Situ Patenggang : Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Kamu Kunjungi

wisata alam bandung situ patenggang by andreasabel

Di lereng Gunung Patuha, terdpat sebuah danau yang sangat menawan yaitu Situ Patenggang. Sebuah danau yang khas dengan pemandangan hijau disekitanya. Dj hiasi beberapa pohon pinus hijau yang menjulang tinggi di pinggir danau, menjadikan danau situ patenggang mempunyai kharisma tersendiri.

Suasana di situ patenggang sangat sejuk , dingin dan damai. Disekitar Situ patenggang sendiri adalah sebuah hutan hujan tropis yang berbatasan langsung dengan perkebunan teh yang membuat pemandangan disitu patenggang semakin segar. Situ Patenggang berada di lereng gunung patuha dengan ketinggian 1.628 mdpl.

Legenda cinta di situ patenggang

Situ Patenggang sendiri berasal dari kata-kata bahasa Sunda, kata “situ” berarti danau dan “patengan” berarti saling mencari. Pada jaman dahulu kala ada sepanag manusia yang sedang jatuh cinta yaitu Dewi Rengganis dan Ki Santang.Tetapi karena sebuah permasalahan dan keadaan hingga akhirnya mereka harus berpisah dalam waktu yang sangat lama.

wisata alam bandung situ patenggang by budimania

Karena kedua saling mencintai dan tidak dapat terpisahkan akhirnya mereka saling mencari hingga bertemu di sebuah batu. Setelah bertemu dengan sang kekasih dewi rengganis meminta kepada kekasih tercintanya ki santang untuk dibuatkan sebuah danau dan satu buah kapal, agar mereka bisa menaikai kapal tersebut berdua.

Cerita turun temurun dari masyarakat sekitar situ patenggang di danau situ patenggang terdapat sebuah pulau yang berbentuk hampir mirip dengan bentuk hati. Masyarakat menyebutnya pulau asmara atau Pulau Sasaka. Mitosnya bagi siapa saja pasangan kekasih yang mengelilingi batu ini hubunganya akan awet dan benar-benar saling mencintai .

wisata alam bandung situ patenggang by bandungtourism

Lokasi dan rute menuju situ patenggang

Secara administratif surga tersembunyi di bandung yang fenomenal ini berada  di desa patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, provinsi Jawa Barat. Jarak wisata alam situ patenggang daripusat kota bandung juga tidak terlalu jauh sekitar 57 kilometer yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Rute yang paling mudah untuk menuju ke situ patenggang dari pusat kota bandung adalah melewati jalan raya kopo menuju selatan ke arah ciwidey atau kecamatan rancabali. JIka nanti di kiri jalan sudah bertemu dengan gerbang menuju kawah putih ciwidey lurus terus . sampai bertemu dengan papan nama situ patenggang. Situ patenggang atau patengan ini berada di titik koordinat -7.138958, 107.355660.

wisata alam bandung situ patenggang by budimania 2

fasilitas di situ patenggang

Fasilitas di wisata alamdi bandung yaitu situ patenggang bandung ini cukup komplit. Jika pengungunjung menghendaki untuk menginap pihak pengelola sudah menyediakan penginapan dan villa. tetpi harganya cukup mahal. untuk weekend dan hari libur tarif permalam adlah 1,2 juta. dan untuk hari biasa tarifnya 800 ribu permalam.

Untuk memanjakan perut anda, di pinggir danau situ patenggang sudah tersedia restoran dan rumah makan yang menyajikan menu khas bandung. Sarana toilet dan mushola pun sudah tersedia hanya saja keadaanya cukup memprihatinkan. Ada beberapa toilet yang rusak dan sama sekali tidak bisa digunakan.

wisata alam bandung situ patenggang by budimania 3

Tarif-tarif di wisata alam situ patenggang

Yang sangat disayangkan adalah mahalnya tarif masuk untuk wisatawan asing. Untuk satu orang wisatawan asing dikenai biaya 100.000 dan biaya tambahan sekita 13.000. Dengan harga seperti itu wisatwan mancanegara yang mayoritas adalah backpacker mengurungkan niat untuk mengunjungi wisata alam situ patenggang.

Tarif untuk wisatawan lokal cukup murah , hanya 18.000 perorang di hari biasa. dan 20.000 di hari libur. Sedangkan untuk tarif naik perahu dikenai biaya 30.000 per orang dengan kapasitas maksimal 15 penumpang. Yang agak mahal adalah biaya menginap di villa patenggang. di hari biasa pengelola memberi tarif 800.000 per 22 jam. Sedangkan jika hari libur atau weekend dikenai biaya 1,2 juta per 22 jam.

wisata alam bandung situ patenggang yunusdop

Komentar