sejenak melepas penat di ayana gedong songo semarang

Jawa Tengah terkenal sebagai salah provinsi dengan tempat wisata budayanya karena terdapat Candi Borobudur. Tidak hanya dikenal dengan “provinsinya candi”, Jawa Tengah juga menjadi kumpulan lokasi wisata yang modern, seperti Ayana Gedong Songo.

Ayana Gedong Sengo merupakan objek wisata yang baru dibuka pada bulan lalu, tepatnya tanggal 11 Juni 2018. Tempat wisata yang terkenal di Instagram ini terletak di kompleks Candi Gedong Songo, yang berada di lereng Gunung Ungaran, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Jika Anda ingin memasuki Ayana Gedong Songo, maka Anda melewati area Candi Gedong Songo terlebih dahulu. Sejarah mengenai Candi Gedong Songo itu sendiri dikemukakan oleh beberapa ahli sejarah, yaitu dibangun pada abad ke-8 Masehi saat masa pemerintahan dinasti Sanjaya Hindu di Jawa.

Jadi, Candi Gedong Songo merupakan candi Hindu. Awalnya, Loten menemukan kompleks Candi Gedong Songo pada tahun 1740, kemudian Sir Thomas Stamford Raffles menemukan 7 buah candi pada tahun 1804. Oleh sebab itu, namanya menjadi Candi Gedong Pitu. Kata “gedong” dan “pitu” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “gedung” atau “bangunan” dan “tujuh”.

Selanjutnya pada beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1908, seorang ahli arkeolog dari Belanda yang bernama Van Stein Callenfels menemukan 2 candi baru pada area tersebut. Jadi, total candi yang ditemukan sebanyak 9 buah.

Oleh sebab itu, nama candi tersebut menjadi Candi Gedong Songo. Kata “songo” diambil dari bahasa Jawa. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Google, kata “ayana” berarti “beruntung” atau “bunga yang cantik”. Kemungkinan arti dari Ayana Gedong Songo adalah “sembilan gedung (bangunan) yang beruntung” atau juga dapat diartikan sebagai “sembilan gedung (bangunan) yang dikelilingi oleh bunga-bunga yang cantik”.

Letak Ayana Gedong Songo sendiri tidak jauh dari Candi 1 atau sekitar 100 hingga 150 meter dari loket pintu masuk. Anda diwajibkan membayar tiket masuk ke Candi Gedong Songo sebesar Rp 10 ribu per orang (wisatawan domestik) dan Rp 75 ribu (wisatawan mancanegara), kemudian Anda membayar tiket masuk lagi untuk memasuki wisata alam terbuka Ayana Gedong Songo, yaitu sebesar Rp 20 ribu per orang untuk dewasa dan Rp 10 ribu per orang untuk anak-anak.

Pada Ayana Gedong Songo terdapat 35 spot-spot foto yang menarik, seperti bubble tent yang berisi bantal dan boneka, miniature balon udara, hammock, tempat duduk unik, ruang santai terbuka di tengah kolam, taman rumput, dan masih banyak lagi. Tarif yang dikenakan bagi pengunjung yang ingin mengambil foto di spot-spot ini adalah Rp 5 ribu hingga per orang dan gratis untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun.

Harga yang sangat murah untuk menghilangkan penat sambil menikmati hamparan hutan yang hijau dan deretan pegunungan, seperti gunung Telomoyo, Merbabu, dan Ungaran. Oleh karena berada pada kawasan pegunungan, maka suhu udara yang dingin akan menyapa Anda.

Jam operasional Ayana Gedong Songo mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas-fasilitas umum, seperti mushola, toilet, gazebo, warung makan dan minum, serta area parkir. Jika Anda lelah, Anda dapat menyewa penginapan atau hotel di sekitar kawasan tersebut.

Tidak tersedianya sarana transportasi umum yang mengantar calon pengunjung ke Ayana Gedong Songo, membuat mereka harus memilih kendaraan pribadi atau menyewa transportasi daring. Angkutan umum hanya beropersi di jalan utama saja.

Anda perlu berhati-hati saat berkendara menuju Ayana Gedong Songo karena kondisi jalan yang menanjak dengan kemiringan dan tikungan yang tajam. Sebelum Anda pergi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Selain itu, kami menyarankan agar Anda pernah dan dapat menguasai medan yang menanjak karena sering kali ditemukan kendaraan yang mogok akibat tidak kuat menanjak. Jarak tempuh ke Ayana Gedong Songo dari wisata Bandungan hanya sekitar 4 km (40 menit).

Jika Anda berada di Ambarawa, jarak tempuh menuju Ayana Gedong Songo yaitu 15 km (40 menit). Selain itu, jarak tempuh ke Ayana Gedong Songo dari Ungaran sekitar 25 km (67 menit) dan dari Semarang sekitar 45 km (2 jam). Antusiasme wisatawan yang berasal dari masyarakat sekitar maupun wisatawan mancanegara, membuat Ayana Gedong Songo menjadi ramai untuk dikunjungi saat akhir minggu atau libur panjang.

Oleh sebab itu, kami sarankan untuk tidak datang berkunjung saat hari libur nasional karena jalan menuju objek wisata akan dipadati oleh banyak kendaraan, baik dari Jawa Tengah maupun dari luar Jawa Tengah. Kompleks Gedong Songo tidak hanya menjadi pusat wisata sejarah Candi Gedong Songo, melainkan juga terdapat objek wisata modern, yaitu Ayana Gedong Songo. Jadi, tunggu apalagi? Ajaklah keluarga Anda untuk menikmati dinginnya udara di kompleks Gedong Songo.

 

Komentar

Aug 2, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *