Pantai Maron : Pesona Hutan Mangrove Di Sudut Kota Semarang

pantai-maron-semarang

Kota Semarang merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan salah satu kota paling sibuk dibandingkan dengan kota – kota lainnya di Jawa Tengah. Hal tersebut tentu saja dapat membuat para penghuninya mengalami stress terutama pada para tenaga kerja atau pegawai yang bekerja di Semarang, Jawa Tengah dan hal ini tentu saja mempunyai tingkat kejenuhan yang sangat tinggi pula.

Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan oleh para pegawai ini adalah berpiknik atau refreshing terutama untuk mengatasi tingkat kejenuhan yang sangat tinggi di Kota Semarang. Untuk menghadapi hal tersebut, Anda tidak perlu jauh – jauh pergi berliburan ke kota – kota yang terlalu jauh.

Cukup melakukan perjalanan ke arah utara dari pusat Kota Semarang sendiri saja terdapat sebuah pantai yang indah serta hutan mangrove yang saling berdekatan.

Hutan Mangrove Edupark yang terdapat di Pantai Maron merupakan sebuah lokasi kehutanan pohon Mangrove yang telah dikembangkan oleh masyarakat desa sekitar di Pantai Maron. Pada awal mulanya, penanaman dari pohon Mangrove ini adalah dengan tujuan untuk menjaga pantai dari bencana abrasi serta untuk menjaga ekosistem pantai Maron itu sendir.

Namun, ternyata setelah sekian lama berkembang hutan Mangrove di Pantai Maron ini telah menjadi daya tariknya tersendiri untuk para wisatawan bagi lokal maupun mancanegara.

Meskipun tempat wisata Hutan Mangrove Edupark yang terdapat di Pantai Maron ini masih terbilang baru, namun pemandangan yang dimiliki oleh hutan mangrove ini sangatlah indah. Hawa udaranya yang sejuk mebuat para pengunjung betah untuk berkunjung ke Pantai Maron ini.

Cuacanya menjadi tidak terlalu panas, hal tersebut dikarenakan kawasan ini tertutup oleh daun – daun yang terdapat dari pohon bakau.

Jika Anda mengunjungi lokasi hutan Mangrove Pantai Maron pada sore hari, Anda dapat menikmati suasana matahari tenggelam atau sunset. Pemandangan ini akan semakin indah jika Anda mengunjunginya pada periode bulan Juli sampai September.

Tempat wisata Hutan Mangrove Edupark ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk spot berfoto baik foto model, foto prewedding atau berfoto hanya untuk koleksi pribadi saja. Spot yang menjadi lokasi terfavorit di kawasan wisata Hutan Mangrove Edupark ini adalah jembatan batu yang membuat tempat ini menjadi semakin unik dan menarik untuk Anda kunjungi.

Selain pemandangan pantai yang indah dan kesejukan dari Hutan Mangrove Edupark yang menyenangkan, Anda juga dapat mengamati pemandangan lainnya yang jarang Anda dapatkan jika berliburan ke tempat wisata pantai lainnya yaitu budidaya tambak laut yang terdapat di sepanjang Pantai Maron.

Tempat wisata Pantai Maron ini terbilang masih baru dikembangkan sehingga fasilitas yang terdapat di lokasi wisata ini masih terbatas. Disini baru saja tersedia beberapa warung makan dan minuman yang dikelola oleh masyarakat sekitar, toilet yang terbatas dan tempat parkir yang masih seadanya. Seluruh fasilitas yang ada pada umumnya merupakan hasil swadaya dari masyarakat sekitar Pantai Maron dan Hutan Mangrove Edupark ini.

Akses Lokasi menuju pantai maron semarang

Lokasi Hutan Mangrove Edupark ini tidak jauh dari pusat kota Semarang sehingga menjadikannya sebagai tempat wisata alternatif paling mudah bagi para warga kota Semarang itu sendiri. Jika Anda tertarik untuk datang berkunjung maupun berpiknik ke daerah wisata Pantai Maron ini, Anda cukup berkendara menuju arah barat Kota Semarang.

Pantai Maron itu sendiri dapat diakses melalui 2 (dua) tempat utama yaitu dimulai dari Bandara Ahmad Yani atau dapat juga Anda akses melalui Perumahan Graha Krapyak. Jarak tempuh dari Bandara Ahmad Yani atau Perumahan Graha Krapyak tersebut menuju Pantai Maron ini kurang lebih sejauh 3 km saja dari jalan raya, Anda sudah dapat sampai ke lokasi pantai.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang lebi 10 menit. Namun, jika Anda ingin sambil berjalan –jalan dan menikmati nuansa sekitar pantai, Anda dapat berjalan kaki dari ujung Perumahan Graha Krapyak yang dapat ditempuh kurang lebih selama 30 menit saja.
Untuk lokasi wisata Hutan Mangrove Edupark itu sendiri berada di tempat yang berbeda dengan Pantai Maron itu sendiri. Jika Anda ingin mengunjunginya, Anda akan melewati penambakan ikan dan bandeng yang dibudidayakan oleh masyarakat.

Biaya Akomodasi ke pantai maron semarang

Jika Anda berkunjung ke Pantai Maron ini, tidak akan menguras dompet Anda terlalu dalam karena tempat wisata ini memiliki biaya yang sangat terjangkau. Setiap pengunjung yang akan berpiknik dan berwisata di Pantai Maron ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang saja. Dan untuk biaya parkir kendaraan Anda hanya membayar Rp. 2.000 per kendaraan baik motor maupun mobil pribadi.

Komentar