makassar menuju ke Bira maksimal 5 jam dan paling cepat 4 jam.

Jangan khawatir karena banyaknya pemandangan disisi jalan maka anda tidak akan merasa bosan. Waktu yang disediakan hanya hingga sore untuk transportasi, maka anda bisa mengatur waktu semaksimal mungkin agar bisa sampai dan tidak kehabisan transportasi.

pantai tanjung bira bulukumba3

Biaya dan fasilitas

Untuk biaya tambahan anda akan dikenakan biaya atau harga tiket ke pantai tanjung bira. Tidak mahal hanya 10.000 per orang dan untuk wisatawan asing harus membayar 20.000 per orang, dan anda sudah bisa menikmati keindahan pantai tanjung bira.

Selain itu fasilitas juga bisa anda dapatkan di tanjung bira. Seperti persiapan atau persewaan perlengkapan, menyelam, kamar mandi dan juga kamar menginap. Untuk tempat yang murah anda bisa menyewa homestay. Sedangkan untuk harga yang agak mahal anda bisa menggunakan villa atau bahkan bungalow yang langsung menghadap ke laut.

pantai tanjung bira bulukumba

Kuliner khas

Karena dekat pantai sudah tentu makanan utama tidak jauh dari ikan dan seafood. Terutama karena makassar juga memiliki beberapa makanan khas manado dan toraja yang mengutamakan cita rasa pedas dan asam serta menggunakan banyak sayur dan bumbu untuk masakannya.

Bahan bakunya rata-rata ikan dan harganya beragam. Untuk harga murah anda bisa menikmati sekedar konro dan juga coto makassar di warung pinggir jalan dengan rasa yang tidak kalah nikmat.

Komentar