Sunrise Kebun Buah Mangunan Bantul Yogyakarta Yang Selalu Bikin Rindu

sunrise taman buah mangunan

Sebuah tempat di ujung timur kabupaten bantul yang berbatasan langsung dengan kabupaten gunungkidul. Kebun buah mangunan, adalah sebuah taman rekreasi yang rencananya akan di buat semacam taman buah mirip dengan mekarsari di bogor, tapi karena keterbatasan  dana dan berbagai hal lain, maka taman buah mangunan ini baru di tamanami beberapa varian buah saja.

Dahulu ketika taman buah mangunan di buka, taman ini digunakan sebagai arena motor cross. Pengelola sengaja mengadakan event motorcross sebagai salah satu bentuk  promosi. Tetapi rupanya hal tersebut juga kurang menarik wisatawan untuk berkunjung.

Hingga pada akhirnya di beberapa media sosial seperti facebook  dan instagram ada beberapa fotografer lokal yogyakarta yang mengupload fenomena sunrise di taman buah mangunan. Memang di taman buah mangunan ini terdapat sebuah bukit sebagai spot yang tepat untuk mengabadikan sunrise di mangunan.

Hingga pada akhirnya para pemburu sunrise berbondong-bondong menuju ke taman buah mangunan untuk sekedar melihat dan menikmati fenomena sunrise disini. Bukit mangunan yang berlatar belakang sungai yang berkelok-kelok dan bukit-bukit di gunungkidul ini menyajikan sebuah fenomena sunrise yang memang berbeda jika di bandingkan dengan sunrise di gunung-gunung seperti merbabu, sikunir, gn,prau, gunung andong dan lain sebagainya.

Rekomendasi Wisata :

Lokasi dan rute menuju taman buah mangunan bantul yogyakarta

Secara administratif taman buah mangunan berada di Desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Dengan titik korrdinat berada di -7.940127, 110.424515 . Untuk menuju kesana hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi, bisa menggunakan roda 2 ataupun roda 4.

Rute menuju taman buah mangunan pun cukup mudah. Darikota yogyakarta langsung menuju ke arah selatan menuju jalan imogiri timut. lurus saja sampai mentok. jika sudah menemui pintu gerbang makan imogiri ambil kanan lalu naik menuju ke arah taman buah mangunan. di sepanjang jalan sudah tersedia papan petunjuk arah.

Sebelum menuju  ke taman buah mangunan untuk memburu sunrise mangunan, PEngunjung harus terlebih dahulu mengecek kondisi kendaraannya. Jalan menuju ke taman buah mangunan ini cenderung menanjak dan agak panjang. Jadi patikan kondisi mesin dan rem dalam kondisi prima

Fasilitas di taman buah mangunan

Taman buah mangunan sendiri sudah terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari area outbond, taman bermain, Taman buah dan beberapa wahana permainan anak-anak. Hanya saja 80% pengunjung yang datang kesini lebih tertarik dengan pemandangan di puncak taman buah mangunan karena memang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona sunrise mangunan tetapi terhalang jarak jangan khawatir. Pengelola wisata taman buah mangunan memperbolehkan pengunjung untuk menginap di puncak taman buah mangunan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah dilarang membuang sampah sembarangan.

Keindahan sunrise puncak mangunan

Untuk dapat menikmati sunrise di puncak mangunan pengunjung harus berada di puncak ini pagi-pagi buta sebelum matahari muncul. Jadi memang perlu mempesiapkan niat dan stamina maksimal terlebih dahulu sebelum menikmati sunrise kebun buah mangunan.

Destinasi wisata yang memakan waktu 1 jam perjalanan dari kota yogyakarta in memang banyak tantangannya. mulai dari jalan yang menanjak, jalan yang berkelok hingga udara pagi yang sangat dingin. Tetapi semua akan terbayar lunas ketika pengunjung telah sampai di taman buah mangunan ini

Sebuah Sunrise dengan latar belakang perbukitan kabuapten gunungkidul yang seakan-akan tak terbatas. lalu di bawah tebing  sebuah sungai yang yang meliuk-liuk akan menambah keindahan tersendiri.  apalagi kabut di puncak taman buah mangun ini menutupi sungai tersebut. sebuah fenomena alam ayng sangat langka.

Di dekat taman buah mangunan terdapat sebuah destinasi wisata lain yang juga sangat indah. yaitu puncak becici dan huan pinus. Setelah pengunjung puas menikmati sunrise di taman buah mangunan di rekomendasikan  untuk mampir di tempat wisata tersebut.

Komentar