Pantai appalarang Bulukumba Sulawesi selatan, Keindahan di balik terjalnya karang

Sulawesi Selatan selalu memiliki destinasi wisata menarik untuk melepas lelah. Tidak akan ada habisnya jika membicarakan tentang keindahan wisata baharinya. Di sini terdapat sebuah pantai yang sangat mempesona, yaitu Pantai Apparalang. Pantai ini benar-benar pantai yang sangat patut untuk Anda kunjungi.

Pantai Appalarang adalah sebuah pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Appalarang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 200 km dari Kota Makassar dan berjarak sekitar 40 km dari Kabupaten Bulukumba.

Agar dapat sampai di pantai ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi karena apabila menggunakan kendaraan umum, Anda hanya akan diantarkan sampai Desa Ara saja, dan untuk perjalanan selanjutnya, Anda akan berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh dan pastinya sangat melelahkan.

Tarif kendaraan umum sekitar Rp 45 ribu hingga Rp 55 ribu. Di Tanjung Bira ada banyak sekali rental motor. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana cara menuju Pantai Appalarang. Selain motor, ada juga yang menyewakan mobil SUV. Mobil ini sangat cocok digunakan mengingat kontur jalan yang curam, berbatu, dan berlubang.

Pantai Appalarang ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Bira. Sebelum memasuki Pantai Tanjung Bira, Anda akan menjumpai pertigaan jalan menuju ke SMKN 6 Perkapalan Bulukumba. Setelah menemukan pertigaan, maka Anda belok kiri, melewati SMKN 6 Perkapalan Bulukumba. Setelah itu, Anda akan menjumpai Gerbang Pantai Apparalang.

Setelah memasuki gerbang, Anda akan berada di area parkir pantai yang tidak begitu luas yang berada di atas bukit dan di sekitarnya terdapat beberapa gazebo kecil. Di area inilah kita bisa menikmati keindahan Pantai Appalarang dari atas bukit sambil beristirahat sejenak di gazebo.

Pantai Appalarang tidak lebih populer dibandingkan Pantai Tanjung Bira. Jadi, Pantai Appalarang sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dan menikmati keindahan alam dengan damai. Sangat mengesankan lagi, apabila hanya Anda sebagai pengunjung tersebut. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang membuat Pantai Appalarang ini serasa menjadi pantai pribadi bagi anda.

Pantai Appalarang ini tidak seperti pantai pada umumnya yang langsung bersentuhan dengan pasir putihnya. Pantai Appalarang ini berada di balik tebing bebatuan yang curam. Kondisi inilah yang memicu adrenalin setiap pengunjung yang datang. Pantai Appalarang ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Raja Ampat Papua yang sudah sangat populer itu.

Jadi, tidak heran jika banyak yang menyebut bahwa Pantai Apparalang merupakan Raja Ampat-nya Bulukumba. Pantai Appalarang sukses menjadi salah satu obyek wisata andalan Sulawesi Selatan.

Pihak pengelola pantai ini telah menyediakan anjungan yang terbuat dari kayu untuk memfasilitasi pengunjung menuruni tebing agar dapat merasakan keindahan pantai dari dekat dan bahkan bisa merasakan kesegaran air lautnya.

Umumnya, pengunjung harus melewati anak tangga setinggi 7 meter agar bisa sampai ke permukaan air. Akan tetapi, menguji adrenalin dengan terjun dari dermaga pertama bisa menjadi opsi kegiatan yang seru. Jika tidak sanggup, menonton atraksi warga lokal di pantai pun bisa menjadi hiburan tersendiri.

Meskipun terkesan menegangkan, objek wisata ini justru tak berkurang pesonanya bagi pengunjung. Jernihnya air laut membuat pengunjung dengan mudah untuk melihat dasar lautan dan biota laut. Di sekelilingnya terdapat bebatuan yang membuatnya menjadi lebih eksotis.

Lebih serunya lagi, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati suasana di sini. Rasa penat pun akan hilang setibanya di sini. Keindahan panorama di kawasan pantai Appalarang ini sangat cocok dijadikan sebagai latar untuk berswafoto ria. Deburan ombak yang menghempas sisi tebing pantai semakin mempercantik panorama di Pantai Appalarang ini.

Jika tidak sempat membawa bekal sendiri, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mengisi perut karena di sini Anda dapat menikmati hasil tangkapan ikan segar dari nelayan sekitar. Biasanya di sini juga sering dijadikan sebagai tempat memancing bagi penduduk lokal maupun bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing.

Pantai Appalarang sangat mengagumkan bukan? Jangan ragu lagi! Jadikan Pantai Apparalang sebagai tujuan destinasi liburan anda berikutnya! Ingat, jangan membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan dimanapun Anda berlibur!