Pantai Kartini Jepara : Pesona Keindahan Sunset Pantai Utara Jawa

sunset pantai kartini jepara2

Sebuah kabupaten kecil di provinsi jawa tengah ini memang sedikit berbeda. Selain sebagai pintu masuk utama ke wisata pulau karimun jawa, Kabupaten ini memiliki wisata pantai yang sangat indah yaitu pantai kartini. Memang pantai ini diberi nama sesuai denan tokoh pejuang nasional RA Kartini yang memang lahir di kabupaten jepara.

Tidak kalah dengan wisata-wisata lain di jawa tengah. Rupanya pemkab jepara sangat serius untuk menggarap wisata pantai kartini. Terlihat begitu jelas dari fasilitas di pantai kartini yang tergarap dan terjaga apik. Di sudut-sudut pantai kartini terjaga dengan rapi dan bersih.

Lokasi lengkap dan rute menuju ke pantai kartini

Secara administratif  pantai kartini ini berada di kecamatan bulu, Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Pantai kartini ini berada di sebelah timur sekitar 2,5 km dari pusat pemerintahan jepara. Pantai kartini berada di titik koordinat  6°35’19.4″S 110°38’48.6″E . Cukup copy paste titik koordinat tersebut dan masukan di maps di smartphone anda.

Rute menuju ke pantai kartini sangat mudah . Dari kota semarangg, pengunjung langsung mengarahkan kendaraan menuju  Semarang ke kota Demak. Dari kota demak perjalanan langsung menuju ke kota Jepara. Jalan antara kota semarang dan jepara bisa di akses dengan berbagai kendaraan. Jalannya mulus semulus paha ah syudahlah.

sunset pantai kartini jepara3

Setelah memasuki kota jepara pengunjung tinggal ikuti saja papan petunjuk arah. Jaraknya hanya 3 km saja dari pusat pemerintahan jepara. Jalan nya pun tergolong mulus dan banyak disediakan papan petunjuk arah di berbagai persimpangan jalan.

Sesampainya di dekat pantai kartini jepara, pengunjung akan di hadapkan 2 pilihan gerbang utama. Gerbang yang pertama adalah pintu masuk untuk menuju ke arah dermaga Pantai Kartini. Dan gerbang yang satunya adalah menuju ke karimun jawa. tinggal pilih sih mau piknik kemana :D

Kura-kura raksasa dan wahana permainan di pantai kartini jepara

nah inilah yang membuat para pengunjung betah di pantai kartini. Pengelola pantai kartini bukan hanya menonjolkan wisata pantai pasi putih saja. Melainkan juga menonjolkan wisata pendidikan dan edukasi bagi anak-anak.

sunset pantai kartini jepara4 by fampicture.id

Di dalam kura-kura raksasa pantai kartini itu terdapat sebuah akuarium raksasa. Akuarium raksasa pantai kartini berisi berbagai jenis ikan. Selain berbagai jenis ikan , di dalam kura-kura raksasa terdapat beberapa wahana kehidupan di dasar laut. Didalamnya juga tersedia beberapa fasilitas lcd layar sentuh yang berisi informasi tentang kehidupan bawah laut.

Selain wahana kehidupan air di dalam kura-kura raksasa. Masih banyak wahana permainan di pantai kartini yang kira-kira tidak cukup untuk di mainkan selama 1 hari full. Seperti Kererta mini , lalu ada lagi wahanan catur raksasa. Kedepan pemerintah kabupaten jepara akan menambah berbagai wahana permainan lain seperti bananan boat, kolam ombak buatan,  kapal pesiar mini dan mini boat.

sunset pantai kartini jepara1

 

Tarif-tarif di pantai kartini jepara

Tarif masuk pantai kartini : Rp 5.000 / pengunjung

Tarif kura-kura ocean park : Rp 17.500 / pengunjung

Tarif parkir kendaraan roda empat : Rp 5.000 / Kendaraan

Tarif parkir elf dan bus sedang  :  RP 10.000 / Kendaraan

Tarif parkir bus besar : Rp 15.000 / Kendaraan

Keindahan pantai kartini jepara

Pantai kartini sendiri sebuah pantai dengan karakter ombak sedang dengan pasir putih. Untuk mempercantik bibir pantai kartini, pemerintah daerah dan pengelola membuat sebuah  gazebo yang di buat menjorok ke arah laut. Antara gazebo satu dengan yang lain di hubungkan dengan jembatan semi permanen.

Salah satu yang paling indah dari pantai kartini adalah sunset nya. Pengunjung bisa melihat dan mengabadikan sunset di pantai ini dari gazebo-gazebo. Biasanya sunset paling indah di pantai kartini adalah di bulan antara juli sampai september. Atau musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

sunset pantai kartini jepara

 

Komentar