Taman buah cikaret : Destinasi wisata baru di bogor

Bogor adalah gudangnya wisata yang bernuansa alam. Setiap musim liburan, sudah menjadi rutinitas jika Bogor akan menjadi salah satu kota tujuan yang akan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Keberadaan Kabupaten Bogor membuat para penikmat wisata dengan bebas menentukan tujuan wisata yang menarik.

Selain Puncak yang terkenal dengan kawasannya yang elok, ada banyak pilihan wisata yang ada, seperti Gunung Salak, Halimun dan yang terbaru adalah Kawasan Wisata Taman Buah Cikaret. Pada awal tahun 2018, tempat wisata ini telah mencuri perhatian para wisatawan lokal.

Kawasan Wisata Taman Buah Cikaret dikelola oleh PT Antam (Persero) Tbk. Perusahaan yang bergerak di bidang tambang tersebut telah membangun berbagai fasilitas dan ikon menarik. Pembangunan tempat wisata ini telah dilakukan sejak tahun 2017 dan menjadi proyek menuju pasca tambang di tahun 2021. Sebelumnya, memang telah ada kawasan bekas tambang yang diubah menjadi tempat wisata dadakan, seperti Tebing Breksi di Yogyakarta.

Di dalam Kawasan Wisata Taman Buah Cikaret terdapat beberapa pilihan wisata menarik. Anda dapat mulai dari taman buah di Desa Bantar Karet, kemudian Curug Cikaret yang menyuguhkan pemandangan air terjun yang mempesona, dan saat ini pihak pengelola juga sedang menyiapkan Agro Geoedutourism, yaitu Wisata Tambang Bawah Tanah.

Pembangunan wisata ini dapat menjadi destinasi baru yang tidak akan ditemukan di tempat wisata lain. Agro Geoedutourism adalah langkah pengembalian kawasan tersebut saat aktivitas penambangan berakhir. Hal ini bertujuan agar manfaatnya tetap akan dirasakan oleh masyarakat sekitar. Bukan hanya membuat Bogor menjadi kota yang mempunyai wisata andalan baru, tetapi juga menjadikan ladang rejeki bagi warga sekitar.

Jika Anda ingin ke Kawasan Wisata Taman Buah Cikaret, maka Anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam atau berjarak 46 km dari pusat Kota Bogor. Jalur yang bisa Anda lewati adalah melalui Jalan Raya Cibadak-Ciampea, kemudian masuk ke Jalan Raya Leuwiliang hingga sesampai di pertigaan Tugu Kunjung Antam, Anda dapat mengambil arah lurus hingga bertemu kembali dengan pertigaan dekat supermarket.

Dari lokasi tersebut ambil ke arah kiri mentok pertigaan belok ke arah kanan. Tinggal lurus saja ikuti jalan aspal maka akan sampai di lokasi wisata Cikaret. Lokasi wisata tersebut tepat berada di Jalan Raya Aneka Tambang No.5, Bantar Karet, Nanggung, Bogor.

Jika Anda memutuskan untuk berwisata ke sini, akan dibuat takjub dengan keindahan hamparan taman yang berisi tanaman rerumputan hijau yang sangat mempesona dan menyegarkan, sejauh mata memandang. Semuanya terlihat indah dan enak dipandang. Anda juga akan menemukan bukit ikonik seperti yang berada di belakang rumah Teletubbies.

Pihak pengelola telah melengkapi tempat wisata ini dengan berbagai fasilitas wisata dan wahana lengkap, di antaranya kolam renang, taman buah, resto atau cafe, glamping, camping ground dan banyak lainnya. Selain itu, juga ada taman buah yang berisi buah-buahan segar, seperti apel, belimbing, hingga buah stroberi. Pengunjung bisa puas berfoto dengan latar belakang perbukitan. Salah satu spot menarik yang paling menyita perhatian adalah bangunan jembatan dengan warna merah.

Pihak pengelola wisata maupun PT Antam belum menentukan harga tiket masuk atau retribusi kepada pengunjung yang akan berwisata di kawasan ini, tetapi tidak menutup kemungkinan jika pembangunannya telah selesai, mereka akan memberlakukan tiket masuk untuk wisata. Selain itu, pihak pengelola juga mengharapkan jika temapat wisata yang dimiliki oleh PT Antam Tbk dapat menjadi tempat wisata popular di Bogor pada masa yang akan datang.

Komentar

Aug 9, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *