Wisata Ubur -ubur Di Pulau Sembilan Taman Nasional Pulau Komodo

pulau-sembilan-nusa-tenggara-timur

Berbicara soal provinsi Nusa Tenggara Timur, tentu Anda akan teringat dengan banyaknya objek wisata yang dapat Anda kunjungi disana. NTT dapat dikatakan sebagai tempat wisata paling lengkap di Indonesia.

Berwisata sejarah, Anda dapat mengunjungi Kampung Adat Bena dimana terdapat sebuah lokasi dengan nuansa Megalitikum yang masih asri sejak 1200 tahun yang lalu. Berwisata kuliner apalagi. Anda dapat mengunjugi kota Kupang mencicipi makanan khas daerah Daging Se’i atau Jagung Bose.

Berwisata gunung tentu akan sangat menarik bagi para hikkers. Anda dapat mencoba untuk mendaki Gunung Rokatenda yang terdapat di Pulau Palu’e, tepat di sebelah utara Pulau Flores. Bagaimana dengan wisata lautnya? Wisata laut sendiri sudah terkenal hingga ke mancanegara dan mendapatkan predikat sebagai World Herritage Site oleh UNESCO yaitu Taman Nasional Komodo.

Apakah Anda pernah mendengar wisata Pulau Sembilan di Nusa Tenggara Timur? Biasanya Anda mendengar Pulau Sembilan yang berada di Kota Baru, Kalimantan Selatan yang memiliki kekayaan penyu luar biasa. Hal ini berbeda dengan pulau Sembilan di Flores ini. Pulau ini adalah sebuah pulau unik yang terdapat di objek wisata perairan World Herritage Site – Taman Nasional Pulau Komodo.

Pulau Sembilan atau Pulau Mangiatan?

Pulau ini memiliki nama sebenarnya yaitu Pulau Mangiatan namun lebih sering disebut sebagai Pulau Sembilan. Hal tersebut dikarenakan pulau ini berbentu seperti angka 9 (sembilan) sehingga dinamakan sebagai pulau Sembilan.

Pulau ini sangat unik dan berbeda dari pulau – pulau lainnya yang terdapat di Taman Nasional Komodo. Pulau ini memiliki luas yang kecil dan terunik adalah tidak terbuat dari tanah. Pulau ini dapat di kelilingi dengan waktu kurang lebih 7 sampai 10 menit dimulai dari berjalan di ekor atau ujung pulau angka 9 (sembilan) sampai Anda dapat memutari lingkarannya dan kembali lagi hingga ke ujungnya.

Selain itu, daratan yang terbentuk di pulau Sembilan ini terbangun dari karang-karang mati. Karang – karang yang sudah mati tersebut pasti warnanya akan berubah menjadi warna putih.

Jadi, pulau Sembilan ini akan persis seperti Pulau Gusung yang terdapat di beberapa daerah Indonesia lainnya hanya saja daratannya terbuat dari karang yang sudah mati dan berbentuk seperti angka sembilan.

Pulau Gusung adalah pulau “gosong” dimana tidak terdapat pohon dan tempat berteduh lainnya sehingga cocok untuk Anda jika akan melakukan proses tanning di pulau – pulau seperti itu.

pulau-sembilan-pulau-mangiatan-nusa-tenggara-timur-2

Ubur – Ubur Biru Tidak Menyengat: Stingless Jellyfish

Keunikan lainnya yang dapat Anda temui disini dan tidak akan ditemui di wisata lainnya adalah terdapat ubur – ubur yang tidak akan menyengat atau disebut juga sebagai Stingless Jellyfish. Ubur – ubur ini terdapat di tengah – tengah lingkaran pulau angka 9 (sembilan) tersebut.

Gambaran unik dari visualisasi wisata ini adalah kolam renang yang tengah – tengahnya terdapat ubur – ubur. Kedalaman maksimum dari kolam ubur – ubur Stingless Jellyfish ini kurang lebih 2 (dua) meter dibawah permukaan laut.

Ada hal lainnya  yang membuat ubur – ubur di Pulau Mangiatan atau Pulau Sembilan ini unik yaitu penampilannya yang berbeda dari ubur – ubur Stingless Jellyfish  di pulau lainnya. Ubur – ubur di Pulau Sembilan ini memiliki tentakel – tentakel yang berwarna biru.

Ubur – ubur Stingless Jellyfish yang berada di Pulau Sembilan ini pada umumnya terdapat diantara ganggang – ganggang yang berada di kolam pulau ini. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan mereka karena luas kolam yang tidak begitu besar dan jumlah ubur – ubur Stingless Jellyfish ini sangat banyak.

Anda tidak perlu menggunakan perlengkapan fin untuk menyelam dan atau berenang di tempat ini karena kibasan dari fin dapat menyakiti ubur – ubur tersebut sehingga Anda cukup memakai snorkel atau googles saja untuk menyelam kolam pulau Sembilan ini.

Tidak terdapat bukti otentik dan sejarah yang jelas tentang proses pembentukan pulau karang mati yang dapat membentuk diri seperti angka 9 (sembilan) ini. Masyarakat sekitar pun tidak tahu menahu tentang pembentukannya seperti apa sehingga kita hanya menikmati dan berwisata disekitar lokasi tersebut.

Selain itu, Stingless Jellyfish yang berada di kolam pulau dan tidak menyengat itu tentu saja memerlukan proses yang sangat lama hingga akhirnya mereka kehilangan kemampuan alami ubur – ubur yaitu menyengat mangsa.

Untuk akses lokasi dan biaya akomodasi ke Pulau Sembilan biasanya sudah termasuk ke dalam paket wisata Hopping Island atau disebut juga LOB (Living On Boat). Jadi, jika Anda mengunjungi Situs Keajaiban Dunia – Taman Nasional Komodo, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Mangiatan atau disebut juga Pulau Sembilan karena eksotisme dan keunikannya tidak akan bisa Anda lupakan. Selamat berwisata!

Komentar