Sejuk dan Indahnya Kebun Teh Cipasung Majalengka Jawa Barat

Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan dinginnya Lembang di Bandung dan menawannya Puncak di Bogor. Ada salah satu tempat wisata di daerah Majalengka, yaitu Kebun Teh Cipasung atau disebut juga dengan Perkebunan Teh Culamega yang berada di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih.

Kebun teh ini berada di lereng kaki Gunung Cakrabuana dan berjarak sekitar 58 hingga 59 km dari pusat kota Majalengka. Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk mencapai Kebun Teh Cipasung dari Kota Majalengka. Perjalanan dari Tasikmalaya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak 48 km, sedangkan perjalanan dari Bandung dapat ditempuh hanya sekitar 45 menit dengan jarak 18 km dari Simpang Pamoyan.

Kebun Teh Cipasung ini yang berada di lahan sekitar 59 ha ini dikelola dengan baik oleh salah satu koperasi yang ada di Cipasung, yaitu Koperasi Buana Mukti. Selain kebun teh, di area ini juga didirikan pabrik pengolahan atau pengeringan daun teh yang telah dipetik, sehingga apabila musim panen telah tiba, maka daun teh yang baru dipanen dapat langsung diproses.

Tak heran jika Kebun Teh Cipasung menjadi salah satu ladang rejeki bagi penduduk sekitar dan akhirnya menjadi tempat wisata yang patut dikunjungi.

Sejuknya udara pegunungan dan bebas polusi, indahnya pemandangan alam, serta suasana yang tenang menjadi jaminan yang dapat Anda dan sekeluarga peroleh setelah menjalani aktivitas di tengah hiruk-pikuk dan polusi yang semakin meningkat di perkotaan.

Terkadang, Anda akan melihat kabut yang menutupi sebagian lahan yang lebih tinggi. Anda juga dapat berjalan-jalan di tengah luasnya hamparan tanaman teh yang hijau. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan para pemetik daun teh. Anda juga dapat berinteraksi untuk mempelajari teknik memetik daun teh yang baik dan benar dari mereka. Suasana kehidupan masyarakat sekitar yang ramah dan ditambah lingkungan yang masih asri, tidak akan membuat Anda menyesal setelah menempuh perjalanan jauh.

Pada hari libur, Kebun Teh Cipasung ini dapat menarik wisatawan sekitar 50 hingga 100 orang per hari. Wisatawan lokal yang mengunjungi Kebun Teh Cipasung ini banyak berasal dari kota-kota atau daerah-daerah di sekitar Majalengka.

Saat akhir minggu, wisatawan yang berkunjung banyak dari luar Majalengka, seperti Indramayu, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, Garut, dan Kuningan, bahkan ada pula wisatawan yang berasal dari Bandung, Bogor, Depok, dan Jakarta. Jika libur panjang tiba, wisatawan yang berkunjung ke Kebun Teh Cipasung dapat terdiri atas rombongan kecil dan besar, seperti rombingan komunitas sepeda dari Kota Cirebon.

Tiket masuk yang dikenakan oleh pihak pengelola kepada para pengunjung untuk menikmati hamparan kebun teh yang luas ini, hanya Rp 10 ribu per orang. Sangat murah sekali bukan? Selain wisatawan lokal, Kebun Teh ini juga menarik perhatian wisatawan asing.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas umum, seperti area outbond, area parkir, mushola, toilet, dan penginapan. Pihak pengelola mengenakan tarif parkir sebesar Rp 5 ribu untuk kendaraan bermotor. Jika Anda tidak ingin repot atau lupa menyiapkan bekal, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan menjumpai warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

Jika Anda merupakan pengunjung yang berasal dari luar Majalengka dan belum pernah mengunjungi Kebun Teh Cipasung sebelumnya, Anda tidak perlu bingung dan khawatir untuk takut tersesat. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi Anda dan meminta bantuan arah dari aplikasi maps pada ponsel pintar Anda untuk menuju ke Kebun Teh Cipasung di Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat.

Sayangnya, jika Anda memutuskan ingin menggunakan transportasi umum, tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke area tersebut. Akan tetapi, hal itu tidak menjadi masalah. Anda dapat menggunakan bis atau angkutan umum yang akan mengantarkan Anda menuju terminal kota atau desa yang dekat dengan Kebun Teh Cipasung.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan ojek untuk menuju ke Kebun Teh Cipasung. Banyak papan petunjuk jalan yang telah dipasang di persimpangan desa-desa. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan kepada penduduk sekitar mengenai lokasi tersebut.

Kondisi jalan menuju ke Kebun Teh Cipasung sudah semakin membaik walaupun masih ada sedikit kerusakan pada beberapa bagian jalan dan terjal. Oleh sebab itu, kami sarankan agar Anda memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat dan pastikan jika kendaraan Anda dalam kondisi yang laik jalan.

Kami tidak menyarankan kepada Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi roda empat berukuran kecil, seperti sedan ke Kebun Teh Cipasung karena kendaraan tersebut tidak sesuai dengan kondisi jalan. Kami sangat menyarankan agar Anda berpergian menggunakan kendaraan roda dua. Selain kondisi kendaraan, Anda harus memastikan terlebih dahulu jika fisik dan stamina Anda dalam kondisi yang baik.

Komentar

Aug 9, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *