Telaga Sarangan Magetan : Telaga Eksotis Di Kaki Gunung Lawu

telaga sarangan magetan jatim

Siapa yang tidak kenal dengan Telaga Sarangan yang merupakan wisata favorit di Jawa Timur. Disini, Anda dapat melihat telaga yang luas dan pegunungan hijau Sidoramping yang menjulang tinggi di sekitar Gunung Lawu. Konon katanya dahulu telaga sarangan adalah lokasi wisata  favorit para penjajah.

DI Telaga sarangan para wisatawan bisa menikmati telaga yang tenang yang seakan-akan menjadi sebuah cermin raksasa bagi pegunungan hijau dan gunung di sekelilingnya. Anda dapat menikmati udara sejuk pada suhu 18-220C karena Telaga Sarangan terletak pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut.

Keseruan Mengelilingi Telaga Sarangan

Di lokasi wisata telaga sarangan ada fasilitas sepeda air yang menyerupai bebek dan perahu laut di pinggir telaga. Ini dapat menjadi sarana untuk Anda yang berniat untuk mengelilingi telaga melalui air. Anda juga dapat berkeliling menggunakan kuda atau delman yang disewakan penduduk lokal.

Jika Anda ingin berolahraga, Anda juga dapat mengelilingi telaga ini dengan berjalan kaki atau berlari. Tak hanya itu, Anda bisa menjumpai hutan pinus di lereng pegunungan disekeliling Telaga Sarangan. Dengan suasana yang nyaman dan indah, olahraga pun semakin menyenangkan.

Dekat dengan Telaga Sarangan, terdapat  pintu masuk menuju air terjun. Terdapat tiga buah air terjun disini yaitu air terjun Pundak Kiwo, Watu Ondo, dan Jarakan. Terdapat  bekas pesawat yang dijadikan monumen untuk mengingat peristiwa sejarah di Kota Madiun dan Kabupaten Sarangan dimana terdapat Pangkalan Utama AURI di dekat pintu masuknya.

telaga sarangan magetan jatim2

Selama perjalanan menuju air terjun, Anda akan melewati lereng gunung yang digunakan untuk berkebun. Anda juga dapat melihat berbagai tanaman sayuran, dapat mencelupkan kaki Anda ke dalam air bening yang segar dan dingin yang digunakan dalam pengairan perkebunan.

Anda tidak perlu khawatir untuk masalah makanan karena Anda dapat menikmati  sate kelinci dan lontong yang banyak terdapat disekeliling telaga sarangan. Sate kelinci ini memiliki daging yang lembut dan empuk sehingga dapat membuat Anda ketagihan. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sate adalah Rp. 7.000. Selain itu, terdapat juga nasi pecel. Daerah Sarangan ini bertetangga dengan Kota Madiun yang dikenal dengan bumbu dan sambal pecelnya.

Fasilitas hotel dan Penginapan di Telaga Sarangan

Tak perlu khawatir dalam mencari penginapan karena di Telaga Sarangan ini terdapat  hotel yang saling bersaing dan menawarkan harga yang terjangkau. Anda dapat menginap di ruangan dengan 2 kamar tidur, ruang tamu dan kamar mandi dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp 500.000,- untuk semalam. Untuk yang lebih murah, Anda bisa menyewa hotel dengan fasilitas satu kamar. Tempat penginapan ini juga menyediakan air panas untuk minum maupun mandi. Umumnya, hotel disini memiliki bangunan dua lantai sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang indah.

Lokasi lengkap dan rute menuju telaga sarangan

Secara administratif telaga sarangan berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sebuah tempat wisata yang berada persis di kaki gunung lawu yang terkenal dengan keindahan dan kesejukan alam nya. LOkasi telaga sarangan sendiri berada di1200 MDPL.

Telaga sarangan terletak diantara perbatasan Hateng dengan Jatim, Telaga Sarangan tepatnya berada di bagian barat Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan ini terletak di lereng Gunung Lawu (3.265 m) dengan pemandangan pegunungan dan hutan pinus  yang sangat indah.

telaga sarangan magetan jatim1

Oleh-oleh khas telaga sarangan

Kurang berkesan jika Anda mengunjungi Telaga Sarangan tanpa membawa oleh oleh khasnya seperti kaos, tas, ataupun kerajinan tangan dari kayu yang merupakan hasil karya dari masyarakat lokal sekitar sehingga ciri khas dari Telaga Sarangan tidak akan terdapat di tempat lainnya.

Telaga Sarangan sangat cocok untuk liburan Anda bersama keluarga atau hang-out bersama teman. Lepas penat dan buang lelah Anda di Telaga Sarangan, Jawa Timur!

Komentar