Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor : Sumber Air Panas Alami Di Jawa Barat

sumber-air-panas-ciseeng-bogor1

Salah satu wisata alam hits di bogor adalah pemandian air panas tirta sanita ciseeng tempat tersebut berlokasi tepatnya di gunung kapur Parung Bogor. Pemandian air panas ini memiliki tempat yang strategis dan letaknya tidak jauh dari jantung kota Jakarta.

Untuk mencapai lokasi pemandian tersebut cukup membutuhkan waktu dua jama saja dari kota Jakarta.  Bagi anda yang merasa penat karena aktivitas kerja seharian, pemandian Tirta Sanita Ciseeng sangat cocok untuk dijadikan tempat rehat bersama keluarga masing-masing atau juga orang-orang terkasih lainnya.

Tempat pemandian Tirta Sanita Ciseeng Bogor ini letak pastinya di jalan Cogreg daerah Bojong Indah masuk Kecamatn Parung Bogor. Jarak yang ditempuh bila dari Jakarta cukup 50 kilometer saja dan cukup memakan waktu 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi. titik koordinat pemandian air panas ciseeng ada di -6.431355, 106.696434 .

Air panas di Tirta Sanita Ciseeng ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Thai Engineering Matrealis Analysis, C. Ltd tersebut bahwa air panasnya dapat dijadikan pengobatan alternatif seperti mengobati penyakit kulit dan tulang, selain sebagai media pengobatan alternatif, air panasnya mengandung garam-garam yang dapat menjadikan kulit semakin mulus apabila berendam berjam-jam.

Yang ditawarkan pada obyek wisata alam Tirta Sanita Ciseeng tidak saja pemandian air panas saja, tetapi kegiatan outbound serta penginapan berupa losmen-losmen sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan obyek wisata yang luasnya hanya delapan hektar.

Seperti halnya obyek wisata yang lain, bahwa Tirta Sanita Ciseeng memilik daerah yang masih asli dan asri, hal ini bisa anda merasakan kesejukanya ketika anda pertama kali masuk pada gerbang utama. Anda akan disuguhkan dengan deretan pohon pelem raja yang sengaja ditata rapi di sisi kanan dan kirinnya.

Dan di aera tersebut disediakan tempat atau sarana bermain anak, dan bila anda masih penasaran lebih dalam lagi maka akan ditemui berderet kios-kios yang menjual ikan cupang yang diwadahi dengan botol plastik serta harganya sangat terjangkau.

Yang terunik pada bagian utama di Pemandian Tirta Sanita Ciseeng tersebut adalah adanya batu yang berukuran besar yang dapat berubah-ubah warnanya menjadi putih karena padatnya kandungan belerang yang terdapat pada gunung kapur tersebut.

Apabila anda berani menaiki sedikit ke atas pada batu besar tersebut, maka anda akan melihat secara langsung wujud kolam air panas yang kadang berwarna putih kehijauan. Nah kolam air panas tersebut sebetulnya digunakan untuk mandi secara terbuka dan beramai-ramai dipakai untuk mandi bagi pengunjung wisata alam tersebut.

Disitu anda akan disajikan dan sekaligus melihat pemandangan seperti layaknya gunung salju karena pada puncaknya tertutup endapan kapur yang berwarna keputih-putihan sehingga tampak seperti salju jaya wijaya.

sumber-air-panas-ciseeng-bogor

Fasilitas di pemandian air panas tirta sanita ciseeng

Disamping obyek wisata alam yang bersifat terbuka, di Tirta Sanita Ciseeng ini juga memadukan pemandian yang bersifat berbilik-bilik dan tertutup. Dan dibagi menjadi dua tipe, tipe VIP dan biasa. Yang bertipe VIP hanya diperuntukan untuk satu orang saja perbilik walaupun pasangan sah seperti suami istri juga tidak diperbolehkan masuk dalam satu bilik.

Adapun untuk menuju ke pamandian tipe VIP, pengunjung akan melewati jembatan plus permainan flying fox. Pemandian tipe VIP ini memang sangat unik dan asri karena di tengah kolamnya terdapat tamanan teratai yang langka.

Fasilias yang terdapat pada Tirta Sanita Ciseeng ini juga menyediakan sarana lain seperti tempat untuk outbound, flying fox, fun kart, bola air, high rope, monorel, sepeda air, motor ATV, fancy trans, paintball, pesawat, rumah balon, bombom car, kolam renang khusus anak-anak dan terapi ikan. Juga disediakan tempat sarana lain berupa lapangan utama dan aula serbaguna yang disediakan untuk pameran, konser artis-artiks yang didatangkan dari ibukota Jakarta setiap sepekan sekali.

Tarif di pemandian air panas tirta sania ciseeng

Ramainya obyek wisata alam seperti Tirta Sanita Ciseeng tersebut tergantung harga tiket masuk. Untuk harga tiket masuk ke pemandian Tirta Sanita Ciseeng dibedakan menjadi dua untuk hari libur hanya Rp.12.000 sedangkan hari biasa Rp.10.000.

Tarif untuk kolam rendam saja dikenakan Rp.5000/orang. Seangkan untuk tarif masuk ke kolam pemandian tertutup dikenakan harga Rp.15.000 untuk VIP dan Rp. 10.000 untuk pemandian biasa, dan dikenakan 20 menitan berendam perorangnya. Untuk sarana outbound dikenakan tarif sekitar Rp.35.000 dan tergantung jenis wahanya. Dan untuk wahana permainan tarifnya berkisar antara Rp.5000 hingga Rp.35.000/per permainan. Bagi pengujung yang ingin menginap di pesanggrahan dikenakan tarif Rp.130.000 hingga Rp.150.000 untuk 6 jam saja. Dan Rp.170.000 hingga Rp.200.000 per malam untuk dua orang setiap kamar.

Komentar