Wisata Alam Hutan Mangrove Wonorejo : Si Hijau Penyelamat Kota Surabaya

wisata alam hutan mangrove wonorejo surabaya by @olkypradonnick2

Sesuai dengan judulnya, hutan mangrove wonorejo ini memang penyelamat kota surabaya dari beberapa aspek. Tetapi hal yang paling utama dari hutan mangrove ini adalah sebagai penyelamat kota surabaya dari bahaya banjir pasang yang  dahulu sering terjadi di surabaya.

Sampai saat ini wisata alam hutan mangrove wonorejo masih dalam tahap pengembangan sebagai wisata alam. Ini dibuktikan oleh pemerintah setempat dengan mengembangkan beberapa fasilitas di tempat ini. Berupa pembenahan fasilitas yang ada dan menambahkan fasilitas yang masih kurang.

Seperti yang diketahui, Kota surabaya adalah kota yang sangat sibuk. Ini menjadikan hutan mangrove wonorejo menjadi alternatif tempat refresing bagi warga surabaya. Selain dekat dengan pusat kota, wisata alam hutan mangrove wonorejo memiliki jalur yang mulus.

Selain sebagai tempat wisata alam. Pemerintah setempat akan mengembangan wisata alam hutan mangrove wonorejo sebagai wisata edukasi. Karena tempat ini menjadi habitat alami beberapa burung langka, hewan air dan tentunya pohong mangrove itu sendiri.

wisata alam hutan mangrove wonorejo surabaya by @olkypradonnick

lokasi dan rute menuju hutan mangrove wonorejo surabaya

wisata alam hutan mangrove wonorejo berada di area pantai timur, surabaya, jawa timur. Hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari bandara kota surabaya. wisata alam hutan mangrove wonorejo berada di titik koordinat -7.306772, 112.823162  

Rute menuju hutan mangrove wonorejo sendiri cukup mudah. perjalanan di mulai dari kota surabaya dengan melewati jalan nias. lalu di lanjutkan menelusuri jalan kerta jaya. setelah aitu dilanjutkan melewati jln. dokter soekarno. setelah melewati jembatan ambil kiri. sampai menuju ke hutan mangrove  wonorejo.

Fasilitas di wisata alam hutan mangrove wonorejo surabaya

Sebagai ekowisata yang masih dirintis, tentunya fasilitas di wisata alam hutan mangrove wonorejo masih dalam tahap pelengkapan. Untuk fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi sudah tersedia dan terawat baik.

Untuk memanjakan perut pengunjung disna juga tersedia beberapa warung makan menyediakan menu seafood. Bagi para pengunjung yang ingin menginap untuk menikmati suasana pagi di hutan mangrove, sudah tersedia beberapa hotel murah dan enginapan murah yang dekat dengan hutan mangrove wonorejo.

wisata alam hutan mangrove wonorejo surabaya by @nukenoor

Tarif masuk wisata alam hutan mangrove wonorejo

Kabar baiknya, untuk memasuki wisata alam hutan mangrove wonorejo tidak di kenakan biaya retribusi, alias gratis tis.Pengunjung hanya akan di kenakan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 3000 dan mobil atau roda 4 Rp 10000.

Jika pengunjung ingin berkeliling di hutan mangrove wonorejo, disana terdapat penyewaan perahu motor dengan biaya sewa Rp 300000 untuk satu perahu. Atau bisa share cost dengan pengujung lain, biasanya dikenakan tarif 25000 per orang

Keindahan wisata alam hutan mangrove wonorejo

wisata alam hutan mangrove wonorejo masih sangat alami. Pengelola wisata sangat mengutamakan kebersihan di sekitar hutan mangrove. Ini dikarenakan untuk menjaga ekosistem yang berada disana, karena wisata alam hutan mangrove wonorejo sering digunakan para siswa sekolah untuk wisata edukasi.

wisata alam hutan mangrove wonorejo surabaya by @habib_syaifuddin

Selain sebagai wisata edukasi rupanya wisata alam hutan mangrove wonorejo terkenal sebagi spot mancing. Selain itu di are wisata ini ada sebuah area yang sangat luas yang digunakan oleh pengelola wisata sebagai tempat pembibitan pohon mangrove atau bakau.

wisata alam hutan mangrove wonorejo juga sangat cocok untuk area foto prewedding, denga latar belakang hutan mangrove yang rimbun dan hijau serta jembatan-jembatan kayu yang menjadikan foto prewedding di hutan mangrove anda semakin berkesan.

Komentar