Menikmati Keindahan Di Balik Ganasnya Ombak Samudra Hindia Di Pantai Srau Pacitan

Pantai Srau, Pacitan ā€“ Pembaca yang tinggal di kota Pacitan, Jawa Timur pasti pernah mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Srau memiliki keindahan yang tak kalah dari Pantai Klayar, hanya saja lebih sepi. Pantai berpasir putih yang menjadi surganya para surfer ini memiliki ombak yang besar nan menggoda. Wajar saja jika banyak peselancar lokal maupun bule yang kerap memamerkan aksi selancarnya di Pantai Srau, Pacitan.

Pesona lain yang dimiliki wisata Pantai Srau, Pacitan adalah adanya bukit-bukit karang di sekelilingnya. Bukit-bukit karang yang sering dijadikan tempat untuk mengabadikan kenangan lewat foto tersebutlah yang membagi pantai menjadi tiga bagian.

Keindahan Pantai Srau pacitan

Lokasi Pertama

Lokasi pertama di Pantai Srau adalah pos penjagaan yang berada dekat dengan pintu masuk. Lokasi pertama ini sangat menonjol karena pada bibir pantainya terdapat bebatuan karang yang membukit. Keunikan bukit tersebut terletak pada bentuknya yang menyerupai terowongan serta dihiasi hempasan ombak yang menyeruak masuk ke dalamnya.

Air pantainya sangat jernih dan berwarna biru yang menandakan jarang ditumbuhi alga. Kondisi wilayah pasang surut di Pantai Srau berpasir dan ombaknya cukup dahsyat, meskipun kadang tak terlalu tinggi. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat matahari terbit.

Lokasi Kedua

Lokasi kedua dijadikan tempat bersantai sekaligus menikmati keindahan Pantai Srau. Disini terdapat tempat bersantai dari beton yang digunakan pengunjung untuk duduk-duduk sembari mendengarkan deburan ombak yang bergulung-gulung indah menuju bibir pantai.

Karena ombaknya cukup besar, banyak pengujung yang melakukan aktifitas surfing di lokasi kedua. Untuk menuju ke lokasi kedua sendiri, pengunjung bisa berjalan ke arah barat dari lokasi pertama. Jalur untuk menuju ke sini cukup mudah, yakni berupa jalan beraspal.

Lokasi Ketiga

Lokasi ketiga menjadi bagian wisata favorit para pengunjung untuk menyaksikan keindahan sunset di Pantai Srau. Telah disediakan anjungan kecil oleh pengelola yang selain digunakan untuk melihat sunset, juga untuk menikmati keunikan batu karang yang berbentuk mirip ikan hiu. Pasir putih di pantai ini sangat halus dan nyaman, sehingga cocok untuk bermain anak-anak.

Namun, di balik keindahan lokasi ketiga Pantai Srau, terdapat salah satu bagian yang terkenal angker atau berbau mistis. Bagian itu disebut Goa Laut. Dulu terdapat villa di tempat ini, tapi sekarang sudah dikosongkan karena sang pemilik sering dihantui makhluk-makhluk aneh. Untuk menuju ke lokasi ketiga, pengunjung bisa berjalan ke arah barat dari lokasi kedua.

Akses Menuju Lokasi pantai srau pacitan

Pantai Srau berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Jarak lokasi dari pusat kota Pacitan adalah 30 km, tepatnya ke arah Barat. Perjalanan yang ditempuh untuk menuju lokasi sekitar 1,5-2 jam. Bisa dicapai dengan colt, sejenis kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Terdapat tiga akses lokasi untuk yang datang dari luar kota, yaitu dari Jogja, Solo dan Surabaya.

Apabila pengunjung dari arah Jogja atau Solo, bisa lewat Kabupaten Wonogiri, Kecamatan Mbatu dan lanjut ke Kecamatan Donorejo, Kecamatan Pringkuku, Desa Candi lalu tinggal ke arah lokasi. Namun, kalau pengunjung datang dari arah Surabaya, bisa lewat Mojokerto dan langsung ke Pacitan.

Setelah sampai Pacitan, lanjut ke Jl. Wr.Supratman yang merupakan jalur ke Teleng Ria dan kalau sudah sampai sana, akan ada pertigaan di Dusun Candi atau daerah Tumpang Rinjing. Belok kiri dan ikuti papan petunjuk arah untuk menuju Pantai Srau.

Dalam perjalanan menuju ke lokasi, pengunjung akan melewati pinggiran hutan yang masih perawan. Keadaannya masih sangat asri, sehingga mampu menghibur Anda sebelum sampai ke lokasi pantai.

Tiket dan Fasilitas Pantai Srau

Tarif yang dikenakan untuk pengunjung Pantai Srau adalah Rp5.000/orang. Tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, sama seperti pantai-pantai lainnya yaitu warung makan dan minuman, toilet, tempat bersantai serta tempat parkir yang lumayan luas.

Akomodasi di pantai srau pacitan

Pengunjung bisa men-carter mobil dengan tarif Rp550.000 atau motor sekitar Rp40.000/hari selama berada di Pacitan. Kendaraan tersebut bisa digunakan untuk mencapai lokasi Pantai Srau. Penginapan yang disediakan juga banyak sekali dan harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp60.000-150.000. Selain itu, pengunjung bisa nge-camp dan mendirikan tenda di sekitar pantai atau menginap di rumah-rumah penduduk.

Indahnya Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur mampu memberi rasa tenang dan bebas bagi pengunjung. Apalagi keindahan tersebut didukung dengan adanya tebing-tebing tinggi dan tanaman liar yang lebat dan masih alami. Di pantai tersebut juga banyak pulau kecil yang tidak berpenghuni dan selalu menyambut kerasnya ombak dengan hangat. Itulah yang menambah kecantikan dan keanggunan pantai di sisi lain Pacitan ini.

Sekian informasi mengenai wisata Pantai Srau, Pacitan. Semoga dapat membuat pembaca tertarik untuk mengunjunginya di liburan nanti.

Komentar