Segarnya mandi jutaan liter air sejernih kaca di wisata alam sumber maron malang

Sumber Maron merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Malang. Wisata alam ini memiliki daya tarik utamanya yaitu airnya yang jernih dengan adanya air terjun kecil yang ada di dalamnya. Karena keindahan alamnya yang benar-benar masih asri dan indah, tak heran jika banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung terutama saat misum iburan tiba. Tak hanya warga sekitar, banyak pula warga luar kota yang ramai-ramai mengunjungi wisata alam yang satu ini.

Daya Tarik Utama Di Sumber Maron

Sumber maron, Malang ini memiliki sumber air yang sangat jernih dan indah yang berada di kawasan sawah yang hijau yang pastinya menyejukkan bagi siapapun yang memandangnya. Pemandangan indah yang khas suasana pedesaan memang menarik siapapun yang ingin refreshing sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Uniknya disini terdapat air terjun kecil yang memiliki pesona tersendiri. Air terjun ini memiliki ketinggian 5-6 m dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Masyarakat setempat menyebut air terjun ini sebagai Grojogan Sewu.

Tak hanya menjadi objek wisata alam saja, Sumber Maron Malang ini juga menjadi wisata edukasi dan teknologi bagi pelajar dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang dibangun pada tahun 2005. Bahkan banyak yang berpedapat jika keberadaan PLTMH ini menjadi cikal bakal dari populernya Sumber Maroon.

Aktivitas Menarik Di Sumber Maron

Tak hanya dapat menikmati keindahan alam yang ada di kawasan Sumber Maroon saja, namun wisatawan yang datang bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan dan seru di tempat wisata ini. Salah satunya yaitu berenang di sungai dan bermain air.

Apalagi air terjun mini yang ada di kawasan ini cukup aman untuk dikunjungi, sehingga pengunjung juga dapat bermain air hingga berenang di kolam bawah air terjun. Namun  meskipun begitu, anda tetap harus waspada karena arus air di air terjun ini agak deras, ditambah lagi dengan bebatuan yang berlumut dan licin di bawah air terjun.

Jika anda ingin mencoba aktivitas yang memicu adrenain, anda bisa mencoba wahana tubing atau river tubing, wahana ini merupakan permainan dimana pengunjung dapat naik diatas ban dan mengikuti aliran air sungao hingga ke muara sungai.

Atraksi tubing ini menjadi slaah satu favorit pengunjung karena memang sangat seru. Selain itu, anda juga bisa mencoba wahan rafting dengan airan sungai yang lebih deras. Rasakan sensasi seru saat bermain rafting di kawasan wisata alam ini. bagi anda yang menyukai fotografi, anda bisa mengambil gambar di berbagai spot-spot foto menarik, bahkan anda bisa mencoba fotografi underwater yang cukup populer akhir-akhir ini.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Sumber Maron ini berada di dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kab. Malang. Lokasinya cukup dekat dengan perbatasan Kec. Gongdanglegi ataupun Kepanjen. Untuk akses menuju lokasi wisata, anda bisa memilih salah satu dari 2 rute di bawah ini.

  • Dari stadion kanjuruhan, lokasi sumber maron hanya sekitar 3 km dari stadion kanjuruhan. Dari sini anda hanya peru menempuh perjalanan ke arah timur. Setelah tiba di Masjid Jami Darussalam, anda akan menemukan plang kecil yang bertuiskan Sumber Maron (500 m). Mulai dari plang, anda harus terus masuk k sebuah jalan kecil sekitar 400-500 m hingga berteu dengan petugas yang mengarahkan ke area parkir Wisata Sumber Maron

Dari Pertigaan Pasar Gondanglego, dari titik sini anda bisa mengikuti rute Pasar Gadang atau Gor Ken Arok-Bululawang. Sesampainya di Bululawang, lanjutkan perjalanna menuju pertigaan pasar Gondanglegi. Setelah itu belok ke kanan dan ikut jalan hingga 5 km hingga anda menemukan plang warna hijau dekat Masjid Jami Darussalam. Dari sana anda tinggal melanjutkan beberapa ratus meter hingga sampai di Sumber Maron.