Pantai Watu Lumbung Gunungkidul : Batu Karang Si Penantang Laut Selatan

pantai-watu-lumbung-gunungkidul-jogja

Wisata di Gunung Kidul memang tak pernah ada habisnya. Tak bisa dipungkiri Gunung Kidul seolah menjadi surga bagi pecinta wisata pantai. Bila selama ini Anda hanya mengenal Pantai Parangtritis kali ini cobalah untuk menjelajah lebih dalam beberapa pantai yang tersebar di Gunung Kidul. Satu lagi keindahan pantai tengah menjadi buah bibir dan wajib dikunjungi yaitu Pantai Watu Lumbung.

Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih di bibir pantai. Pantai Watu Lumbung terdiri dari batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Sesekali ombak akan menerjang batu karang dan kemudian terhempas ke lautan. Bahkan terkadang saat air pasang beberapa bagian karang akan tenggelam oleh air laut.

Tiba di Pantai Watu Lumbung pemandangan luar biasa akan tersaji disini. Batuan dari Gunung Batur yang merupakan kawasan cagar alam, terasering dan kawasan hijau yang dihuni oleh kera ekor panjang akan tampak. Letak Pantai Watu Lumbung memang berada di pedalaman.

Ciri khas Pantai Watu Lumbung memiliki dua batu besar yang terletak di tengah pantai. Pemandangan ini akan semakin jelas saat disaksikan dari ketinggian sebelum turun menuju pantai. Menurut informasi yang beredar pantai karang yang menjorok ke tengah lautan ini terbentuk dari letusan gunung api jutaan tahun lalu.

pantai-watu-lumbung-gunungkidul-jogja1

Bila diperhatikan sekilas pemandangan di pantai ini memang hampir mirip dengan Pantai Papuma di Jember, Jawa Timur. Namun, perbedaannya terletak pada bentuk batuannya. Warga setempat menyebutnya sebagai batu di tengah pantai dengan batu lumbung karena bentuknya yang menyerupai lumbung. Lihat saja batu karang yang paling besar bentuknya memang mirip dengan lumbung untuk menyimpan padi.

Menikmati Pantai Watu Lumbung yang paling tepat adalah turun ke bawah. Menuruni jalan setapak yang sempit bahkan licin. Bila menyukai tracking perjalanan menuju Pantai Watu Lumbung ini tentu menyenangkan. Batu karang yang bertebaran di sekitar pantai dan dikelilingi oleh bukit hijau menambah semakin apik keindahan pantai ini.

Ya, Pantai Watu Lumbung seolah diapit oleh Pantai Wediombo dan Pantai Gunung Batur. Meskipun letaknya yang sedikit tersembunyi, namun pantai ini memang cukup dikenal dan banyak dimanfaatkan untuk memancing. Jadi jangan kaget bila saat berkunjung Anda menemukan beberapa orang sedang memancing di pantai ini.

Selain memancing banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi pantai ini. Tebing watu lumbung memang bisa menjadi spot yang sempurna untuk mengambil gambar. Namun, Anda harus tetap waspada untuk tidak mendekati spot yang berbahaya. Menikmati pantai dengan jalan-jalan di sekitar pantai dan banyak juga spot yang sempurna yang bisa menjadi latar mengambil gambar.

pantai-watu-lumbung-gunungkidul-jogja3

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Lumbung

Secara geografis Pantai Watu Lumbung terletak di Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya berada di sebelah barat Pantai Wediombo atau sebelah timur Gunung Batur. Rutenya bisa ditempuh dengan dua jalur. Pertama, dari Yogyakarta menuju Wonosari, Balong sampai di Pantai Watu Lumbung. Rute kedua dari Yogyakarta menuju Wonosari, Semanu sampai bertemu pertigaan pasar jepitu. Kemudian ambil kanan menuju Pantai Wediombo.

Perjalanan menuju pantai ini memang tidak disangka-sangka karena aksesnya memang tidak mudah. Melewati jalan setapak yang berliku bahkan terkadang tak bersahabat membuat pengendara harus waspada. Sebaiknya memang tidak dianjurkan untuk mengunjungi Pantai Watu Lumbung saat musim hujan karena jalanan licin dan membahayakan. Bila tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan ojek yang ditawarkan oleh warga setempat.

Tiba di Pantai Wediombo setelah membayar tiket masuk ikuti jalan lurus hingga jalan habis dan pemandangan pantai mulai terlihat. Kendaraan bisa diparkir disini kemudian berjalan kaki atau tracking melewati hutan dan jalan setapak.

Mendekati pantai jangan terkejut karena jalan yang sedikit ekstrim akan ditemui dengan kontur yang bebatuan hingga tiba di Pantai Watu Lumbung. Bila masih bingung Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar yang akan dengan senang hati memberikan petunjuk jalan.

pantai-watu-lumbung-gunungkidul-jogja2

Fasilitas di Pantai Watu Lumbung

Bila berkunjung ke Pantai Watu Lumbung sebaiknya membawa bekal seperti air minum sendiri. Karena di pantai ini belum tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman. Perjalanan dari tempat parkir sampai pantai juga cukup menguras tenaga. Untuk itu akan lebih baik bila Anda menyediakan bekal sendiri. Namun, sebagai pengunjung jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pantai.

Selain itu fasilitas untuk penginapan maupun hotel belum tersedia di dekat pantai ini. Lokasinya yang berada agak jauh dari keramaian belum banyak dikenal dan hanya dikenal bagi orang yang gemar memancing.

Bagaimana tertarik mengunjungi pantai ini? Sebaiknya pilih waktu saat cuaca cerah karena pada musim hujan perjalanan menuju pantai ini licin dan membahayakan.

Komentar