Wisata Alam Kalibiru : Karya Fantastis Tuhan Di Ujung Barat Jogja

wisata alam kalibiru by @rahmatzzadjuliee

Wisata alam kalibiru, adalah wisata di jogja yang masih tergolong baru dan menjadi kebanggan warga kulonprogo. Cobalah datang ke kalibiru ketika menjelang sunset atau matahari tenggelam. Kalian akan menikmati peson waduk sermo dan matahari tenggelam dibalik pegunungan menoreh secara bersamaan.

Sebagai kawasan wisata alam yang baru dirintis oleh pengelola yang bekrejasama dengan pemerintah daerah Kulon Progo, sampai saat ini berusaha meningkatkan fasilitas di wisata alam kalibiru. Begitu juga dengan akses jalan menuju ke wisata alam kalibiru, masih dalam tahap pembangunan. Tetapi tenang saja, jalan sudah beraspal dan cukup mulus. hanya saja masih agak sempit.

Lokasi dan rute menuju ke wisata alam kalibiru

Lokasi wisata alam kalibiru berada di wilayah dusun kalibiru, desa Hargowilis, kecamatan Kokap, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.  Wisata alam ini termasuk daftar tempat wisata di jogja yang berada di gugus perbukitan menoreh dan lebih tepatnya berada di atas waduk sermo. Jika kalian menuju ke kalibiru menggunakan jalur selatan , maka kalian akan melewati terlebih dahulu memasuki wisata waduk sermo, adi ya mau nggak mau bayar retribusinya dobel.

Rute paling mudah dari kota yogyakarta adalah menuju ke arah barat menuju kulon progo. Kalian bisa melewati jalan jogja-wates, setelah memasuki wilayah kota wates dengan tanda patung kuda di tengah jalan, ambil kanan menuju ke alun-alun wates. sampe alun-alun ambil arah barat naik ke arah waduk sermo.

Setelah sampai waduk sermo masuk aja ke arah waduk, ikuti jalan nya, nanti di kanan jalan sudah ada petunjuknya. Tapi setelah waduk sermo jalan ke arah wisata alam kalibiru  agak nanjak, jadi pastikan sepeda motor atau mobil kalian dalam kondisi prima. Sebelum berangkat pastikan rantai dan rem dalam kondisi baik.

wisata alam kalibiru by @arissevtiee

Fasilitas di wisata alam kalibiru

Fasilitas di kalibiru menurut tim kami sudah sangat baik, terawat dan lengkap. Jika kalian menginginkan menginap disana disediakan homestay di dalam wilayah wisata alam.  Fasilitas toilet dan kamar mandi cukup banyak  dan bbisa kami katakan sangat bersih dan terawat. apalagi lingkungan yang asri dan terjaga.

Lahan parkirpun sudah disediakan cukup untuk menampung sepeda motor dengan jumlah yang banyak. Hanya saja untuk parkir mobil masih belum mencukupi, jadi jika hari libur maka parkir akan membludak ke pinggir-pinggir jalan. Tapi untuk keamanan tempat parkir sudah dijamin keamanan nya. tarif parkir cukuo murah hanya 2.000 untuk motor dan 3000 – 5.000 untuk mobil.

Fasilitas outbond juga sudah tersedia di kalibiru mulai dari high rope sampai flying fox. Sebagai instrukturnya adalah warga sekitar kalibiru yang tentunya sudah mendapatkan pelatihan. Jadi masalah keamanan fasilitas outbond dikalibiru sudah terjamin kok.

Nah yang Paling mainstream adalah kursi pohon atau apalah itu istilahnya yang sering di pakai foto-foto, yang memang disengaja membelakangi wilayah waduk. Beberapa waktu lalu foto dengan pose itu sempat ngehits di beberapa sosial media. Belum sampai ke kalibir jika belum foto di tempat ini.

wisata alam kalibiru by @rahmatzzadjuliee

Cara menikmati kalibiru yang baik dan benar :D

Terkadang saya menemukan komentar bahwa wisata alam kalibiru  di foto atau di gambar tidak seindah aslinya. Bukan salah fotonya terlalu bagus atau tempatnya yang jelek. Tapi cobalah ke kalibiru pada waktu atau moment yang tepat. Karena musim, waktu berkunjung dan suasana hati sangat menentukan keindahan tempat wisata tersebut.

Cobalah berkunjung ke kalibiru ketika musim hujan, atau sehabis musim hujan. karena pada saat itulah kalibiru dalam kondisi hijau. Untuk waktuyang tepat adalah menjelang senja. Kalian akan menemukan sunset yang sangat indah disana. Atau cobalah menginap disana dan nikmati sunrise di kalibiru. tidak kalah indahnya sama dibromo. 11-12 deh.

wisata alam kalibiru by @ritko_triamanto

Komentar