Pantai Tanjung Lesung Banten : Wisata Sempurna Untuk Berlibur Bersama Keluarga

pantai-tanjung-lesung-banten-1

Photo by jendai21

Wisata pantai yang berada di bagian barat Banten seperti Pantai Anyer dan Pantai Carita pasti sudah terlalu sering untuk dikunjungi. Cobalah untuk mengarahkan perjalanan sedikit lebih jauh untuk mendapatkan keindahan sekaligus ketenangan pantai yang lebih sempurna. Pantai Tanjung Lesung menawarkan sejuta pesona wisata pantai menarik untuk kunjungan wisata bersama keluarga.

Pantai di bagian barat Banten ini tidak memiliki ombak besar karena posisi pantai tidak langsung menghadap laut lepas. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan khas pantai berupa hamparan pasir putih luas, air laut yang masih bersih hingga menyaksikan keindahan bawah laut. Bagi penggemar olahraga air Pantai Tanjung lesung menjadi tempat yang sempurna untuk menyalurkan hobi baik dayung kayak, jets ski hingga menyelam di lautan.

Sebagai obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, Pantai Tanjung Lesung juga sudah dikelola dengan baik. Mulai dari segi akses yang memudahkan wisatawan untuk mengunjungi pantai, fasilitas maupun beragam wahana wisata yang bisa dimanfaatkan untuk keluarga atau perorangan.

Nama Tanjung Lesung sendiri berasal dari daerah lokasinya dan bentuk daratan pantai yang menyerupai lesung. Bila diperhatikan lebih seksama bentuknya menyeruapi lesung yang merupakan alat tradisional untuk menumbuk padi. Hamparan pasir putih sepanjang 15 km memungkinkan kamu untuk bermain di sekitar pantai.

Bila lelah berteduh di dekat pohon yang tumbuh di sekitar pantai tentu menyenangkan. Dari sini kamu bisa menyaksikan deburan ombak sambil menikmati semilir angin dengan suasana pantai yang begitu tenang. Namun, saat weekend keramaian akan mendominasi Pantai Tanjung Lesung. Bila ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan damai bisa mencari waktu di hari biasa.

Mencari spot yang sempurna, di bagian utara terdapat sebuah tebing. Tebing ini tidak begitu curam sehingga membentuk laguna dengan airnya yang jernih memungkinkan untuk melihat dasar laut. Kedalamannya sekitar 5 meter. Lokasi ini biasanya menjadi incaran banyak wisatawan untuk mengambil gambar.

Ingin menikmati suasana pantai yang lebih seru kamu bisa mencoba banana boat ataupun bermain jet ski. Kegiatan memancing di sini juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan. Pantai Tanjung Lesung kerap menjadi rumah bagi beragam jenis ikan.

Pantai Tanjung Lesung juga memiliki sejuta pesona keanekaragaman bawah laut yang patut ditelusuri. Terdapat spot-spot terbaik untuk menyaksikan keindahan bawah laut seperti ubur-ubur, terumbu karang, siput maupun beragam jenis ikan. Bila tidak bisa menyelam kamu bisa melakukan snorkeling untuk menikmati ragam biota laut yang akan dibantu oleh seorang pemandu.

Di tengah pantai terdapat lokasi konservasi yang akan mengajarkan tentang cara transpalantasi terumbu karang. Kegiatan ini tentu akan menjadi wisata yang menyenangkan yang tidak banyak ditemukan di pantai lainnya.

Di sekitar pantai terdapat perahu nelayan yang juga bisa mengantarkan kamu untuk menyusuri pantai. Tak jauh dari Pantai Tanjung Lesung terdapat sebuah pulau yang dinamakan Pulau Liwungan. Lokasi ini bisa dicapai dengan perahu nelayan atau speedboat selama 30 menit. Dari sini keindahan Gunung Krakatau sekaligus Selat Sunda akan mudah terlihat.

Keistimewaan lainnya Pantai Tanjug Lesung juga memiliki kampung nelayan yang dinamakan Kampung Cipanon. Di sini kamu dapat mengikuti kegiatan keseharian nelayan setempat. Bila ingin menikmati keseluruhan wisata, kampung Cipanon juga menawarkan paket unik yang dikemas dengan wisata outbond seperti wisata budaya nelayan, sunrise boat trip, wisata memberi makan burung camar, wisata konservasi terumbu karang dan ke Pulau Liwungan. Jadi, kamu bisa lebih menikmati wisata yang lebih beragam di Pantai Tanjung Lesung terutama saat datang bersama rombongan.

pantai-tanjung-lesung-banten

Rute dan Lokasi Menuju Pantai Tanjung Lesung Banten

Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya kecamatan Panimbang kabupaten Padeglang, Banten. Berangkat dari Jakarta sekitar 3 jam perjalanan kamu bisa melalui jalan tol Tangerang Merak. Keluar dari tol Serang Timur lanjutkan perjalanan menuju Padeglang-Labuan kemudian menuju Pantai Tanjung Lesung.

Rute kedua bisa melalui tol Jakarta Merak kemudian keluar tol Cilegon. Perjalanan berlanjut melalui pesisir Anyer sampai ke arah Labuan kemudian Tanjung Lesung. Perjalanan menuju Tanjung Lesung memang lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi. Namun, kamu juga bisa melakukan perjalanan dengan bus tujuan Terminal Labuan.

Dari sini kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek karena belum tersedia kendaraan umum sampai Pantai Tanjung Lesung. Tersedia juga rumah makan yang rata-rata menyediakan makanan laut atau seafood. Bila lapar bisa langsung mengunjungi rumah makan yang tak jauh dari pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Lesung Banten

Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak diminati terutama wisatawan sekitar maupun masyrakat Jakarta. Bila ingin menikmati suasana pantai lebih lama, menyaksikan sunrise maupun sunset bisa bermalam di pantai ini.

Di sekitar pantai sudah banyak penginapan atau homestay dengan biaya yang relatif murah. Bila memiliki budget lebih kamu juga bisa menginap di hotel atau villa untuk mendapatkan spot terbaik menyaksikan sunset dan sunrise dari kamar.

Komentar