Sensasi Berendam Di Sumber Mata Air Blue Lagoon Sleman

blue-lagoon-sleman-jogja-1

Photo by @suhadibg

Ingin menikmati pesona wisata alam di Yogjakarta yang murah meriah, kamu bisa mengunjungi Blue Lagoon. Letaknya berada di daerah Sleman Yogjakarta. Lokasinya memang berada jauh dari keramaian kota. Suasana pedesaan yang asri dan nyaman tentunya akan kamu rasakan saat mengunjungi Blue Lagoon.

Blue Lagoon merupakan sebuah wisata air yang terbentuk secara alami. Bentuknya berupa ceruk atau kedung yang dikelilingi bebatuan alami di sekitarnya. Lokasinya yang terletak di Desa Dalem dimana desa tersebut memang tak pernah kekurangan air bahkan bisa dikatakan memiliki air yang melimpah.

Blue Lagoon sebenarnya terbentuk dari air yang berasal dari sendang yang berkumpul kemudian membentuk sebuah kedung. Di desa ini terdapat tiga sumber mata air yang menjadi tumpuan hidup masyarakat setempat. Tiga sumber mata air tersebut diberi nama Sendang Lanang (putra), Belik Kluwih dan Sendang Wadon (putri).

Sendang wadon sendiri merupakan pemandian yang khusus untuk wanita. Pemandian ini berupa kolam kecil yang berada di sebuah bilik. Biasanya Sendang Wadon ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi.

Letak Belik Kluwih dan Sendang Lanang tak jauh dari Sendang Wadon. Bentuknya berupa pancuran yang airnya berasal dari dinding tepi kali. Ketiga sendang ini ternyata berasal dari aliran sungai Tepus. Bila air Sendang Lanang berkumpul membentuk kolam kecil, air Belik Kluwih justru membentuk kedung dengan air yang sangat jernih dan hingga bagian dasarnya terlihat.

Kedung inilah yang menajdi daya tarik dan dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Air jernih yang berwarna kebiruan tentunya menjadi daya tarik tersendiri dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemandian. Masyarakat juga menyebutnya sebagai Pemandian Alam Tirta Budi namun lebih populer dengan sebutan Pemandian Blue Lagoon.

Airnya begitu jernih dan suasana alam yang asri sangat mendukung untuk mencari suasana yang alam bebas. Airnya yang begitu jernih tampak berwarna kebiruan sehingga bagian dasar sungai terlihat. Daya tarik inilah yang membuatnya mendapat julukan Blue Lagoon.

Tak jauh di sisi pemandian juga terdapat bendungan kecil yang biasa digunakan untuk berseluncur. Kamu bisa menggunakan ban sewaan untuk menikmati permainan ini. Bila memiliki keberanian tinggi cobalah untuk melompat dari ketinggian.

Air kedung ini memang cukup dalam sehingga aman digunakan. Namun, bila tidak memiliki keberanian sebaiknya urungkan niat dan nikmati saja berendam dan berenang di tempat yang aman.

Selain berendam dan berenang kamu juga bisa mencoba terapi pijat dengan berdiri di bawah pancuran. Air yang mengenai tubuh dapat membuat badan jadi lebih segar dan nyaman. Segarnya mata air ini tentunya akan semakin sempurna dengan pemandangan alam di sekitar pemandian.

blue-lagoon-sleman-jogja-2

Untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan airnya yang jernih sebaiknya datang diluar weekend dan pada musim kemarau. Saat weekend tentunya Blue Lagoon akan ramai pengunjung. Selain itu pada saat musim hujan warna airnya tampak keruh dan kecokelatan. Keadaan ini tentunya tidak membuat pengunjung nyaman saat menikmati pemandian ini.

Meskipun letaknya tersembunyi namun wisata Blue Lagoon cukup populer dikalangan para remaja. Tak heran saat hari libur tiba pemandian ramai dikunjungi khususnya bagi para remaja yang ingin menikmati pemandian berikut suasana alam yang menyenangkan.

Lokasi dan Rute Menuju Blue Lagoon Sleman

Blue Lagoon tepatnya berada di Dusun Dalem, Widodomartini, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman Yogjakarta. Akan lebih nyaman bila berkunjung ke Blue Lagoon menggunakan kendaraan pribadi. Jarak tempuhnya sekitar 15 km dari pusat Kota Yogjakarta atau sekitar 40 menit bila menggunakan kendaraan bermotor.

Berangkat dari Yogjakarta bisa menuju jalan Kaliurang. Tiba di kilometer 12 kamu akan menemukan pertigaan yaitu jalan Besi Raya atau jalan Besi Jangkang. Dari sana ambil arah ke kanan atau timur menyusuri jalan Besi Jangkang. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Jl Besi Jangkang-Jl Cangkringan.

Kemudian ambil arah ke kanan atau arah selatan sekitar 200 meter sampai menemukan pertigaan lagi. Ambil arah ke kiri atau arah timur. Sekitar 100 meter dari sana terdapat pertigaan kembali kemudian belok kiri. Tak jauh dari sana kamu akan menemukan lokasi wisata Blue Lagoon.

blue-lagoon-sleman-jogja

Fasilitas yang Tersedia di Blue Lagoon Sleman

Fasilitas di Blue Lagoon sudah cukup lengkap sehinga kamu tak perlu khawatir. Blue Lagoon telah didukung dengan beberapa fasilitas seperti toilet umum dan ruang ganti pakaian setelah berenang. Bila lelah setelah berenang bisa berisitirahat di gazebo-gazebo yang tak jauh dari pemandian. Bila perut terasa lapar di sekitar sana juga sudah tersedia warung makan.

Kamu bisa menyantap makanan sambil menikmati suasana Blue Lagoon yang asri. Selain itu tersedia fasilitas tempat penitipan barang, homestay dan musholla. Blue Lagoon buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau sekitar Rp3.000

Komentar