Menikmati Sejuknya hutan pinus di Wana wisata kampung ciherang sumedang

Rupanya jawa barat tak habis-habisnya menyimpan sejuta surga tersembunyi.  Kali ini kita akan membahas sebuah wisata alam yang masih tergolong baru, yaitu  wana wisata kampung ciherang di sumedang jawa barat. Wana wisata ini mulai ramai di kunjungi wisatawan  berkat viral di sosial media.

Wana wisata kampung coherang ini memang agak berbeda dari wisata-wisata alam di jawa barat lain nya. Lokasinya pun memang benar-benar agak jauh dari keraiaman perkotaan.  Sangat cocok bagi  yang ingin melepaskan penat dengan pekerjaan atau kesibukan sehari-hari dengan menikmati hutan pinus yang menjukagn tinggi dan udara  khas pegunungan yang sejuk.

Awal mula dari wana wisata kampung ciherang ini berawal dari keprihatinan warga sekitar dengan adanya offreader-offroader liar yang memasuki wilayah  hutan pinus, sehingga merukan tamanan alami di hutan tersebut.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka  Perum Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mencari investor yang bersedia bekerja sama dengan masyarakat untuk menegmbangkan sebuah wana wisata yang ramah lingkungan.

Ternyata sampai sampai saat ini pengunjung di wana wisata kampung ciherang membeludak di luar perkiraan. Sehingga pengelolapun akan mempercepat  pembangunan berbagai fasilitas. Sampai artikel ini di  buat, pembangunan fasilitas   baru selesai sekitar 50%.

Membeludaknya pengunjung itu memang di luar perkiraan oleh pengelola wisata. RUpanya wanawisata ciherang ini viral di berbagai media sosial. Dan pengunjungnya pun banyakd atang dari berbagai daerah seperti , bekasi, tangerang, bandung. Rata-rata mereka datang karena  mendapatkan informasi dari  sosial media.

Selain  Menyuguhkan pemandangan alam  yang indah, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas yang bsia memacu adrenaline seperti  outbondmini motocross, wahana air, persewaan kuda tunggang, rumah pohon, area bermain anak, selfie spot, dan gazebo.  Selain itu pihak pengelola juga sudah menyediakan toilet yang bersih dan mushola bagi  pengunjung yang beragama muslim.

Selain fasilitas permaianan yang lumayan banyak, Bagi  yang suka bermain air juga di sediakan beberapa kolam dengan air yang sangat jernih karena memang air disini berasal dari pegunungan yang jauh dari polusi  dan jangan heran jika sensasinya sangat segar.

Di kawasan wanawisata kampoeng ciherang pengunjung diperbolehkan membawa makanand ari laur. tetapi Bagi yang tidak membawa bekal. disini juga banyak terdapat warung makanan yang siap memanjakan perut anda. DIsini juga banyak toko yang menjajakan souvenir khas ciherang.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berbeda, pengelola wana wisata kampoeng ciherang  memperbolehkan pengunjung untuk camping a di lokasi wisata. Pengunjung diperbolehkan membawa peralatan camp sendiri. Atau jika tak mau repot pengelola sudah menyediakan perlengkapan camp  untuk disewakan kepada pengunung.

Retribusi masuk ke wana wisata kampung ciherang pun relatif murah , pengunjung cukup membayar Rp10.000 per orang yang di dalamnya sudah termasuk asuransi. itu belum termasuk parkir mobil yang berkisar antara 5.000 – 7.500.

Semoga kedepan pemerintah daerah memperhatikan akses jalan menuju ke wanawisata ciherang, karena wanawisata ini berkontribusi positif bagi perekonomian sumedang terutama warga sekitar wanawisata kampoeng ciherang