Romantisme Keindahan Senja Di Pantai Nipah Lombok NTB

Pantai Nipah, Lombok – Mungkin pembaca sudah mengetahui atau pernah mendengar keeksotisan Pantai Senggigi, Lombok. Senggigi adalah salah satu pantai yang mendunia karena menampilkan pemandangan yang tak biasa. Namun, ternyata tidak jauh dari situ ada pantai yang tidak kalah cantik, yaitu Pantai Nipah. Seperti apakah pesona indahnya Pantai Nipah di Pulau Lombok ini?

Pesona Pantai Nipah, Lombok

Seperti pantai-pantai lainnya, Nipah juga menghadirkan hamparan pasir putih dengan laut tenang yang mendamaikan. Air laut Pantai Nipah juga sangat bening, bahkan sebening kaca seakan-akan menggoda pengunjung untuk menceburkan dirinya ke sana.

Pantai Nipah memiliki garis pantai yang cukup panjang dan landai, sehingga membuat pengunjung bebas bermain dan menikmati keindahannya. Ketika senja dan cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat panorama sunset seperti yang dilakukan di pantai-pantai lainnya. Tapi, sunset di Pantai Nipah ini sangat sempurna, karena posisinya menghadap ke arah matahari terbenam.

Bagi penggemar fotografi, bisa mendapatkan pemandangan Pantai Nipah dari atas. Viewnya cukup bagus, dimana lekukan garis pantai terlihat cantik dan menghasilkan gambar menarik di kamera pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga bisa snorkeling, bermain kano dan mengelilingi laut dengan perahu nelayan. Tapi, untuk yang snorkeling bisa membawa peralatan sendiri, ya. Dan untuk yang berenang, jangan khawatir karena Pantai Nipah sudah dilengkapi tempat bilas dan kamar mandi yang memudahkan pengunjung untuk berganti pakaian.

Wisata Kuliner di Pantai Nipah

Nipah merupakan salah satu pantai di Lombok yang memiliki kedai-kedai makanan dalam jumlah banyak. Di sepanjang jalan menuju Pantai Nipah terutama, pengunjung dapat mencium aroma ikan bakar yang dijual para pedagang di pinggir jalan.

Silahkan mampir untuk menikmati aneka menu yang ditawarkan, seperti ikan bakar, cumi-cumi dan plecing kangkung. Kalau pengunjung beli satu paket ikan bakar seharga Rp70.000 akan langsung mendapat sepiring nasi, terong bakar, 2 tusuk sate cumi-cumi dan plecing kangkung. Cukup murah, kan?

Ada pula olahan ikan baronang, sate bulayak dan minumnya tentu es kelapa muda. Makanan-makanan tersebut bisa dibawa ke pantai, lho. Jadi, sambil menikmati pemandangan sekitar, pengunjung dapat menyantapnya bersama keluarga dan merasakan indahnya kebersamaan.

Akses Menuju Lokasi

Pantai Nipah terletak di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Kalau dari Pantai Senggigi, bisa ditempuh dalam 20 menit perjalanan. Jadi, pengunjung yang datang dari arah Bandara Lombok dan Mataram bisa menuju Senggigi dengan kendaraan pribadi, bus Damri maupun transportasi umum lainnya. Dari Senggigi ke lokasi bisa ditempuh dengan angkot dan ojek bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Jangan khawatir, karena jalan menuju Pantai Nipah sudah beraspal dan cukup lancar dilalui kendaraan. Namun, jalannya naik-turun dan cukup berkelok-kelok. Walaupun demikian, pengunjung dapat menikmati perjalanan dengan tenang karena terdapat pemandangan bukit hijau yang menemani hingga sampai tujuan.

Kalau sudah sampai di Pantai Nipah, pengunjung akan disambut dengan papan bertuliskan ‘Pantai Nipah’ di sisi jalan. Pengunjung sudah bisa membawa kendaraan menuju kawasan pantai. Setelah melihat perahu-perahu nelayan yang berjejer di tepiannya, pengunjung dapat mendengar deru angin dan ombak yang seolah-olah mengucapkan selamat datang. Pengunjung juga akan disambut rerumputan hijau serta pohon kelapa yang menjulang tinggi dan berjejer rapi di sepanjang pantai. Suasana teduh dan tenang yang ditimbulkan sejak pertama kali menginjakkan kaki di Nipah, membuat pengunjung betah berada di sana.

Tiket Masuk di pantai nipah lombok

Untuk menuju kawasan Pantai Nipah, Lombok pengunjung harus membayar tiket masuk Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Biaya tersebut diberlakukan untuk mengganti ongkos parkir.

Tidak salah, dong kalau keindahan Pantai Nipah, Lombok disandingkan dengan Senggigi? Pasalnya, panorama yang disuguhkan cukup menarik, sehingga yang dulunya jarang dikunjungi wisatawan jadi semakin ramai sekarang. Walaupun masih kalah ramai dari Pantai Senggigi, tapi Pantai Nipah terlihat lebih alami. Karena tidak terlalu ramai, pengunjung yang datang ke sana bisa leluasa meng-explore Nipah hingga ke pucuk-pucuknya.

Komentar