Umbul Manten Klaten, Umbul Dengan Air Sejernih Kaca Ini Sangat Mempesona

surga tersembunyi klaten unbul manten klaten. by danarsibolang

Klaten, Sebuah  kota kabupaten yang diapit 2 kota wisata dan budaya, yaitu kota jogja dan solo. Hal inilah yang menjadikan kota klaten selalu berbenah alam urusan wisata. Apalagi dengan bermunculan wisata-wisata anti mainstream yang selalu menjadi tujuan explorasi anak muda.

Embung manten, Sebenarnya sudah sejak lama di ketahui oleh warga sektiar, hanya saja gaung nya belum banyak di ketahui oleh khalayak ramai. Embung-embung di kota klaten sendiri baru mulai di lirik setelah di kembangkan sebuah umbul di kota klaten yaitu umbul ponggok. Lalu akhir-akhir ini juga sedang ngetren umbul sigedang yang menjadi sumber air dari produk air mineral aqua.

Umbul manten sendiri masih berlokasi dekat dengan embung ponggok dan umbul sigedang, Hanya saja lokasinya yang sedikit bersembunyi di tengah kampung penduduk menjadikan surga tersembunyi ini masih  belum banyak di lirik wisatawan.

Beruntung berkat media sosial embung manten ini sudah banyak di kenal oleh wisatwan. terutama para anak muda yang menyukai wisata-wisata yang masih alami dan para fotografer underwater.

Sayangnya umbul manten belum di kelola secara apik. Saat ini umbul manten hanya di kelola oleh warga yang bekerja sama dengan karangtaruna sekitar umbul manten sebagai pemasukan  kas desa dan karangtaruna. Beberapa warga pun sudah terlihat berjualan di sekitar umbul manten.

Rekomendasi Wisata :

Lokasi lengkap dan rute menuju ke umbul manten klaten

Secara administratif umbul manten berada di desa Janti, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten,Jawa tengah. Berada diantara 2 kota wisata menjadikan lokasi ini kedepan berpotensi menarik wisatwan lokal maupun mancanegara.

surga tersembunyi klaten unbul manten klaten. by ariefsatria_

Rute menuju umbul manten sangatlah mudah.  Dari kota yogyakarta bisa menuju ke jalan solo menuju ke timur arah kota klaten. Dari jalan Solo langsung menuju ke jalan Janti-Tegalgondo dengan jarak tempuh sekitar 40 Km, Nah nanti di pinggir jalan pengunjung  akan menemukan papan nama menuju ke umbul manten. Setelah sampai diparkiran pengunjung harus melakukan treking di pinggir sungai kecil dan sawah sekitar  kurang lebih 300 meter.

Sampai dilokasi umbul manten pengunjung akan di hadapakan dengan sebuah kolam dengan air yang sangat jernih sampai di dasar kolam. Keberadaan pohon-pohon besar di pinggir kolam menambah suasana syahdu dan sedikit angker, apalagi dengan mitos-mitos yang  secara turun temurun menjadi kepercayaan masyarakat tentang sepasang pengantin yang hilang di kolam ini.

Tetapi diluar kepercayaan itu, surga tersembunyi di klaten ini tetap menarik dan sangat rekomended untuk dikunjungi. Diharapkan juga pengunjung selalu menjaga kebersihan. Bahkan pengunjung tidak akan menemukan sampah berserakan di lokasi wisata ini, para pengelola tidak akan segan-segan mempeingatkan pengunjung yang membuang sampah sembarangan, apalgi di dalam kolam.

syrga tersembunyi klaten unbul manten klaten

Yang harus kamu siapkan sebelum ke umbul manten

Selain performa yang sip dan jos, kamu harus bawa baju ganti . Apalagi jika akan melakukan sesi  foto underwater, persiapkan segalanya termasuk kamera untuk sesi foto.  Rugi jika tiak melakukan foto underwater, sayangnya di lokasi umbul manten belum disediakan persewaan kamera underwater, pengunjung harus membawa sendiri kamera.

Komentar