Wisata Danau Bratan Bedugul Bali : Danau Dengan Pemandangan Terindah

danau bratan bedugul bali

Jika Anda ingin berkunjung ke Bali, jangan lupakan untuk berkunjung di salah satu danau terbaik di dunia dengan pemandangannya yang menjadikannya menyatu dengan Bali. Danau Bratan merupakan salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia versi The World’s 20 Most Beautiful Lake.

Danau Bratan dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata terbanyak  yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan luar negeri maupun domestik karena segarnya udara pegunungannya  dengan backgorund pemandangan , pura hindu,  pegunungan dan danau. Dengan lokasi yang jauh dari pusat kota, menjadikan danau bratan bedugul ini sebagai dstinasi wisata yang tenang dan jauh dari kesibukan kota. Jadi ketika anda berada di Bali jangan ketinggalan untuk berkunjung di Danau ini.

Di kawasan danau juga terdapat fasilitas seperti hotel, villa maupun restoran untuk kenyamanan pengunjung. Untuk  Anda yang menyukai wisata air, di kawasan danau Bratan terdapat wisata atau permainan air seperti bermain kano ataupun jetsky dan juga  parasailing.

Pada sebelah timur dari danau Bratan terdapat sebuah gunung yang dikenal gunung Catur (orang Bali sendiri menyebutnya Pucak Mangu). Selain danau bratan bedugul, ada beberapa wisata menarik lainya disekitar danau bedugul, yaitu pasar buah dan sayur-sayuran Bedugul, ada juga danau Buyan dan danau Tamblingan serta terdapat juga kebun raya Eka Karya Bedugul.

Pura Ulun Danu di Danau Bratan

Pura Ulun Danu terletak di ujung danau Bratan. Menurut tokoh adat setempat Pura ini didirikan spada abad ketujuh belas, yang dijadikan sebagai Pura Subak (Subak adalah sistem irigasi di Bali) dan juga digunakan untuk memuja Dewi Danu yaitu Dewi air atau Dewi kesuburan.

Pura Ulun Danu Bratan memiliki pemandangan yang sangat indah ketika matahari terbit dan terdapat kabut yang menyelimuti gunung, dan pantulan bayangan dari pura Ulun Danau  terlihat sangat indah  dari permukaan air, sehingga sangat bagus untuk pengambilan gambar terutama untuk Anda yang sangat menyukai dunia fotografi.

Pura Ulun Danu Bratan merupakan lambang dari ciri  khas Bali dengan bangunannya  yang mempunyai  atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat dan 3 tingkat.

danau bratan bedugul bali 2

Untuk mengelilingi danau Bratan, Anda bisa menyewa perahu tradisional atau perahu bermotor agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat. Di danau ini juga terdapat aktivitas memancing yang menjadi pilihan yang tepat sambil menikmati indahnya pemandangan dan kesegaran udara di Pulau Bali.

Andapun bisa untuk mengunjungi Kebun Raya Bedugul yang dikenal dengan berbagai macam tanaman buahnya karena lokasi wisata ini berada hanya sekitar 300 meter dari danau Bratan Bedugul.

Akses Lokasi Danau Bratan

Danau Bratan terletak di Bedugul yaitu desa Candikuning Kec. Baturiti  Kab. Tabanan Prov. Bali yang berada Kkurang lebih 55 km dari kota Denpasar, Bali. Danau Bratan berlokasi di ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut.

Danau Bratan memiliki temperatur kurang lebih 18°C pada malam hari dan pada siang hari bersuhu  ± 24°C. Danau Bratan sendiri memiliki luas kira-kira 375,6 hektar dan kedalaman antara 22-48 meter dengan luas kelilingnya kurang lebih 12 km. Danau Bratan merupakan danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur yang juga terletak di Bali dan sama-sama  berfungsi sebagai sumber irigasi utama  pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali.

Komentar