Puncak Dipowono : Wisata Alam Di Jogja Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

bukit canting mas, puncak dipowono by arfian_aan

Puncak dipowono, Sebuah wiasata alam berbasis pegunungan yang baru beberapa saat lalu di resmikan oleh bupati kulon progo mulai ramai di kunjungi wisatawan. Rupanya Kabupaten kulonprogo sedang serius untuk memperkenalkjan potensi alam yang berada di kulonprogo

Jika dilihat sekilas, wisata alam bukit canting mas, puncak dipowono ini hampir mirip dengan puncak kalibiru.Selain berada di satu wilayah kelurahan yang sama, Kedua wisata alam itu mengandalkan latar belakang waduk sermo.

Untuk mendukung potensi wisata alam puncak dipowono tersebut, Kelompok Hutan Kemasyarakatan Sido Akur bekerja sama dengan warga setempat sebagai pengelola  desa wisata puncak dipowono, kedepan mempunyai rencana melengkapi fasilitas puncak dipowono dengan berbagai wahana seperti yang  ada di objek wisata alamKalibiru, seperti flying fox dan semacam tempat outbond.

bukit canting mas, puncak dipowono by ardianugra

Lokasi dan rute menuju bukit canting mas, puncak dipowono

Puncak dipowono berada di sebuah dusun diatas perbukitan menoreh yaitu dusun clapar 2, termasuk dalam wilayah desa hargowilis, kecamatan kokap, kabupaten kulonprogo, yogyakarta. Puncak dipowono sendiri berada di ketinggian kurang lebih 700 mdpl, dengan titik koordinat -7.799574, 110.127980.

Rute menuju puncak dipowono pun terbilang sangat mudah. Dari kota joga bisa langsung menuju kekota wates melewati jalan jogja-wates. sampai di patung kuda kota wates, ambil arah kanan menuju alun-alun wates. Perjalanan di lanjutkan menuju waduk sermo.

Ikuti jalur di pinggir waduk sermo. Sampai bertemu papan nama menuju ke wisata alam kalibiru, Ikuti saja. Sampai di pertigaan paling atas. nanti akan terdapat 2 papan nama. kalau ke kanan ke arah wisata alam kalibiru, jika ambil arah kiri menuju ke bukit canting mas, puncak dipowono.

bukit canting mas, puncak dipowono

Fasilitas dan sarana menuju ke puncak dipowono

Secara umum jalan menuju ke puncak dipowono sudah beraspal, hanya saja ketika hampir sampai di tempat wisata jalan masih tanah dan jalan tersebut memang sebuah jalan baru yang di buat oleh warga sekitar. ketika piknikasik terakhir kesana sudah tersedia sarana dan prasarana yang memadai, seperti toilet dan mushola ataupun tempat istirahat.

Untuk sekedar menghilangkan lapar dan  dahaga, disana sudah ada beberapa penjual makanan ringan. Di puncak dipowono ada seorang penjual es dawet, direkomendasikan untuk mencoba es dawetnya, seger banget. Walaupun di puncak dipowono sarana tempat sampah masih terbatasm, tapi diharapkan jangan buang sampah sembarangan ya.

bukit canting mas, puncak dipowono by emil_daus

Untuk lebih menarik wisatawan , Puncak Dipowono sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup menarik  antara lain tempat parkir kendaraan yang aman dan luas ,sebuah  gazebo, rumah pohon untuk foto-foto, dan bahkan wifi dan internet gratis.

Diharapkan dengan penambahan fasilitas dipuncak dipowono pengunjung tidak hanya menikmati pesona puncak dipowono saja, namun pengunjung diharapkan dapat membantu untuk mepromosikan kepada sahabat dan saudara keindahan alam puncak dipowono.bukit canting mas, puncak dipowono by nurii_gisella21

Keindahan puncak dipowono

Dengan latar belakang pemandangan waduk sermo, sekilas bukit canting mas puncak dipowono memang mirip dengan wisat alam kalibiru, hanya saja lokasinya lebih tinggi dibandingkan kalibiru. Bagi penggemar fotografi alam. Puncak dipowono adalah spot bagus untuk mengabadikan sunrise, karena dari puncak dipowono , jika menghadap ke arah timur makan akan terlihat kota wates, bantul dan jogja.

Dengan hadirnya puncak dipowono,Maka semakin lengkap wisata alam yang berada di kabupaten kulon progo. bagi pengujung yang suka denga camping, pengelola wisata puncak dipowono mempersilahkan untuk camping, hanya saja sebelum camping harus meminta izin terlebih dahulu.

bukit canting mas, puncak dipowono by rizal.fathurahman

Komentar