Wisata eksotis di pagoda tian ti surabaya jawa timur

Pagoda Tian Ti, Surabaya – Pagoda Tian Ti merupakan salah satu ikon di Kenjeran Park (Kenpark), Surabaya yang menjadi magnet bagi wisatawan. Arti Tian Ti sendiri, yaitu langit-bumi atau istilah asingnya sky world. Tian Ti adalah duplikat pagoda di Beijing, China atau yang dikenal dengan Temple of Heaven yang memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Tiongkok.

Pagoda Tian Ti, Surabaya yang dibuat oleh Soetiadji Yudho ini letaknya dekat dengan Kya-Kya Sea Side yang dihiasi lampion di tiap sudutnya. Pagoda ini diresmikan bersamaan dengan Tiong Chiu Pia atau Pesta Kue Bulan atau Perayaan Malam Bulan Purnama, tanggal 21 September 2010.

Ia memiliki sejarah yang cukup unik, dimana para pekerja rela lembur menyelesaikan bangunan dan pelataran pagoda sejak tiga bulan sebelum peresmian agar pengunjung bisa segera meng-explore mahakarya yang epic ini. Di depan pagoda juga dirampungkan sebuah panggung raksasa untuk festival tahunan Imlek.

Kata Soetiadji Soal Pagoda Tian Ti

Seperti yang pembaca tahu, Soetiadji Yudho merupakan pengelola wisata pantai terbesar dan pemilik sejumlah hotel di Surabaya. Ia juga yang telah membangun fasilitas dan ikon-ikon menarik di Kenpark, seperti Sanggar Agung, Buddha Empat Muka, Kya-Kya Sea Side, Kya-Kya 12 Shio dan patung Dewi Kwam Im yang ada di pantai.

Ia tak pernah berhenti menciptakan ikon-ikon unik untuk melengkapi liburan pengunjung, karena baginya wisata alam seperti pantai, laut, hutan bakau dan sejenisnya saja tidak cukup. Harus ada sesuatu yang membuat pengunjung tidak merasa bosan di sana.

Hingga akhirnya ia membuat karya berikutnya, yaitu Pagoda Tian Ti. Ia terinspirasi dengan Tempe of Heaven di Beijing yang setiap harinya dikunjungi turis dari berbagai negara. Kebetulan terdapat lahan yang cukup luas di dekat pantai dan hutan bakau, sehingga bisa digunakan untuk melampiaskan ide kreatifnya tersebut. Membangun Pagoda Tian Ti baginya adalah sebuah kebutuhan, karena sesuai cita-citanya yang ingin melestarikan budaya Tionghoa agar dapat diapresiasi oleh banyak orang.

Di sini, Soetiadji juga menghadirkan konsep yin yang dan fengsui yang merupakan lambang keseimbangan. Bahkan, terdapat simbol kerajaan, yaitu naga yang berjumlah lima sebagai lambang empat penjuru mata angin dan pilar bangunan. Berbeda dengan Temple of Heaven atau Pagoda Tian Tan yang tidak dapat dimasuki sembarang orang karena merupakan tempat bersejarah dan cagar budaya yang dilindungi negara, Pagoda Tian Ti ini boleh dimasuki.

Uniknya Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti memiliki diameter 60 meter dan tinggi 58 meter. Ukuran pagoda di Kenpark tersebut kabarnya lebih besar dan tinggi dibanding kembarannya, lho. Pagoda Tian Ti dibentuk sama seperti aslinya di Beijing, baik warna, ornamen, ukiran serta aksesorisnya.

Namun, konstruksi bangunan tidak dibuat dari kayu, melainkan baja. Bentuk pagoda ini bundar dan terdiri atas tiga tingkat yang konon merupakan gambaran nirwana. Sementara bagian yang berbentuk persegi adalah gambaran unsur-unsur duniawi.

Pintu gerbang Pagoda Tian Ti dihiasi oleh motif bulatan-bulatan timbul yang berwarna keemasan dan berjumlah 81 buah, 9 vertikal kali 9 horizontal. Terdapat relief bangunan berupa naga dan burung phoenix yang menjadi simbol kerajaan serta nilai-nilai budaya Tionghoa.

Namun, ruangan di dalam pagoda ternyata dibiarkan kosong tanpa ornamen maupun aksesories agama tertentu. Hal itu dikarenakan pagoda ini memang tidak dijadikan upacara ritual agama atau aktifitas keagamaan lainnya.

Tujuannya supaya semua orang dengan latar belakang etnis, suku maupun agama yang berbeda bisa menikmati keindahan Pagoda Tian Ti ini.

Tiket Masuk Kenjeran Park

Tiket masuk Kenjeran Park adalah Rp10.000 (bisa berubah sewaktu-waktu), namun belum termasuk biaya parkirnya. Harga yang cukup murah untuk menikmati keindahan pantai dan sejumlah ikon di dalamnya. Pengunjung bahkan bisa melihat keindahan dan kemegahan Pagoda Tian Ti sambil bermain-main di Pantai Kenjeran Park. Namun, jangan mandi atau berenang di sana karena kawasan pantai banyak ditumbuhi pepohonan bakau.

Fasilitas Menarik di Pagoda Tian Ti

Seperti objek wisata lainnya, Pagoda Tian Ti juga menawarkan fasilitas yang cukup menarik untuk para pengunjung, beberapa di antaranya adalah tempat makan dan penginapan. Di sekitar pantai maupun Kya-Kya Side banyak yang menjual makanan laut, seperti ikan bakar, kerupuk ikan, kerupuk terung dan lainnya. Karena di Kya-Kya-Side terdapat banyak lampion yang bergelantungan, pengunjung bisa menikmati makanan dengan suasana yang nyaman dan tidak biasa.

Untuk pengunjung yang datang dari luar kota, objek wisata di Surabaya ini menyediakan fasilitas hotel yang cukup mewah. Hotel tersebut didesain mirip dengan kastil-kastil kuno dan memiliki perpaduan warna yang mempesona, sehingga membuat pengunjung betah beristirahat di sana.

Yang menarik lagi, ada lapangan luas di sekeliling pagoda. Lapangan inilah yang kerap digunakan untuk olahraga, racing motor, pacuan kuda, perayaan imlek, festival seni serta tempat berkumpulnya komunitas dan acara-acara lainnya.

Kenpark dulunya terkenal dengan Kampung Koboi nan eksotik. Banyak event tingkat nasional sampai internasional yang digelar di objek wisata tersebut, sehingga membuatnya cukup terkenal hingga mancanegara. Jadi, dengan adanya ikon-ikon seperti Pagoda Tian Ti ini, pengunjung yang datang dari dalam maupun luar negeri bisa mengetahui nilai-nilai budaya Tionghoa secara luas. Selama ini, belum ada, kan pantai yang dikemas sebegitu apik-nya dengan wisata sejarah dan edukasi?

Komentar

Jul 13, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *