Punthuk Mongkrong : Nikmati Pesona Perbukitan Magelang Jawa Tengah

surise-punthuk-mongkrong-magelang

Wisata Punthuk Mongkrong adalah sebuah lokasi wisata pada puncak perbukitan yang baru – baru ini tengah dikembangkan oleh masyarakat di desa pada lereng perbukitan di daerah Menoreh, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Daya tarik dari wisata yang ditawarkan oleh Puntuk Mongkrong adalah pengalaman pemandangan dari atas Candi Borobudur, indahnya Gunung Merapi dan pesona Gunung Merbabu dari atas bukit Menoreh ini. Punthun Mongkrong adalah punthuk tertinggi yang terdapat di wilayah perbukitan ini dibandingkan dengan punthuk – punthuk lainnya seperti Punthuk Setumbu, kemudian Punthuk Sukmojoyo serta Punthuk Gupakan.

Lokasi dari Punthuk Mongkrong ini terdapat di desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang. Punthuk ini memiliki ketinggian pada 624 meter di atas permukaan laut. Punthuk Mongkrong ini berada pada area perbukitan Menoreh di sebeleah barat daya dari Taman Wisata Dunia – Candi Borobudur – .

Rute menuju Punthuk Mongkrong ini cukup mudah jika Anda ingin melanjutkan perjalanan berlibur Anda dari Candi Borobudur menuju Punthuk Mongkrong untuk melihat Candi Borobudur dari sisi yang berbeda, Anda cukup memulai perjalanan dengan melakukan penyusuran jalan yang beraspal di samping Hotel Manohara Resort Borobudur. Anda ikuti perjalanan tersebut hinga menuju Hotel Amanjiwo Resort atau di daerah Majaksingi.

Setelah itu, Anda akan menemukan perempatan sebelum Sekolah Dasar SDN Tuksongo I lalu ambil jalan menuju arah kanan dan akan menemukan perempatan Gunden. Dimulai dari perempatan itu kemudian Anda mengambil jalan kea arah kiri yaitu menuju Balai Desa Giritengah.

Papan – papan petunjuk menuju Punthuk Mongkrong ini akan mulai mudah Anda temukan mulai dari Balai Desa Giritengah. Dari sini, perjalanan baru saja setengah dari perjalanan Anda. Medan perjalanan semakin terjal dan hanya dapat dilalui oleh kendaraan bermotor saja. Selain itu, pastikan agar kendaraan roda dua anda dalam kondisi prima.

Tanjakan jalan menuju yang mengarah menuju ke tempat wisata Punthuk Mongkrong yang dimulai dari Balai Desa Giritengah ini pada awalnya akan Anda temui cukup landai dan tidak terlihat terlalu curam. Namun, seiring perjalanan yang semakin mendekati tempat wisata, kondisi jalan mulai terlihat  menyempit dan Anda akan disambut oleh tanjankan – tanjakan yang tajam dan tampak terlihat tanpa jeda.

surise-punthuk-mongkrong-magelang-1

Dan ketika Anda sudah memasuki setengah dari perjalanan, akan Anda temui sedikit jalan yang laindai dan terdapat cabang jalan menuju lokasi. Anda akan menentukan satu dari dua pilihan jalan yang ada dimana jika Anda mengambil arah kiri menuju Punthuk Mongkrong dan jika ke arah kanan, makan Anda akan diarahkan menuju tempat wisata lainnya yaitu Punthuk Sukmojoyo.

Jika Anda ingin ke Punthuk Mongkrong maka Anda ambil jalur kanan dan Anda akan menemukan pemukiman – pemukiman warga di sekitar yang berarti sudah dekat dengan puncak. Untuk Anda pengguna kendaraan bermotor harus sangat berhati – hati untuk melewati jalanan ini karena kondisi jalan yang memang rusak parah bahkan sebagian sudah dipenuhi dengan tanah.

Puncak dari Punthuk Mongkrong ini ditandai dengan sebuah tugu batu dan bertuliskan Situs BG 212 Punthuk Mongkrong – Pangruwating Diyu. Namun, belum diketahui dengan pasti apa makna sebenarnya yang terkandung pada tugu batu atau disebut juga sebagai tugu petilasan tersebut. Puncak dari Punthuk Mongkrong merupakan puncak tertinggi dibandingkan dengan wisata – wisata puncak lainnya di wilayah Kecamatan Borobudur.

Area puncak dari bukit ini cukup sempit karena langsung dikelilingi oleh jurang – jurang. Selain itu, fasilitas yang sudah tersedia di sekitar wilayah puncak hanya sebatas bangku duduk untuk wisatawan, kemudian rumah pohon juga tempat foto selfie di sekitar jembatan pada tepi tebing.

Keberadaan dari rumah pohon ini sudah seperti kewajiban yang harus dipenuhi karena hamper pada semua wisata perbukitan yang ada di wilayah Magelang ini memiliki rumah – rumah pohon karena mempunyai daya tariknya tersendiri dari keberadaan rumah pohon tersebut. Selain itu, untukk fasilitas kamar mandi umum atau toilet, Anda masih harus menumpang ke rumah warga sekitar karena belum tersedianya fasilitas tersebut.

Walaupun masih dalam keadaan fasilitas yang terbatas, pemandangan dari atas puncak Punthuk Mongkrong ini merupakan pengalaman berlibur Anda yang sangat luar biasa. Seluruh perjuangan Anda selama di perjalanan akan terbayar oleh begitu indahnya panorama Magelang.

Di Punthuk Mongkrong ini, Anda dapat melihat panorama sunrise atau matahari terbit karena posisi dari puncak ini mengarah ke timur, lalu pemandangan dari Candi Borobudur di atas ketinggian yang jarang Anda temukan, kemudian terdat juga pemandangan dari Gunung Merapi, Gunung Sumbing serta Gunung Merbabu yang mempesona dari atas bukit, juga pemandangan akan puncak – puncak bukit lainnya yang berada dibawahnya seperti Punthuk Suroloyo dan Punthuk Sukomojoyo.

Komentar