Pulau Karimun Jawa : Eksotisme Surga Tersembunyi Di Selat Jawa

Keindahan Indonesia memang tidak ada duanya. Pasalnya, keindahan alam yang terbentang dari timur ke barat hingga dari pegunungan hingga dataran rendah dan pantai serta laut yang terhampar. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, tempat wisata di Indonesia akan memakan waktu untuk dikunjungi keseluruhan. Karena terlalu banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi. Salah satunya adalah pulau Karimun  Jawa yang terletak di Jepara.

Pulau Karimun  Jawa, Jepara

Karimun  Jawa merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau, namun hanya sekitar 5 pulau saja yang bisa dihuni dan ditempati, dengan alasan dataran yang sudah terisi manusia dan bersih, sumber daya yang cukup memenuhi masyarakat sekitar dan juga keamanan.

Karena bentuknya yang berupa kepulauan, tentu saja Karimun  Jawa memberikan keindahan pemandangan laut dan pulau yang membentuk keindahan baik ketika matahari terbit atau matahari terbenam.

Kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001 oleh Negara. Kepualaun ini merupakan bagian dari salah satu kecamatan di Jepara dan berjarak cukup jauh, yaitu 83 KM di bagian utara kota Jepara utama.

keindahan pulau karimunjawa jepara4

Sejarah nama Pulau Karimun  Jawa

Pulau Karimun  Jawa berasal dari sejarah yang menurut warga sekitar, pada abad ke-15 di Kudus terdapat Syekh Ja’far Shodiq yang terkenal dengan sebutan sunan kudus. Sunan kudus merupakan satu dari 9 wali songo yang terkenal sebagai wali yang mengajarkan agama Islam terutama di pulau Jawa.

Beliau mengajarkan banyak manfaat dan ilmu terutama berkaitan dengan agama islam dan berhasil mendirikan kerajaan pertama yaitu kerajaan Demak. Sunan kudus merupakan penasehat sultan dan juga senopati perang.

Karimun  berasal dari kata kremun atau berarti samar-samar, karena ketika menuju pulau tersebut dikatakan bahwa pulaunya terlihat kremun atau samar-samar. Sehingga Karimun  Jawa merupakan penegasan dari kata kremun yang artinya samar-samar. Inilah cerita awal yang dipercaya masyarakat mengenai Karimun  Jawa.

Letak Dan lokasi pulau karimun jawa

Adapun bagian dari pulau Karimun  Jawa terdiri dari beberapa pulau atau dataran lainnya. Diantaranya : pulau Karimun Jawa yang sebesar 4.302 Hektar, pulau Menjangan besar, pulau menjangan kecil, pulau genting, pulau menyawakan, pulau geleang, pulau seruni, pulau sambangan, pulau cemara besar, pulau cemara kecil, pulau burung dan terakhir pulau batu.

keindahan pulau karimunjawa jepara6

Total pulau yang ada 12 pulau dengan pulau paling kecil dengan ukuran hanya 0,5 Hektar yaitu pulau batu. Pemerintahan karimunjawa tentu berpusat pada pulau karimunjawa dengan petinggi bapak Arif Rahman, SE dan juga jajarannya. Susunan organisasi pulau karimunjawa masih mencampur antara susunan pemerintahan dan juga susunan dengan cara sesuai adat.

Cara menuju ke pulau karimun jawa pun terbilang sangat mudah. Pengunjung yang hendak ke pulau karimun jawa bisa melewati pelabuhan yang ada di kabupaten jepara ataupu menggunakan pesawat cesna dari bandara kota semarang.

Perayaan dan acara tradisi di pulau karimunjawa

Ada dua perayaan besar yang biasa dilakukan di pulau karimun jawa, diantaranya adalah :

  • Festival Barikan Kubro

Bagi masyarakat festival barikan termasuk festival yang sakral dan penting untuk dilakukan, bahkan dilakukan secara turun temurun. Acara ini merupakan wujud syukur atas hasil laut dan bumi yang sudah diberikan untuk masyarakat yang tinggal di Karimun jawa.

 

Selain itu festival ini juga selalu dirayakan oleh masyarakat Jepara setiap tahunnya. Tidak hanya hasil dari bumi seperti buah, sayur dan padi melainkan hasil laut yang bisa didapatkan akan langsung digantungkan dan diarak bersamaan dengan tumpeng.

Selayaknya festival arak-arakan pada umumnya. Hal yang paling sering dijadikan bahan rebutan adalah kacang hijau dan garam yang ada pada puncak tumpeng , karena dianggap bisa membuat masyarakat beruntung dan menghindari dari hal-hal yang tidak baik. Bisa dikatakan kacang hijau dan garam sebagai jimat tolak bala.

  • Karimunjava sail

Acara kedua yakni acara tahunan kabupaten jepara untuk meningkatkan hasil kerja sama baik dari kementrian kelautan dan masyarakat, dengan acara menampilkan budaya dan kesenian khas karimun jawa. Hasil laut akan diarak dan ditampilkan, setelah itu dipilih oleh ementrian sebagai bahan yang bisa dijual dan menjadi tumpuan untuk menaikan ekonomi dan potensi wisata di karimun jawa.

keindahan pulau karimunjawa jepara1

Tempat wisata karimun jawa

Tidak hanya karena hasil laut dan bumi, siapa yang tidak tahu bahwa karimun jawa menjadi pulau yang banyak dikunjungi sebagai daerah wisata.  Kegiatan wisata apa saja yang bisa anda lakukan di pulau karimun jawa ?

Pertama sudah tentu wisata yang menggunakan laut sebagai tempatnya, seperti snorkeling, scuba diving, berenang, memancing, ke tempat penangkaran hiu, berkunjung ke pulau lain, menikmati matahari tenggelam dan juga terbit, mengunjungi hutan mangrove yang ada di sekitar pulau karimun jawa dan tentu mengabadikan momen dengan berfoto.

Walaupun wisata berpusat pada laut namun tentu saja hal ini begitu memikat, di pulau karimun jawa anda disuguhkan pemandangan yang tidak biasa mengenai laut dan pulau, layaknya sedang berwisata keluar negeri atau ke pulau-pulau terkenal di dunia.

keindahan pulau karimunjawa jepara

Akomodasi,  Tarif dan Jadwal penyebrangan ke pulau karimun jawa

Untuk mencapai daerah karimun jawa, anda bisa menempuh jalur udara dan juga jalur laut. Untuk jalur laut tentu anda bisa menggunakan kapal motor, kapal bahari biasa dan kapal motor berpenumpang.

Bila anda ingin menikmati suasana laut dan juga alam maka hal ini bisa dilakukan. Namun anda juga harus melihat apakah cuaca dan ombak memungkinkan untuk anda melewati pulau dan menggunakan jalur laut.

Untuk menuju ke pulau karimun jawa ada beberapa kapal yang tersedia di pelabuhan kabupaten jepara. Kapal tersebut juga di bedakan menjadi beberapa kelas. sesuai dengan isi kantong kita , berikut tarif kapal menuju pulau karimun jawa :

  • Tarif kapal siginjai Rp57.000 / penumpang
  • Tarif kapal KMC KARTINI I esksekutif Rp. 80.000 / penumpang dan bisnis Rp. 65.000 /penumpang
  • Tarif  KMC EXPRESS BAHARI 2C  VIP Class Rp. 175.000 / penumpang, Executive Class : Rp. 150.000 / penumpang, Bussines Class Rp. 80.000/ penumpang

Jadwal penyebrangannya pun di bagi menjadi beberapa waktu :

Jadwal Kapal Penyebrangan Jepara menuju pulau Karimunjawa
PEnyebrangan diadakan setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu, jam keberangkatan pukul 07.00 WIB
Jadwal Kapal Penyeberangan dari pulau Karimunjawa menuju Jepara
Setiap hari : Selasa (pukul 07.00 wib), Kamis (pukul 07.00), Jumat (pukul 13.00), dan Minggu (pukul 07.00)

Jika jalur udara, maka anda bisa menggunakan pesawat terbang ke Bandara Dewandaru di pulau Kemujan lalu sampai ke pulau karimunjawa. Tetapi kelemahannya tentu saja karena harganya akan jauh lebih mahal dari akomodasi dari jalur laut.

keindahan pulau karimunjawa jepara5

Fasilitas di pulau karimunjawa

Fasilitas di pulau karimunjawa tergolong sangat lengkap. Mulai dari hotel murah di karimun jawa, villa murah, homestay murah dan penginapan murah banyak tersebar di pualu ini. Mulai dari tarif ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Untuk mempermudah jalan-jalan mengelilingi pula karimunjawa, disarankan untuk menyewa sepeda motor dengan tarif sekitar 70.000 / 12 jam. Memang terbilang agak mahal dibandingkan di harga sewa di pulau bali hehhe. tetai yang namanya butuh tetap aja nyewa motor :D

Komentar