Pemandian Air Panas Ciater Bandung : Sensasi Berendam Di Air Belerang

pemandian-air-panas-ciater

Memilih wisata alam seperti pantai atau air terjun rasanya sudah terlalu sering dilakukan. Padahal masih banyak wisata alam lainnya yang patut kamu kunjungi. Pemandian air panas misalnya bisa menjadi pilihan menarik untuk kunjungan wisata bersama keluarga.

Selama ini pemandian air panas identik untuk orang yang ingin berobat. Padahal sebenarnya berendam di air panas bisa membuat tubuh lebih rileks sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang sejuk sekaligus menyegarkan.

Salah satu pemandian air panas yang sudah cukup terkenal yang wajib kamu kunjungi yaitu Pemandian Air Panas Ciater yang terletak di Subang, Jawa Barat. Lokasinya juga berada satu paket dari Gunung Tangkuban Perahu yang juga menjadi obyek wisata populer di Jawa Barat. Jadi setelah berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu kamu bisa melanjutkan perjalanan wisata menuju Pemandian Air Panas Ciater.

Lokasi air panas ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Udara segar dan dingin sambil berendam air panas bisa menjadi perpaduan yang sempurna untuk menikmati waktu berlibur. Selama perjalanan menuju pemandian air panas kamu akan dimanjakan dengan pemandangan berupa hamparan pegunungan sekaligus perkebunan teh yang begitu indah. Suasana sejuk akan kamu rasakan di sini.

Berada di luas lahan yang mencapai 30 hektar ternyata mampu menyedot perhatian wisatawan sehingga selalu ramai saat weekend. Pemandian air panas in terdiri dari dua pilihan dalam menikmati sensasi berendam.

Pertama, pemandian air panas alami yang dialirkan langsung di sungai dari hulu ke hilir. Kedua, berendam air panas di tempat ini lebih private berupa kolam umum dengan penyewaan kamar-kamar khusus. Namun, kamu harus merogoh kocek lebih mahal untuk menikmati pemandian ini.

Air panas Ciater sebenarnya berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Selain mampu merelaksasi tubuh, air panas ini dipercaya dapat memberikan terapi kesehatan karena mengandung belerang. Berdasarkan hasil penelitian air panas Ciater memiliki kandungan mineral, aluminium, kalsium magnesium, thermos, sulfat dan chloride.

Kandungan tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan membantu menyembuhkan penyakit seperti rematik, gangguan syaraf tulang dan beberapa penyakit kulit. Temperaturnya mencapai 42,5 derajat Celsius dengan percepatan pengeluaran air panas mencapai 140 liter per detik. Air panas ini juga memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi mencapai pH 2,45.

Selain untuk wisata, air ini mengalir pada sungai sepanjang 2000 meter yang juga dimanfaatkan untuk pengairan sawah masyarakat sekitar. Apalagi menurut kisah masyarakat setempat air ini memberikan mutu hasil panen yang baik daripada menggunakan air biasa.

Tak hanya pemandian air panas, kamu juga bisa menikmati wahana bermain untuk keluarga dan anak-anak. Mulai dari bersepeda, berenang, memancing, mendayung, arung jeram, berkuda hingga wahana olahraga lain yang bisa kamu nikmati di sini.

Jalan-jalan ke perkebunan teh serta mengunjungi kerajinan keramik bisa di dapatkan di sini. Bila ingin lebih puas memang dibutuhkan waktu seharian untuk menikmati semua wahana wisata di tempat ini

Lokasi Menuju Pemandian Air Panas Ciater

Lokasi pemandian air panas ini berada di Jalan Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater Subang Jawa Barat. Ciater berada di dekat perbatasan Subang dan Bandung. Bila berangkat dari kota Subang jaraknya sekitar 30 km perjalanan akan ditempuh selama 40 menit. Sedangkan bila berangkat dari kota Bandung jaraknya sekitar 32 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Banyak penunjuk jalan yang tersedia untuk mengarahkan perjalanan menuju pemandian air panas. Jadi kemungkinan tersesat pastinya sangat kecil. Apalagi bila sudah berada di tempat wisata Tangkuban Perahu hanya tinggal menempuh perjalanan sekitar 7 km dari sana atau sekitar 15 menit.

Bila ingin menggunakan kendaraan umum berangkat dari Terminal Ledeng dengan jurusan Ledeng-Lembang. Dari Terminal Lembang lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum jurusan Lembang-Subang dan turun di jalan Cagak, Desa Ciater. Berangkat dari Jakarta bisa melalui Tol Cikampek – Bekasi dengan jarak 185 km untuk sampai ke pemandian air panas ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Air Panas Ciater

Banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini. Warung makan sudah tersedia dan menyuguhkan beberapa makanan khas daerah setempat yang patut dicoba. Ciater juga menawarkan penginapan dengan fasilitas lengkap yang bisa kamu coba. Hotel dan villa dengan fasilitas yang sangat memadai juga bisa menjadi pilihan menarik untuk menikmati waktu berlibur.

Harga Tiket Masuk ke Pemandian Air Panas Ciater

Harga tiket masuk kompleks pemandian air panas Ciater Rp 15.000 – Rp 20.000 tiap orang. Untuk tiket masuk pemandian kolam sederhana sekitar Rp 20.000 – Rp 55.000 tiap orang. Bila ingin menikmati pemandian air panas dengan kamar khusus bisa mengeluarkan uang seharga Rp 80.000.

Komentar