Umbul Sidomukti : Nikmati Keindahan Alam Kota Semarang Dari Atas Bukit

umbul sidomukti semarang2

Umbul Sidomukti. Ketika Anda mendengar namanya, mungkin salah satu dari Anda tiba-tiba terbesit pemikiran, “Apakah ini umbul ini memiliki ciri yang sama seperti Umbul Ponggok di Klaten yang memiliki fasilitas utama untuk bermain air?” Tentu saja tidak. Umbul ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan dijadikan sebagai tempat outbond paling keren di Semarang.

Sensasi Umbul yang Berbeda

Wisata alam Umbul Sidomukti Semarang terletak di selatan lereng Gunung Ungaran tepatnya berada di ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl. Kawasan ini masih berada di wilayah Kabupaten Semarang. Pada ketinggian ini, dapat Anda bayangkan udara Semarang yang begitu sejuk akan memanjakan para pengunjungnya.

Bagi Anda para penyuka tantangan dan permainan yang memicu adrenalin, Umbul Sidomukti ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi di Semarang. Lokasi bermain outbound yang satu ini tentu saja memacu adrenalin para penjelajah, kolam renang yang sangat bernuansa alami, lokasi perkemahan, pondok wisata, meeting-room dan terdapat pula kolam renang bertingkat.

umbul sidomukti semarang1

Yang membedakan kolam bertingkat ini adalah dari variasi kedalamannya. Desain kolamnya pun unik. Tidak seperti kolam pada umumnya, Umbul Sidomukti berbentuk bulat dengan menggunakan hiasan batu alam pada setiap sisinya. Saat berenang pun para pengunjung akan disuguhi keindahan alam pegunungan yang masih sejuk dan alami. Air dari umbul ini ternyata berasal dari mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

Jika Anda bosan dengan bermain air di kolam atau lupa membawa baju ganti, tak perlu khawatir. Anda tetap dapat menikmati wisata Umbul Sidomukti dengan bermain outbound. Di lokasi ini, ada permainan Flying Fox dengan panjang lintasan mencapai 110  meter serta memiliki jarak paling tinggi dari permukaan tanah sekitar 70 meter. Dengan biaya hanya 12.000 per orang, Anda sudah dapat menguji sejauh mana tingkat adrenalin Anda.

umbul sidomukti semarang3

Selain itu, Anda juga bisa berwisata off-road berkeliling lokasi desa wisata Sidomukti dan melintasi berbagai macam perkebunan yang ada di sekitar menggunakan ATV. Dengan biaya Rp. 15.000-20.000, Anda bisa berwisata ria menggunakan ATV di lokasi wisata Sidomukti.

Setelah lelah dan puas dengan bermain, Anda juga dapat mendirikan tenda di tanah lapang yang berada di desa wisata Sidomukti.  Atau jika Anda malas menggunakan tenda, Anda bisa juga menyewa penginapan sekitar dengan fasilitas yang tidak kalah dengan hotel berbintang.

Lokasi dan rute menuju umbul sidomukti semarang

Umbul Sidomukti berada di Desa Wisata Sidomukti Kecamatan Bandungan Kab. Semarang. Umbul Sidomukti ini dapat ditempuh melalui jalan Semarang – Solo, sampai menemukan pom bensin Lemah Abang yang berada di sisi kiri, lalu Anda akan belok kanan menuju ke arah Bandungan. Setelah sampai di Pasar Jimbaran yang berada di sisi kiri, Anda akan menemui gang yang bertuliskan Sidomukti di bagian kanan jalan dengan jalan yang menanjak. Jangan takut tersesat karena di sepanjang jalan terdapat papan-papan kecil penunjuk jalan ke Umbul Sidomukti Semarang.

umbul sidomukti semarang

Biaya dan tarif umbul sidomukti semarang

Dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 4.000 per orang pada hari biasa serta Rp. 5.000 di hari minggu atau hari libur, Anda sudah dapat memasuki lokasi desa wisata Sidomukti dengan umbulnya yang menakjubkan. Selain tiket perorangan, pengelola wisata juga menyediakan paket rombongan per 20 orang atau paket khusus untuk membuat acara di Umbul Sidomukti.

Komentar