Suatu Sore Yang Mempesona Di Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Untitled

Hai sahabat piknikasik, Kali ini kami akan membahas sekilas perjalanan piknik singkat tapi asik kami menuju ke candi sambisari yogyakarta, kenapa kami katakan asik ya memang selain candi ini mudah di jangkau , lokasi candi sambisari ini tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga kami lebih leluasa mengambil foto-foto lingkungan candi, dan memang tujuan kami ke candi sambisari ini memang hanya untuk sekedar foto-foto saja. hehehe. maklum masih anak muda kak :p.

Sebelum kami mulai perjalanan, kami sengaja mencari posisi dari candi sambisari ini yang terletak di desa sambisari kecamatan purwomartani kabupaten sleman , yogyakarta. Sejarah penemuan candi ini di mulai ketika pada bulan Juli 1966 seorang petani setempat sedang mencangkul sawah, dan ujung cangkulnya mengenai batu berukir yang ternyata adalah reruntuhan candi , yang kemudian di laporkan ke balai kepurbakalaan.

Tahun pembuatan candi Sambisari sampai saat ini dapat di pastikan, karena tidak adanya bukti-bukti valid. Oleh karena itu, untuk menentukan tahun pendiriannya harus ditinjau dari berapa segi. menurut Prof. Dr. Soekmono seorang Guru besar ilmu arkeologi candi sambisari digolongkan ke dalam desain bangunan dari abad ke 8.

Sedangkan jika dilihat dari jenis batu yang digunakan di candi Sambisari yaitu, batu padas, maka masa pendiriannya semasa dengan candi Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan sekitar abad ke-9 sampai dengan abab ke-10 M. Jenis batu padas hitam ini banyak terdapat di bukit ratu Boko di Prambanan. Di tempat tersebut nampak bekas-bekas penggalian batu padas pada masa dulu.

Berdasarkan kedua tafsiran tersebut, untuk sementara Soediman menggolongkan pendidirian candi sambisari kedalam dekade pertama atau kedua abad ke-9 M (812-838 M). Pendapat tersebut disertai dengan  penemuan sekeping daun emas bertulisan, berdasarkan tafsiran paleografis, bahwa tulisan itu dipergunakan dari sekitar awal abad ke-9 M.

Oke itu sedikit sejarah dari candi sambisari, nah rute menuju candi sambisari ini sangat mudah kok, perjalanan kami di mulai dari pusat kota jogja, lalu menuju ke arah jalan solo, terus ketimur menuju arah bandara adi sucipto , sampai bertemu spbu maguwoharjo  di kiri jalan jalan nya pelan2 aja, kira ketimur 300meter ada jalan aspal ke kiri, nah dari situ lurus aja sekitar 1km, nanti kalian akan langsung sampai di lokasi candi sambisari ini.

Setelah parkir dan beli tiket, kita langsung melakukan persiapan buat narsis-narsis gitu :)) . oiya itu 2 wanita diatas masih jomblo semua, jika kalian mau kenalan hubungi admin :D. Seperti dugaan kami, sore hari memang pas buat foto-foto di candi, selain nggak terlalu panas, pengunjung juga  sepi. mulai lah kita jepret-jepret

Nah kan itu salah satu spot di candi sambisari dan tentunya masih banyak spot lain yang menarik , yang menurut kami sangat rekomended bagi kalian yang mau prewedding di tempat ini. katanya sih 2 perempuan diatas juga mau prewedding di tempat ini biar kayak sinetron mahabarata yang tayang ti tipi-tipi itu .

oke cuma segitu aja sih cerita kami waktu jalan-jalan ke sambisari, selain dadakan kami sampai juga sudah terlalu sore, jadi kami tidak terlalu banyak mendapatkan informasi detail dari candi sambisari ini. okee salam piknikasik, dadadada

Komentar