Kawah putih Ciwidey, tempat wisata bandung yang wajib kamu kunjungi

tempat wisata bandung kawah putih ciwidey (23)

Ini masih termasuk dalam rangkaian jalan-jalan gila kami :D, entah untuk memenuhi hasrat travelling atau memang kami sudah mulai lelah dengan pendidikan profesi ners yang kami jalani ;'(. Berawal dari keisengan lutfi teman kuliah yang sedang “nginjen” waktu aku browsing tema foto-foto prewedding untuk klien dan kebetulan pas aku buka salah satu foto prewedding di tempat wisata bandung yaitu kawah putih ciwidey. Tiba-tiba tanpa komando dia berkata di belakang ku “wah ngendi kui cuk kok apik” (wah itu mana cuk? kok tempatnya bagus), “pas preinan mrono wae lah yuk, aku wes rodo edan mikir pendidikan profesi ners” (liburan kesana yuk, aku udah mulai gila mikir pendidikan ners).

berawal dari itulah kami ber 8 merencanakan untuk mbolang ke tempat wisata bandung yaitu kawah putih ciwidey. setelah merencanakan, mencari, mengamati dan mengkalkulasi, halahh,.. jadilah kami pergi naik kereta malam ala-ala dekdek juwita bahar, bulan kereta malam sih, lebih tepatnya kereta senja, wong kita naik kereta senja utama jurusan jogja-pasar senin jakarta.

Bukan kami jika tidak melakukan suatu hal yang gila, dengan kondisi kereta yang full seat pun kami masih sempat main kartu di dalam kereta, siapa yang kalah dia dapet taburan bedak mahal nya mbak astri dan jadinya kayak gambar di bawah ini.

tempat wisata bandung kawah putih ciwidey (1)

Diperjalanan pun si lutfi mengajukan hal yang konyol lagi, dia usul kalau kita turun di setasiun cirebon, katanya dia ngerayu bapaknya yang baru ngerjain proyek jalan tol disana, nah kita dibolehin minjem mobilnya. jadi kita nggak perlu repot-repot cari angkot pas di bandung. yeeeeee, syalalalala. rejeki anak soleh dan solehah

Perjalanan jogja-cirebon kurang lebih 6 jam dan kita sampai sana pas tengah malam, jam 12.00,

dan disana kita masih nunggu jemputan buat ke homestay bapak nya si lutfi. nggak lama kok kira2 cuma 1,5 jam saja..  dan akhirnyaaa.. yeeeeee jemputan datang

Nah kayak gitulah keadaan kami setelah sampai di homestay. di homestay kami istirahat sejenak menghabiskan malam untuk persiapan kami menuju bandung besok pagi…. Kukuruyuukkk. gitulah ilustrasi yang menandakan udah pagi, solat subuh lanjut mandi lanjut makan dan hasil nya jreng jreng jreng…..

tempat wisata bandung kawah putih ciwidey (4)

Setelah berpamitan sama pak sadoto bapak nya lutfi, perjalanan kami lanjutkan menuju bandung via pegunungan yang entah namanya daerah mana aku lupa, yang jelas sebagai co driver, tugas ku cuma mantengin GPS di galaxy tab ku yang dari awal sudah aku set rute cirebon menuju tempat wisata bandung kawah putih ciwedey. Perjalanan menuju kawah putih ciwidey bandung ini sekitar 7 jam, di perjalanan kami juga sempat berhenti beberapa kali, ada yang kebelit pipis lah, puplah, mau muntah , lapar dan sebagainya.

Setelah 6 jam perjalanan yang naik turun, belok kanan kiri gak jelas itu, nggak kerasa kami sudah memasuki wilayah tol cileunyi, disini kita udah merasakan aroma kawah putih ciwidey. tsaahhh.. soo langsung lah kita ambil jalur purbaleunyi dan belok kiri ke arah ciwidey, perjalanan di lanjutkan dengan medan yang nanjak sekarang.

Jarak jalan tol purbaleunyi menuju kawah putih ciwidey sekitar 50 km an, kira-kira 45 menit lah. dan ngak kerasa kami sudah berada di depan tulisan mengerikan yaitu “RETRIBUSI” . dan tiket masuk menuju tempat wisata bandung kawah putih ciwidey ini cukup mahal, perorang nya Rp 50.000 kalau nggak salah. setelah mengikuti jalur tiba lah kami di kawasan wisata kawah putih ciwidey.

lega akhirnya, walaupun kondisi berkabut, tapi nggakpapa lah, anak muda tetep kudu narsis

tempat wisata bandung kawah putih ciwidey ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari toilet, mushola, ruang informasi serta kantor pengawas gunung berapi . dan lingkungan kawah putih ciwidey ini bisa dikatakan sangat bersih dan rapi,

Seperti yang saya duga, setelah sampai di kawah dan liat kiri kanan, luaar biasa indah ciptaan tuhan yang satu ini, ini adalah salah satu tempat prewedding yang sangat rekomended, apalagi bagi pasangan yang mengambil tema alam. mantapp . walaupun kita nggak prewedding tapi kita juga sempat foto dengan pacar kita masing-masing

tempat wisata bandung kawah putih ciwidey (20)

Setelah puas berkeliling kami pun siap meninggalkan kawan kawah putih ini, segera menuju  bekasi yaitu rumahnya si lutfi untuk numpang tidur disana. hehehe.. jadi memang jalan-jalan yang super ngirit..

kawah putih ciwidey

mungkin segitu dulu saja deh share nya, karena setelah kawah putih ini kami cuma keliling2 di kawasan bandung kota dan jalan-jalan di seputaran kota bekasi dan tangerang. sekali-kali merasakan gimana sih kena macet di ibu kota negara :D.