Wisata Situ Buleud Purwakarta Dengan Air Mancur Terbesar Di Indonesia

 

wisata situ buled purwakarta by adnesenda

Situ Buleud adalah danau dan tempat rekreasi di daerah Purwakarta.Disebut situ buleud karena danau yang luas itu berbentuk bulat dalam bahasa sunda: buleud . Asal usul situ buleud berkaitan erat dengan pariwisata perpindahan ibu kota kabupaten karawang dari wanayasa ke sindang kasih, tempatnya sejalan dengan infrastuktur kota purwakarta pada tahap awal.

Pada jaman dulu situ buleud merupakan tempat “ pangguyungan “ ( berkubang ) para badak yang datang dari daerah simpeureun dan cikumpay. Badak badak itu berkubang mengelilingi danau dan menjadikan danau itu buleud serta danau itu di jadikan pula tempat minum bagi binatang lainnya yang singgah disana.

wisata situ buled purwakarta by moo2kali

Setelah ibu kota kabupaten karawang pindah kesindangkasih, badak badak itu sedikit demi sedikit berkurang, konon ketika badak badak lain mengelilingi situ buleud dengan berlawan aarah jarum jam ada salah satu badak yang mengelilingi situ buleud dengan searah jarum jam,akhirnya badak itu pun mendadak hilang dar pandangan mata karna badak tersebut pingsan.

Setelah di cari tahu penyebabny arupannya badak tersebut pusing karena melihat kerumunan badak lain yang berjalan berlawanan arah dengan badak tersebut. Dan akhirnya badak menjadi symbol dari situ buleud.

Untuk mengenang badak badak tersebut yang pernah berkubang di situ buleud. Bupati R.A. Suriawinata yang lebih di kenal sebagai Dalem solawat pendiri kabupaten purwakarta membuat pengurungan rawa rawa.

Ketika pembangunan situ buleud, Bupati Purwakarta tidak hanya membangun situ buleud saja, tetapi membangun beberapa tempat antara lain pembangunan gedung Karesidenan, Penodo, Mesjid agung, tangsi tentara di ceplak, terrmasuk membuat seelokan gede, sawah legadan situ kamojing.

wisata situ buled purwakarta

Pembagunan situ buleud tersebut berlangsung antara tahun 1830 sampai pertengahan 1831. Di bangun dengan beberapa tujuan dan kegunaan pertama sebagai sumber air bagi kepentingan pemerintahan dan masyarakat kota purwakarta. Di sana juga terdapat air mancur taman sri baduga yang di klaim sebagai air mancur terbesar di Indonesia.

Di bagian utara hingga selatan juga di sambungan oleh sejumlah air mancur. Sementara tempat di tengah danau terdapat tugu bunga melati juga dipenuhi air mancur. Anda dapat melihat kemegahan pertunjukan tarian air mancur di tengah kota purwakarta saat malam hari.

Tempat wisata situ buleud purwakarta ini diresmikan pada tanggal 27 Desember 2014. Sampai sekarang situ buled menjadi ikon dari kota purwakarta yang tekenal dengan keindahan dan wisata kuliner malam nya.

Fasilitas yang terdapat disekitar situ buled purwakarta

Prngunjung yang datang di situ buleud umumnya untuk jogging atau berolah raga seperti lari pagi dan bersepeda. Namun tak sedikit pula untuk menik mati udara pagi. Rimbunan pohon di sekeliling area situ buleud membuat pengunjung tak bosan berlama lama disana.

Sebenarnya di situ buleud fasilitassnya belum di bilang lengkap di banding tempat wisata lainnya. Di pintu masuknya dibangunkan sebuah patung putih dan gapura “ julangngapak “ tersebut hanya ada andong dan kereta roda.

wisata situ buled purwakarta by omiraditia

Walaupun tak terlalu banyak fasilitas yang di sediakan tapi pengunjung di sana juga tidak kalah ramainya sejak pagi sampai malam hari untuk melihat antraksi air mancur yang mempesona. Tidak perlu jauh-jauh pergi wing of time yang berada di negara singapura. Karena air mancur di situ buleud juga memiliki keindahan yang tidak kalah.

Selain wisata perkotaan yang begitu menarik, Jawabarat memiliki beberapa wisata alam yang sangat rekomended. slah satu nya adalah  grafika cikole lembang. Berada di jalur wisata tangkuban perahu wisata alam grafika cikole sangat rekomended untuk dijadikan tujuan wisata anda dan keluarga.

Komentar