Pulau Derawan : Surga Tersembunyi Di Ujung Timur Pulau Kalimantan

keindahan pulau derawan kaltim2

Tempat dan objek wisata di Indonesia tidak hanya berpusat pada beberapa tempat saja. Misalnya Bali yang sudah terkenal seluruh dunia, atau raja ampat Papua yang mulai dikenal banyak wisatawan sebagai surga dunia yang tidak pernah tersentuh modernisasi.

Maupun kota Jogjakarta yang dianggap sebagai tempat wisata budaya dan juga edukasi, yang tentu menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia memiliki tempat klasik dan unik seperti kota-kota tersebut.

Namun ternyata, pulau Kalimantan yang dianggap hanyalah berisi rawa dan juga hutan-hutan mangrove penuh nyamuk ternyata terdapat wisata indah yang jarang dikunjungi dan diketahui oleh wisatawan. Salah satunya adalah pantai Derawan  yang terletak di kabupaten Berau provinsi Kalimantan Timur ini.

keindahan pulau derawan kaltim4

Pulau Derawan  

Jika berkaitan dengan Indonesia sudah tidak jarang jika kita menyebutkan tempat wisata berupa pulau. Karena negara kita merupakan negara kepulauan, maka tak jarang tempat wisata indah yang ditemukan berupa pulau.

Namun perairan yang mengelilingi pulau juga berbeda-beda. Ada yang berarus tinggi dan bahaya, ada yang berarus tenang dan aman, serta menampilkan keindahan bawah laut yang tidak ada tandingannya. Karena banyaknya arus dan aliran air yang melewati Indonesia, maka biota laut dan hewan serta tumbuhan yang ada sangat beragam. Salah satunya yang ada di pulau Derawan  ini.

keindahan pulau derawan kaltim1

Pulau derawan letaknya tepat di kepulauan derawan, kecamatan derawan, kabupaten berau tentunya provinsi Kalimantan Timur. Untuk luasannya derawan cukup luas dengan topografi datar sehingga jangan khawatir dengan perjalanan atau daerahnya nyaman atau tidak.

Derawan juga terletak di tengah laut dan luasnya hanya 1,3 hektar saja. Pulau Derawan  memiliki 31 pulau dan terdapat beberapa pulau yang terdapat di semenanjung utara perairan laut yaitu pulau panjang, pulau raburabu, pulau samama, pulau sangalaki, pulau kakaban, pulau nabuko, pulau maratua dan pulau Derawan  serta beberapa gosong karang yaitu gosong muaras, pinaka, buliulin, masimbung dan tababinga.

Wisata di Pulau Derawan  

Karena utamanya pulau Derawan  di kelilingi lautan maka tentu saja wisata andalan adalah pesona bawah laut yang sangat indah. Pesona bawah laut yang tidak mudah didapatkan dan tidak sering dijangkau oleh banyak orang menjadikan pemadangan pulau Derawan  masih bersih.

Pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan barisan pohon kelapa di pesisir pantainya. Tentu saja hal ini memanjakan para wisatawan yang ingin bersantai di pantai atau pulau dengan pemandangan yang indah. Sejauh mata memandang hanya ada laut dan juga air biru. Namun dengan bentuknya yang pulau anda juga jangan khawatir, karena ada beberapa tempat wisata yang bisa dilakukan.

  1. Perikanan dan kelautan

Jika anda penasaran seperti apa telur penyu dan budidaya tambak yang dilakukan oleh masyarakat Derawan , anda bisa mengunjungi langsung tempatnya. Disana anda bisa wisata edukasi dengan melihat konservasi penyu, dimana penyu dirawat lalu kembali dilepas ketika usianya sudah cukup.

Hal tersebut mengurangi kemungkinan penyu mati ketika menetas. Ada juga anda bisa melihat kegiatan penangkapan ikan di kecamatan kepulauan Derawan  yang memang mata pencaharian utamanya menangkap ikan di laut.

  1. Mangrove

Seperti halnya daerah rawa lainnya, di Berau juga memiliki hutan mangrove. mangrove memang sangat penting karena dapat mencegah abrasi atau adanya pengikisan oleh air laut di daerah dataran dan pantai. Selain itu hutan Mangrove juga sudah sulit ditemukan.

Umumnya hutan ini merupakan pusat lingkungan dan ekosistem dari banyak hewan dan tumbuhan. Anda bisa berjalan menyusuri menggunakan kapal tentunya untuk melihat seperti apa damainya didalam hutan Mangrove. namun harus hati-hati karena banyak hewan liar yang cukup berbahaya.

  1. Terumbu karang

Wisata ketiga ini termasuk wisata bawah laut yang harus dilakukan para wisatawan jika datang ke Derawan . Kenyataan bahwa data menyebutkan Derawan  memiliki kekayaan biodiversitas dan juga menjadi tempat terumbu karang hidup yang urutannya ada nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.

Tentu saja hal ini sangat membanggakan. Karena Derawan  membuktikan bahwa mereka bisa hidup berdampingan dengan terumbu karang dan ikan tanpa merusaknya. Dengan begitu hal tersebut juga dijadikan wisata baik wisata untuk hiburan maupun untuk edukasi.

keindahan pulau derawan kaltim3

Transportasi pulau Derawan 

Untuk anda yang berasal dari luar Kalimantan Timur, tentu saja anda harus terbang dan mendarat di ibukota Kalimantan Timur yaitu Balikpapan.  Kemudian dari Balikpapan anda bisa menuju ke Tarakan atau Ke Berau kembali dengan penerbangan.

Jika lewat Tarakan tentu saja harganya lebih murah sedangkan dari Berau agak mahal. Ketika sampai di Tarakan maka penyebrangan memakan waktu agak lama sedangkan dari Berau penyebrangan tidak lama dan banyak kapal yang melayani.

Jika anda menempuh via darat maka anda bisa menuju ke Balikpapan dari kota anda. khusus jika anda dari Samarinda maka anda bisa menggunakan travel dari Samarinda ke Tanjung Redeb sebesar 300.000 dan tanjung redzeb ke tanjung batu sebesar 100.000 dari sana anda bisa menggunakan speedboat saja sebesar 100.000 rupiah. Untuk harga penerbangan dan lainnya semua tergantung pesanan anda ketika liburan atau tidak, atau ketika musim ramai atau tidak.

Penginapan di pulau derawan

Tidak mungkin anda jauh-jauh dan perjalanan panjang anda langsung pulang. Tenang, disana banyak resort sampai homestay murah yang bisa anda nikmati. Untuk homestay dimulai sekitar 75.000 permalam dan untuk cottage yang dibangun diatas laut anda dapat mengeluarkan kocek sekitar 250.000 permalam dan resort yang dimulai diatas 1 juta rupiah per malam.

Jika anda ingin lebih mahal maka anda bisa menyewa vila dengan isi beramai-ramai. Tarifnya permalam 660.000 per orang per malam.

Jika anda tidak ingin kesulitan maka anda bisa mencari paket yang menyediakan paket wisata. Umumnya untuk beberapa hari dan minimal 2 orang. Untuk penyewaan paket lebih banyak atau beramai-ramai maka lebih baik dan murah. Umumnya kocek yang dibutuhkan sekitar 1.500.000 per orang dan dimulai dari Bandara untuk paket yang paling murah.

keindahan pulau derawan kaltim

Komentar