Air Terjun Sri Getuk Gunungkidul : Keindahan Alam Di Jogja Yang Tersembunyi

air terjun sri getuk gunungkidul2

Gunung Kidul menyimpan potensi alam berupa aliran sungai yang membelah tingginya tebing-tebing salah satunya terlihat dari Air Terjun Sri Gethuk ini. Aliran pada air terjun ini tidak mengenal musim, baik itu musim hujan bahkan kemarau panjang sekalipun akan tetap mengalir tanpa henti sehingga keindahnnya tidak akan pernah berkurang.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul merupakan keunikan alam yang sungguh disayangkan jika Anda lewatkan, terutama ketika Anda sedang atau akan berwisata ke Yogyakarta. Anda cukup menaiki kendaraan dan melintasi hutan kayu putih milik Perhutani untuk dapat sampai ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk ini.

Pelangi di Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Untuk sampai ke lokasi  air terjun tersebut membutuhkan waktu yang relatif sebentar yaitu hanya 15 menit dengan menyusuri Sungai Oya. Terdapat batu-batuan yang indah di bawah air terjun dan tersusun menyerupai undak-undakan seperti tepian kolam renang yang berada di rumah-rumah mewah. Saat Anda melihat lebih dekat dan mandi di bawahnya, Anda akan menikmati relaksasi tubuh Anda yang begitu menyegarkan karena jatuhnya air terjun pada tubuh anda. Ketika  musim hujan, Anda berkesempatan besar untuk melihat indahnya pelangi di Air Terjun Sri Gethuk.

air terjun sri getuk gunungkidul3

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul merupakan air terjun yang sangat populer dan terkenal di Jogja karena keindahan dan kealamiannya. Pengunjungnya pun tidak hanya warga asli Yogya melainkan seluruh penjuru Indonesia bahkan wisatawan asing. Nama lain dari air terjun Sri Gethuk adalah Slempret karena terletak di lokasi Slempret. Air terjun Sri Gethuk ini diapit oleh tebing-tebing yang berketinggian sampai dengan 50 meter sehingga memberikan nilai tambah tersendiri di tempat wisata ini.

Kawasan Slempret adalah daerah dengan topografi  berbukitan dan dikelilingi pohon kelapa. Tak hanya itu, tanaman padi pun  dapat tumbuh ditempat ini sepanjang tahun karena tanah areal ini tidak pernah mengalami kekeringan, sehingga Anda pun dapat menikmati suasana sawah yang indah. Tempat ini juga didukung oleh tiga sumber mata air yang besar yaitu mata air Ngandong, Dongpoh dan Ngumbul dengan rata-rata debit air 30 s/d 60 liter/detik. Untuk mencapai air terjun, Anda juga dapat berjalan menyusuri tebing Slempret yang pada akhirnya akan berujung ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

air terjun sri getuk gunungkidul

Lokasi air terjun srigetuk Gunungkidul

Air Terjun Sri Gethuk ini terletak di Dusun Menggoran yaitu Desa Bleberan,  Playen, Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi ini terdapat dua opsi. Opsi pertama yaitu menyusuri jalan setapak yang akan membuat Anda sepanjang perjalanan menyaksikan hamparan sawah dihiasi lambaian nyiur kelapa. Untuk opsi kedua Anda harus melintasi derasnya arus Sungai Oya dengan menaiki rakit sederhana yang dibangun dari papan dan drum bekas. Bagaimana, apakah Anda cukup berani?

air terjun sri getuk gunungkidul1

Fasilitas di air terjun srigetuk Gunungkidul

Fasilitas penunjang yang terdapat di tempat ini belum terlalu banyak. Hanya terdapat beberapa fasilitas saja seperti adanya gethek atau perahu tradisional untuk menjajaki dan menyusuri areal persawahan dan juga anak tangga untuk mencapai lokasi air terjun ini.

Biaya dan Tarif di air terjun srigetuk Gunungkidul

Harga tiket masuk sebesar  Rp.3.000,- per orang. Untuk tarif sewa perahu di air terjun srigetuk cukup murah hanya sebesar  Rp. 5.000,- per orang. Dan harga sewa ban untuk berenang sebesar Rp. 2.000,- per ban. Wah, sangat terjangkau, bukan? Ayo kunjungi dan nikmati kesegaran Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Yogyakarta!

Komentar