Taman Sungai Tuk Mudal : Surga Tersembunyi Di Barisan Perbukitan Menoreh

taman sungai tuk mudal by shagyto

Kulon progo, sebuah kabupaten paling barat di jogja memang banyak menyimpan surga tersembunyi di jogja. Akhir-akhir ini di kulon progo sedang ngetren tempat wisata kalibiru, tapi rupanya kulon progo masih banyak menyimpan wisata alam yang tak akalh indah salahs atunya adalah taman sungai mudal atau lebih di kenal dengan tuk mudal.

Tuk dalam bahasa indonesia berarti mata air. Memang taman sungai tuk mudal adalah sebuah taman air yang di bangun secara swadana oleh masyarakat sekitar taman sungai tuk mudal untuk meningkatkan potensi wisata di kulon progo. Apalagi pada tahun 2015 desa jatimulyo tempat taman sungai tuk mudal berada menjadi desa wisata terbaik ke 3 di jogja, mengalahkan puluhan desa wisata di jogja yang lain.

Taman sungai tuk mudal adalah sebuah taman sungai yang berupa air terjun dan kolam alami yang air nya berwarna biru bening. Sumber air taman sungai tuk mudal sendiri berasal dari mata air alami yang memancar dari sungai bawah tanah. Jadi bisa di pastikan bahwa air disini masih sangat jernih bening dan jauh dari polusi.

taman sungai tuk mudal by mas_isna

Wisata Rekomendasi

Lokasi dan rute menuju ke taman sungai tuk mudal

Taman sungai tuk mudal secara administratif berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kec Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Lebih tepatnya berada di  barisan bukit menoreh. Jika kalianberada di jogja lihatlah ke arah  barat maka akan nampak pegunungan menoreh yang terbentang sepanjang Kulon progo. Rata-rata ketinggian perbukitan menoreh lebih dari 2000 mdpl.

Rute untuk ke taman sungai mudal dari kota jogja cukup mudah. Dari kota jogja langsung saja menuju ke jalan godean. Dari jalan godean lurus saja ke barat menuju arah kulon progo sekitar 30 kilometer. Nggak usah belok-belok karena jalan nya lurus terus nanti akan masuk ke kulon progo.

taman sungai tuk mudal by thoriqx

Setelah melewati jembatan sungai progo masih lurus. Setelah melewati lampu merah perjalanan di lanjutkan menaiki perbukitan menoreh. Jika bertemu petigaan di atas bukit ambil kanan menuju goa kiskenda. setelah melewati lokasi wisata goa kiskenda ambil kiri menuju ke taman sungai mudal. dari situ perjalanan sudah tidak jauh lagi.

Dalam satu perjalanan wisata menuju ke taman sungai tuk mudal. Pengunjung dapat mampir ke beberapa lokasi wisata yang baru di kembangkan  seperti air terjun setawing, gunung lanang, goa kiskenda, air terjun kembang soka , air terjun kedung pedut dan  goa seplawan (purworeko jawa tengah).

Fasilitas yang ada di taman sungai tuk mudal

Fasilitas di taman sungai tuk mudal masih cukup sederhana, tetapi disana sudah tersedia kamar mandi dan tempat istirahat yang berupa gazebo. Hanya saja jumlah nya masih sangat minim, Jadi ketika musim liburan pengunjung harus antri untuk ke kamar mandi sekedar ganti baju.

Di sekitar taman sungai tuk mudal sudah terdapat beberapa penjual makanan ringan dan makanan khas kulon progo yaitu geblek dan tempe benguk. Bagi para pengunjung yang datang ke taman sungai tuk mudal di harapkan membuang sampah bekas bungkus makanan dan minuman di tempat sampah agar kebersihans elalu terjaga.

taman sungai tuk mudal by piknik asik

pengelola wisata taman sungai tuk mudal juga menyediakan wahana permainan flying fox yang melewati aliran air terjun dan kolam alami diatas lokasi wisata. untuk tarif nya 15.000 setiap orang nya. Hanya saja untuk fasilitas menginap dan homestay masih dalam pembahasan dan rencana penegembangan lebih lanjut.

Kedepan lokasi wisata taman sungai tuk mudal akan di kembangkan menjadi lokasi wisata alam edukatif , wisata budaya dan lokasi outbond. Semoga Kedepan pemerintah setempat memperhatikan potensi wisata alam tuk mudal ini.

Perlu di ketahui bahwa taman sungai tuk mudal adalah sumber air yang masih sangat alami yang jauh dari polusi. Jadi kebrsihan lingkungan sangat di perhatikan oleh pengelola. Pengelola wisata taman sungai tuk mudal  berharap pengunjung ikut serta menjaga kebersihan disini.

Komentar